Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Buah Pelancar ASI, Tinggi Nutrisi dan Menyehatkan

7 Buah Pelancar ASI, Tinggi Nutrisi dan Menyehatkan

Mengonsumsi makanan sehat tinggi nutrisi? Penting banget! Makanan tinggi nutrisi juga makin penting dikonsumsi saat Anda sedang menyusui, karena nutrisi yang masuk ke tubuh Moms akan masuk juga ke tubuh Si Kecil.

Beberapa makanan juga diyakini bisa melancarkan ASI, lho. Bukan cuma sayur daun katuk dan protein hewani, buah-buahan pun penting dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI. Mau tahu buah apa saja yang tinggi nutrisi, menyehatkan, dan bisa melancarkan ASI? Read on, Moms!

1. Strawberry

Selain enak, buah dengan rasa asam manis ini juga kaya akan asam folat. Seperti yang Moms tahu, asam folat adalah kandungan nutrisi esensial yang penting untuk mengoptimalkan otak anak. Strawberry juga tinggi zat besi, vitamin C, kalsium, potasium, dan magnesium. Strawberry pun banyak airnya, jadi sangat bagus untuk menjaga Anda tetap terhidrasi. Kebutuhan cairan busui harus dipenuhi agar ASI selalu lancar lho, Moms.

2. Alpukat

Buah yang kaya akan asam lemak omega-3, 6, dan 9 ini pastinya penting banget untuk meningkatkan kualitas ASI Anda. Dengan mengonsumsi alpukat, ASI akan “dibanjiri” nutrisi penting yang mengoptimalkan otak Si Kecil. Nutrisi ini juga bisa melancarkan ASI lho, Moms.

Selain itu, alpukat juga kaya asam folat, vitamin C, dan vitamin E, dan potasium. Semua ini penting untuk memastikan tumbuh kembang anak sempurna. Selain enak dan kaya nutrisi, mengonsumsi alpukat juga akan membantu menormalkan gula darah dan kadar kolesterol Anda, Moms.

3. Pisang

Bisa dibilang inilah buah yang paling disukai semua usia ya, Moms. Pisang sering dijadikan andalan para busui, karena selain kaya serat yang baik untuk mencegah sembelit, pisang juga tinggi potasium dan kalium yang menjaga keseimbangan cairan tubuh busui. Dua nutrisi tersebut juga punya banyak manfaat lainnya, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, batu ginjal, dan bahkan ampuh untuk menjaga kesehatan tulang. Enak dan kaya manfaat kan, Moms?

4. Blueberry

Kecil-kecil, banyak manfaatnya! Inilah blueberry, buah hitam manis ini tinggi karbohidrat yang baik untuk menjaga stamina ibu menyusui. Blueberry juga kaya antioksidan, zat alami yang ampuh menunda kerusakan sel tubuh akibat proses oksidasi. Antioksidan dalam blueberry bisa menurunkan risiko depresi setelah melahirkan, meningkatkan fungsi otak, dan memperbaiki suasana hati. Bonusnya, blueberry bisa melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, Moms!

5. Kurma

Buah dengan rasa manis ini sangat baik untuk meningkatkan prolaktin, hormon yang krusial untuk memerintah tubuh agar menghasilkan ASI. Kurma juga tinggi serat yang baik untuk mencegah konstipasi nih, Moms. Selain itu kurma kaya vitamin A, C, dan potasium, semuanya tentu baik untuk meningkatkan kualitas ASI busui. Buat Moms yang kurang suka kurma, Anda bisa mengolahnya menjadi susu kurma yang menyegarkan. Cocok untuk minuman sore, kan?

6. Aprikot

Sama dengan kurma, aprikot juga ampuh untuk meningkatkan hormon prolaktin, sehingga tubuh bisa menghasilkan lebih banyak ASI. Aprikot juga mengandung nutrisi esensial seperti serat, vitamin A, C, dan potasium. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi aprikot segar dibandingkan aprikot kalengan ya, Moms, karena biasanya buah kemasan sudah ditambahkan sirup atau pemanis. Aprikot kering juga bisa dijadikan pilihan yang menarik kok, Moms.

7. Pepaya hijau

Pepaya matang memang tinggi nutrisi, tetapi pepaya hijau (alias pepaya belum matang) lebih baik untuk ibu menyusui, lho! Mengutip Kidspot Australia, pepaya hijau memiliki kandungan yang membantu meningkatkan hormon oksitosin, sehingga bisa meningkatkan produksi ASI. Buah ini juga tinggi vitamin A, B, C, dan E. Siapa yang sudah pernah mencoba pepaya hijau, nih? (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)