Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Waspada, 9 Penyebab Sakit Pinggang Belakang Kanan!

Waspada, 9 Penyebab Sakit Pinggang Belakang Kanan!

Sakit pinggang merupakan keluhan yang bisa dialami siapa saja. Sakit pinggang jangan disepelekan, terutama jika rasa nyeri muncul di bagian kanan belakang. Banyak faktor yang menyebabkan Anda mengalami sakit pinggang di bagian kanan belakang. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Otot keseleo dan tegang

Otot keseleo dan tegang adalah penyebab paling umum munculnya sakit pinggang di bagian kanan belakang. Keseleo biasanya terjadi saat ligamen pada punggung meregang atau bahkan robek. Sementara itu, ketegangan otot bisa terjadi akibat otot atau tendon punggung mengalami cedera.

Mengangkat benda berat atau melakukan gerakan tiba-tiba juga bisa menyebabkan otot keseleo dan tegang. Sesungguhnya, tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri saat mengalami kondisi tersebut. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter apabila nyeri terasa sangat hebat dan berkepanjangan.

Baca juga: Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengatasi Sakit Pinggang

2. Radikulopati

Radikulopati terjadi saat saraf di bagian tulang belakang terjepit. Selain menyebabkan sakit pinggang di bagian kanan belakang, kondisi ini juga bisa mengakibatkan kelemahan dan mati rasa. Untuk mengobati radikulopati, dokter perlu mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi pemicu kondisi tersebut.

Pada umumnya, radikulopati bisa diatasi dengan obat-obatan antiradang. Akan tetapi, dalam kasus yang lebih serius, suntikan steroid diperlukan untuk mengatasi peradangan sekaligus mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.

3. Stenosis tulang belakang

Stenosis tulang belakang terjadi akibat adanya penyempitan ruang di tulang belakang Anda. Kondisi ini dapat memberikan tekanan pada saraf yang terletak di area tersebut. Stenosis tulang belakang pada umumnya berdampak pada punggung bagian bawah dan leher.

Untuk mengatasi masalah ini, dokter akan memberikan obat-obatan pereda nyeri, antidepresan, antikonsulvan (antikejang), hingga opioid untuk meredakan gejala-gejala stenosis tulang belakang. Dalam beberapa kasus, stenosis tulang belakang perlu ditangani dengan cara terapi fisik, suntikan steroid, atau operasi.

4. Degenerasi diskus intervertebralis

Degenerasi diskus intervertebralis adalah kondisi umum yang terjadi akibat diskus penopang tulang di tulang belakang mengalami degenerasi. Akibatnya, muncul gesekan antara tulang belakang dan memicu rasa nyeri di bagian punggung.

Rasa nyeri tersebut bisa menyebar hingga ke leher, tangan, dan kaki. Degenerasi diskus intervertebralis bisa diatasi dengan terapi fisik, suntikan steroid, rizotomi facet (menyuntik sendi guna mengurangi rasa nyeri), obat-obatan pereda nyeri, hingga prosedur operasi.

5. Infeksi

Infeksi juga bisa menyebabkan nyeri pada tulang punggung bagian kanan belakang, khususnya jika menyerang bagian sumsum tulang belakang, panggul, dan diskus intervertebralis. Penanganannya bisa beraneka ragam sesuai dengan penyebab infeksi dan tingkat keparahannya.

6. Endometriosis

Endometriosis terjadi saat jaringan tubuh yang biasanya melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Ada kemungkinan jaringan ini tumbuh di sisi kanan perut sehingga menyebabkan rasa sakit di area tersebut. Tidak ada obat untuk menyembuhkan endometriosis. Dokter biasanya hanya memberikan obat-obatan untuk meredakan rasa nyeri. Selain itu, terapi hormon dan prosedur operasi mungkin juga akan direkomendaskan.

7. Tumor tulang belakang

Tumor pada tulang belakang juga bisa memicu rasa nyeri di pinggang belakang, tepatnya di bagian kanan. Keberadaan tumor ini dapat memberikan tekanan pada tulang belakang dan saraf di sekitarnya. Penanganan tumor tulang belakang bervariasi, mulai dari radiasi, obat-obatan, hingga operasi pengangkatan tumor.

8. Batu ginjal

Batu ginjal adalah gumpalan mineral kecil dan padat yang bisa muncul di salah satu atau kedua ginjal. Apabila bentuknya kecil, batu ginjal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit saat dikeluarkan. Namun, jika ukurannya besar, maka akan terasa nyeri ketika dikeluarkan.

Jika batu ginjal muncul di bagian ginjal kanan, hal inilah yang bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri di pinggang kanan belakang. Batu ginjal perlu segera dikeluarkan, salah satu caranya adalah dengan melakukan operasi.

9. Radang usus buntu

Usus buntu yang mengalami peradangan juga bisa menyebabkan munculnya rasa sakit di bagian pinggang bawah. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari hambatan benda asing hingga kanker. Usus buntu perlu segera ditangani melalui operasi. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)