Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Buat Moms yang pernah mengalami sakit pinggang, pasti tahu dong, kalau rasa nyerinya bisa sangat mengganggu, bahkan bisa membuat Anda sulit menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun, selain mengonsumsi obat, ada juga lho, bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi sakit pinggang.

Mengutip Alodokter, sakit pinggang adalah sakit pada punggung bagian bawah atau samping. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus-menerus, pada salah satu sisi pinggang atau keduanya.

Pemicu sakit pinggang bisa bermacam-macam, mulai dari cedera otot atau sendi di area pinggang yang disebabkan posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, dan melakukan gerakan secara berulang. Selain itu, sakit di area punggung bagian bawah juga bisa disebabkan oleh gangguan pada organ ginjal, infeksi, atau masalah tulang belakang.

Penderita sakit pinggang berulang perlu memeriksakan diri ke dokter atau fisioterapis. Namun Anda juga bisa mengurangi rasa nyeri pada pinggang dengan obat alami berikut ini.

1. Kunyit

Senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat antiradang dan pereda nyeri yang bisa membantu mengatasi sakit pinggang. Selain itu, kurkumin juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel dan jaringan tubuh.

Dikutip dari SehatQ, Anda bisa membuat obat sakit pinggang dengan cara mencampurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 gelas susu hangat, kemudian diminum. Namun perlu diperhatikan, mengonsumsi kunyit secara berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping, seperti mual, diare, sakit kepala, dan ruam.

2. Jahe

Di dalam jahe terdapat kandungan komponen aktif bernama gingerol. Dalam sebuah penelitian yang dirilis The Journal of Pain, gingerol menunjukkan sifat antiradang dan pereda nyeri yang kuat. Oleh sebab itu, jahe juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada pinggang. Anda bisa mengolah jahe sebagai minuman dengan cara menyeduhnya menggunakan air panas.

3. Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan alami bernama eugenol yang notabene adalah pereda nyeri alami. Cengkeh kerap diolah menjadi pereda nyeri dalam bentuk kapsul, bubuk, dan minyak cengkeh. Namun perlu diingat, penderita gangguan perdarahan atau mengonsumsi obat pengencer darah perlu berhati-hati karena rempah ini bisa meningkatkan risiko perdarahan. Sedangkan untuk minyak cengkeh, Anda bisa langsung mengoleskannya ke area yang sakit.

4. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya bisa menambah aroma dan rasa masakan lho, Moms. Bawang putih juga disinyalir memiliki kandungan senyawa selenium dan capsaicin yang bisa memberikan efek antiradang dan antinyeri.

Meski klaim ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, Anda bisa mencobanya dengan cara menghaluskan bawang putih dan mengoleskannya di area yang terasa nyeri selama 20-25 menit.

5. Daun kemangi

Daun kemangi mengandung beberapa minyak penting, seperti eugenol, citronellol, dan linalool. Minyak ini menunjukkan sifat antiradang dan pereda nyeri yang dapat membantu meredakan nyeri pada pinggang.

Anda bisa mengonsumsi daun kemangi dalam bentuk minuman. Caranya, masukkan 1 hingga 2 sendok teh daun kemangi ke dalam 1 cangkir air panas selama 10 menit. Jika suka, Anda bisa menambahkan madu. Minum ramuan ini sebelum dingin. Selain diminum, Anda juga bisa mengoleskan minyak kemangi ke area yang sakit.

Selain obat-obatan alami di atas, nyeri pada pinggang juga bisa dikurangi dan dicegah agar tidak sering kambuh dengan melakukan kebiasaan antara lain:

  • Berolahraga, seperti jalan kaki, yoga, dan berenang
  • Memperbaiki postur melalui yoga, pilates, latihan memperkuat core, berenang
  • Menggunakan kompres panas atau dingin
  • Melakukan peregangan.

(M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)