Type Keyword(s) to Search
BABY

Amankah Memberikan Anggur untuk MPASI Bayi Anda?

Amankah Memberikan Anggur untuk MPASI Bayi Anda?

Anggur memang buah berbentuk mungil, tapi rasanya sangat menyegarkan, dan terutama kaya manfaat serta tinggi nutrisi. Anggur juga kerap dianggap sebagai buah para raja. Pada zaman Yunani Kuno, anggur yang rasanya manis memang sering dihidangkan untuk kaum bangsawan dan para raja.

Saat ini anggur bisa dibeli di mana saja, termasuk di supermarket maupun pasar. Kandungan nutrisi anggur cukup lengkap, mulai dari vitamin A, C, B1, B2, niacin, folat, magnesium, hingga zat besi. Karena alasan ini pula, anggur merupakan salah satu buah yang bisa Moms jadikan sebagai menu makanan pendamping ASI atau MPASI bayi Anda.

Baca juga: Resep Menu MPASI Pertama untuk Anak yang Mudah Dibuat

Manfaat anggur untuk anak

Anggur punya sederet manfaat untuk Si Kecil, seperti:

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang sering dialami bayi. Nah, anggur bisa membantu mengatasi masalah tersebut karena anggur mengandung serat yang bisa melancarkan proses pergerakan makanan di dalam usus.

2. Melindungi anak dari infeksi pernapasan

Seperti dilansir situs Parenting, memberikan anggur sebagai menu MPASI bisa mengurangi risiko anak terkena penyakit saluran pernapasan seperti bronkitis dan asma.

3. Kaya antioksidan

Anggur mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan tersebut sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

4. Melindungi sistem saraf

Sistem saraf bayi dan balita berkembang dengan sangat pesat. Saraf dalam jaringan akan membentuk koneksi baru serta menciptakan neuron yang lebih banyak. Pada periode ini, perlindungan menyeluruh dibutuhkan agar kerusakan bisa dicegah dan untuk menjaga fungsi otak. Nah, di dalam anggur terkandung unsur yang bisa melindungi otak dengan efektif.

5. Mendukung tumbuh kembang

Anggur mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang berperan penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Vitamin ini diperlukan untuk pertumbuhan jaringan tubuh anak di masa pertumbuhannya. Selain itu, anggur juga kaya kalsium yang akan membantu menguatkan tulang Si Kecil.

Baca juga: 5 Resep Bubur Susu untuk MPASI, Gampang Membuatnya, Moms

Yang perlu diperhatikan saat memberikan anggur sebagai menu MPASI bayi

Moms tentu saja bisa memberikan anggur dalam menu MPASI Si Kecil. Anggur pada dasarnya bukanlah buah yang berpotensi menimbulkan alergi. Akan tetapi, anggur bisa menyebabkan bayi tersedak karena bentuknya yang bulat dan memiliki kulit yang licin.

Anda bisa mulai memberikan anggur pada bayi setelah ia berusia 8 bulan. Namun, sebaiknya Moms tidak menyodorkan anggur pada Si Kecil dalam bentuk utuh meski tangannya sudah bisa menggenggam dengan baik.

Sebagai perkenalan, Anda bisa mengolah anggur sebagai campuran puree untuk bayi Anda. Seiring dengan bertambahnya kemampuan mengunyah Si Kecil, Anda bisa memberikan anggur sebagai camilan, tapi dalam bentuk potongan kecil-kecil dan bijinya sudah dibuang terlebih dahulu.

Moms juga perlu memilih jenis anggur yang rasanya manis dan dalam kondisi baik (tidak lembek di beberapa bagian). Pastikan juga Anda telah mencuci anggur dengan bersih sebelum diberikan kepada Si Kecil ya, Moms. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)