Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Penuh Nutrisi, Ini Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan

Penuh Nutrisi, Ini Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan

Moms, siapa dari Anda yang suka minum jus jambu merah atau guava? Dengan rasanya yang khas, jus satu ini memang mudah disukai. Tak hanya enak dinikmati, jus jambu merah juga ternyata punya banyak manfaat, lho.

Sebagai informasi, buah jambu merah sendiri berasal dari Amerika Tengah. Buah ini kaya antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Baik dalam potongan buah maupun dijus, jambu merah sering dijadikan salah satu minuman untuk membantu penyembuhan penyakit demam berdarah dengue (DBD), karena dipercaya mampu meningkatkan kadar trombosit pasiennya.

Selain itu, masih banyak lho, manfaat jus jambu merah lainnya untuk kesehatan tubuh dan kulit kita secara keseluruhan. Apa saja itu? M&B telah merangkumnya untuk Anda.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Jambu merah merupakan buah yang kaya vitamin C. Bahkan diketahui kandungan vitamin C pada jambu merah 4 kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Vitamin C ini berfungsi untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga nantinya tubuh siap untuk melawan infeksi.

2. Melancarkan pencernaan

Dibandingkan buah lainnya, jambu merah mengandung serat yang tinggi. Satu buah jambu merah sehari mengandung 12 persen asupan serat sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Konsumsi jambu merah juga membantu pergerakan usus yang sehat, sehingga mampu mengurangi risiko sembelit.

3. Mengatur kadar gula darah

Jus jambu merah menjadi salah satu asupan yang baik bagi penderita diabetes. Pasalnya jambu biji memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu penyerapan gula berlebih. Selain itu, jambu merah juga memiliki kadar serat tinggi, sehingga memungkinkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Nutrisi dalam jambu merah diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, lho. Kandungan natrium dan kalium yang tinggi pada jambu merah dapat menyeimbangkan dan mengatur tekanan darah tinggi pada pasien yang menderita hipertensi. Mengonsumsi buah satu ini juga bisa membantu mengurangi kolesterol yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

5. Baik untuk kesehatan otak

Jambu merah mengandung vitamin B3 dan vitamin B6 yang juga dikenal sebagai niasin dan piridoksin. Ini merupakan nutrisi penting bagi otak karena bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak, merangsang fungsi kognitif, dan mengendurkan saraf.

6. Mengatasi batuk dan pilek

Guava memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang sangat tinggi. Tak heran bila buah satu ini mampu membantu mencegah Anda terkena flu parah atau infeksi virus apa pun. Jus jambu merah juga sangat bermanfaat dalam menyembuhkan batuk dan pilek, karena membantu menghilangkan lendir dan mendisinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru.

7. Mencegah penuaan dini

Kombinasi antioksidan, vitamin, likopen, beta karoten, dan lutein pada jambu merah diketahui mampu membuat wajah glowing atau bercahaya hingga melawan tanda-tanda penuaan, sehingga membuat Anda awet muda, Moms. Tingginya vitamin A, B, C, dan potasium pada buah satu ini juga menjadi antioksidan dan detoksifikasi yang sangat efektif, karena membantu melawan radikal bebas, menambah kelenturan dan elastisitas, serta mengencangkan pori-pori agar kulit Anda terlihat halus dan bebas kerut.

8. Menurunkan berat badan

Buat Moms yang ingin menurunkan berat badan, jus jambu merah merupakan minuman yang baik untuk Anda. Nutrisi yang dikandung jambu merah diketahui mampu mengatur metabolisme tubuh Anda. Jambu merah mentah juga dikatakan memiliki gula lebih sedikit jika dibandingkan apel, anggur, dan jeruk.

9. Membantu melawan stres

Kandungan magnesium dalam buah jambu merah bisa membantu mengendurkan otot dan saraf. Mengonsumsi buah atau jus jambu merah setelah berolahraga berat atau seharian bekerja keras di kantor bisa membuat Anda rileks. Buah ini juga membantu Anda melawan stres dan memberikan dorongan energi yang baik untuk sistem tubuh Anda lho, Moms.

10. Baik untuk ibu hamil

Bagi Moms yang sedang hamil, tak ada salahnya menambahkan jambu merah dalam daftar makanan Anda. Diketahui jambu merah kaya vitamin B9 dan asam folat yang sangat penting buat ibu hamil karena dapat membantu perkembangan sistem saraf bayi dan melindungi bayi dari gangguan saraf. Namun, sebaiknya tetap konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum Anda mengonsumsinya ya, Moms.

Wah, banyak sekali ya, manfaat jus jambu merah untuk kesehatan kita. Karena itu, jangan lupa memasukkan buah yang satu ini ke dalam daftar konsumsi sehat Anda dan keluarga, Moms! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Ikarahma/Freepik)