Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

8 Jus Paling Sehat untuk Ibu Hamil

8 Jus Paling Sehat untuk Ibu Hamil

Menjaga pola makan sehat dan seimbang selama hamil adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan ibu hamil. Pasalnya, apa yang Anda makan ketika hamil akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dan kesehatannya. Karena itu, Anda perlu tahu daftar makanan dan minuman yang sehat untuk dikonsumsi saat hamil.

Kali ini M&B sudah merangkum beberapa jus yang dipercaya paling sehat untuk dikonsumsi bumil. Melansir FirstCry Parenting, berikut ini 8 jus paling sehat untuk ibu hamil.

Baca juga: 7 Buah Pelancar ASI, Tinggi Nutrisi dan Menyehatkan

1. Jus strawberry

Kaya akan antioksidan, mengonsumsi jus strawberry bisa membantu membangun imunitas yang kuat bagi ibu. Selain itu, kandungan antioksidannya juga akan mampu membantu menyehatkan kulit sehingga Moms dapat tampak lebih bercahaya alami. Strawberry juga kaya akan folat yang bagus dalam membantu membangun imunitas janin.

2. Jus bit

Bit kaya akan vitamin A dan zat besi. Maka mengonsumsi jus bit selama hamil dapat membantu mendorong Moms terus berenergi sepanjang hari dan terhindar dari anemia. Bit juga mengandung antioksidan yang baik bagi imunitas tubuh.

3. Jus delima

Pomegranate atau delima tak hanya menyegarkan, tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan dan menghindarkan anemia selama hamil. Penyebabnya, delima sangat kaya akan serat, vitamin C, vitamin K dan zat besi. Mengonsumsi jus delima dipercaya mampu membantu perkembangan mental janin.

4. Jus jambu

Vitamin C tak hanya banyak terkandung dalam buah jeruk, tapi juga dalam buah jambu, Moms. Oleh karena itu, mengonsumsi jus jambu mampu menjaga daya tahan tubuh ibu selama hamil. Jambu juga sudah lama dipercaya mampu menjaga tekanan darah dan gula darah, tak terkecuali pada ibu hamil. Tak ketinggalan, jus jambu juga mampu membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah dan mencegah anemia.

5. Jus wortel

Wortel adalah salah satu sayuran dengan rasa yang lezat dan kaya kandungan gizi. Beberapa nutrisi, seperti kalsium, vitamin C, vitamin A, serta antioksidan beta karoten terkandung dalam komposisi gizi dalam wortel. Oleh karena itu, jus wortel mampu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin, menjaga imunitas bumil, menjaga fungsi tubuh, dan melindungi Anda dari radikal bebas.

Baca juga: Ini Segudang Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Anda

6. Jus jeruk

Mengandung banyak vitamin C, folat, zat besi, dan zinc, jus jeruk adalah salah satu jus yang harus dikonsumsi selama hamil. Pasalnya, dengan berbagai kandungan gizi tersebut, konsumsi jus jeruk dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh ibu hingga mengurangi risiko alergi pada janin. Selain itu, berbagai gizi yang dikandung oleh jeruk juga dipercaya memainkan peran besar dalam perkembangan dan kualitas plasenta.

7. Jus lemon

Lemon adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang bagus bagi daya tahan tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, jus lemon juga mampu membantu menjaga tekanan darah selama hamil dan menjaga kesehatan sistem pencernaan, sehingga menjauhkan konstipasi maupun masalah pencernaan selama hamil.

8. Jus apel

Tidak ada orang yang tidak suka apel. Selain karena rasanya, apel juga kaya akan gizi, terutama gizi yang diperlukan oleh ibu hamil. Buah ini mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik bagi kesehatan berbagai organ tubuh. Mengonsumsi jus apel mampu menjaga pertambahan berat badan selama hamil, membantu perkembangan otak bayi, meningkatkan imunitas ibu, serta mencegah anemia selama hamil. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)