Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Manfaat Jambu Biji untuk Kesuburan dan Kehamilan

Manfaat Jambu Biji untuk Kesuburan dan Kehamilan

Moms mungkin Anda sudah mengetahui bahwa jambu biji atau guava bisa membantu mengatasi demam berdarah. Namun, tak hanya itu, jambu biji juga ternyata punya manfaat khusus untuk wanita, yaitu meningkatkan kesuburan serta mendukung kehamilan yang sehat. Hal tersebut dikarenakan kandungan nutrisi jambu biji kaya serat, vitamin C, dan juga folat.

Khasiat jambu biji ini tidak hanya didapat saat Anda mengonsumsinya secara langsung, tapi juga dalam bentuk suplemen, ekstrak, dan teh yang terbuat dari daging buah atau daun jambu biji yang akan memberikan beragam manfaat.

Baca juga: Penuh Nutrisi, Ini Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan

Yuk, ketahui lebih jauh bagaimana jambu biji bisa memberikan manfaat buat kesuburan dan kehamilan berikut ini, Moms!

Manfaat jambu biji untuk kesuburan

Jambu biji yang kaya nutrisi seperti serat, folat, dan vitamin C, dipercaya bisa meningkatkan kesuburan. Berdasarkan sebuah studi, wanita yang memenuhi kebutuhan asupan folat pada makanannya memiliki tingkat kehamilan yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang memenuhi asupan folat yang lebih rendah.

Sementara wanita dengan berat badan sedang, yang mengonsumsi makanan kaya vitamin C juga bisa lebih cepat hamil daripada wanita yang tidak memenuhi kebutuhan asupan vitamin C.

Nutrisi dari buah jambu biji ini memang baik untuk Anda yang sedang mencoba untuk hamil. Meski demikian, perlu diingat, belum ada penelitian yang secara khusus menunjukkan manfaat mengonsumsi jambu biji dengan kesuburan. Untuk meningkatkan kesuburan, Anda bisa menghindari konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan, menjaga berat badan, dan mengonsumsi makan yang mengandung protein, lemak sehat, serta memenuhi zat gizi mikro.

Manfaat jambu biji untuk kehamilan

Selain baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan, nutrisi dan senyawa tanaman yang ada pada jambu biji juga mampu mendukung kehamilan yang sehat serta membantu mencegah komplikasi pada kehamilan. Berikut ini beberapa manfaat jambu biji yang didapat dari kandungan nutrisinya, Moms.

1. Kaya nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan asupan protein, vitamin C, folat, dan beberapa nutrisi lainnya untuk mendukung perkembangan janin yang sehat. Secara khusus, vitamin C penting untuk pertumbuhan optimal bayi Anda dan bisa meningkatkan penyerapan zat besi untuk membantu mengirimkan oksigen kepada bayi.

Sementara asupan folat yang memadai selama kehamilan bisa mencegah kelainan bawaan pada bayi baru lahir dan masalah perkembangan tulang belakang. Nah, jambu biji bisa memenuhi kebutuhan asupan yang diperlukan bumil dan baik dikonsumsi karena 165 gram jambu biji mengandung lebih dari 20% asupan harian folat yang dianjurkan, dan lebih dari 400% asupan harian vitamin C yang dianjurkan.

2. Meredakan masalah pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa jambu biji mampu meredakan masalah pencernaan yang umum terjadi selama kehamilan seperti refluks asam lambung, diare, dan sembelit. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan tikus, ditemukan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi sekresi asam lambung dan menunda pengosongan lambung untuk mencegah diare.

Jambu biji juga diketahui sebagai sumber serat yang sangat baik dan bagus dikonsumsi untuk mencegah sembelit saat hamil karena dalam 165 gram jambu biji terkandung hampir 9 gram serat.

3. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Beberapa ibu hamil bisa mengalami preeklampsia, yaitu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kemungkinan kerusakan pada ginjal atau hati. Nah, jambu biji diketahui bisa membantu menurunkan risiko preeklampsia.

Menurut penelitian, senyawa dalam daun jambu biji bisa menghambat enzim yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi. Sementara studi lain yang dilakukan selama 4 minggu pada 145 orang dewasa menemukan bahwa makan jambu biji sebelum waktu makan bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang signifikan.

4. Meningkatkan kontrol gula darah

Diabetes gestasional merupakan salah satu penyakit yang bisa dialami saat hamil yang menyebabkan kadar gula darah tinggi yang dikaitkan dengan komplikasi seperti bayi lahir lebih awal atau bayi lahir besar. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji bisa membantu meningkatkan kontrol gula darah dan resistensi insulin.

Sedangkan beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa teh daun jambu biji membantu menurunkan gula darah. Namun, perlu diingat bahwa penelitian hanya menggunakan teh dan ekstrak jambu biji saja, dan belum ada penelitian khusus yang meneliti efek jambu biji terhadap diabetes gestasional.

Secara umum, jambu biji memang aman untuk dikonsumsi dan tidak memberikan efek samping yang merugikan, meski belum ada penelitian khusus yang membuktikan manfaat jambu biji untuk ibu hamil maupun ibu menyusui.

Namun, buat bumil yang ingin menikmati buah jambu biji, jangan lupa untuk mencuci dan mengupas kulitnya sebelum dimakan untuk menurunkan risiko menelan bakteri atau parasit yang bisa membahayakan Anda dan janin. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi suplemen atau teh jambu biji ya, Moms! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)