Type Keyword(s) to Search
BABY

Agar Bayi Tidur Nyenyak

Agar Bayi Tidur Nyenyak

Anda sudah lelah, tetapi Si Kecil tak kunjung terlelap? Apa yang membuat ia tetap terjaga, ya? Pastikan Anda mendapat cara yang tepat untuk menidurkannya.

 

Saat Anda lelah hingga melewatkan kegiatan rutin menjelang tidur (bedtime routine) akan membuat Si Kecil sulit terlelap. Hingga usia 4 bulan, bayi memang belum mengerti waktu tidur.

 

The Global Sleep Survey menunjukkan, 86 persen bayi tertidur dalam 30 menit dengan kegiatan rutin menjelang tidur. Para orangtua yang melakukan kegiatan ini melaporkan masalah-masalah tidur, seperti gelisah dan menangis menjadi lebih sedikit. Bayi yang memiliki kegiatan rutin yang teratur menjelang tidur dapat tidur lebih awal, lebih lama, dan lebih jarang terbangun di malam hari.

 

Kegiatan seperti membersihkan tubuh bayi, mengganti popok dan baju, menyusui, mendekap, atau menyanyi Nina Bobo merupakan hal-hal sama yang rutin dilakukan setiap malam. "Hal ini membuat bayi Anda merasa aman dan mengenal sinyal tidur," tulis Siobhan Mulholland dalam bukunya, Helping Your Baby to Sleep. Tak hanya bagi Sang Bayi, hal ini pun akan menenangkan orangtuanya, terutama Sang Ibu. Jangan mencoba mengajak bayi tergesa-gesa untuk segera terlelap. Seiring waktu, kegiatan rutin ini akan mulai membuai bayi Anda ke dalam kesiapan tidurnya. Ini tidak akan terjadi secara instan. Namun, kegiatan rutin menjelang tidur yang teratur, akan membantu bayi Anda ke dalam keadaan santai yang ia butuhkan untuk tidur. Menurut Prof. Jodi A. Mindell dari Asia Pasific Paediatric Sleep Alliance (APPSA) dalam sebuah acara Sleep Workshop beberapa waktu lalu di Jakarta, para orangtua dapat melakukan 3 langkah rutin menjelang tidur berikut yang telah teruji klinis.

 

Langkah 1.  Mandi air hangat.  Mandi atau seka air hangat dan sentuhan Anda yang menenangkan, akan membantu bayi rileks dan pulih dari kelelahan bermain dalam sehari.

Langkah 2.  Pijatan lembut.  Pijat adalah cara yang baik untuk menenangkan bayi. Setelah mengeringkan tubuh dan sebelum memakaikan baju tidurnya, tuangkan sedikit minyak atau losion bayi ke telapak tangan Anda dan cobalah melakukan pijatan lembut.

Langkah 3.  Tenang jelang tidur.  Tenangkan bayi sebelum tidur dengan waktu tenang bersama, berbicara lembut, bernyanyi lagu tidur, atau membaca cerita. Apa pun yang Anda pilih, waktu tenang akan menciptakan suasana hangat dan nyaman baginya. Waktu tenang sebaiknya tidak lebih dari 20 menit. (Dian/SR/Dok. Thinkstock)

 

Temukan 6 kesalahan para orangtua baru dalam menidurkan Sang Bayi berikut solusi lengkapnya hanya di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Maret 2014.