Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Efektif dan Ampuh

8 Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Efektif dan Ampuh
Ini Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Efektif dan Ampuh! (Foto:Dok. Jcomp/Freepik)

Sakit pinggang merupakan salah satu penyakit fisik yang paling umum. Gangguan ini bisa disebabkan berbagai hal, mulai dari cedera otot, kurang berolahraga, hingga gangguan pada tulang belakang. Posisi duduk atau posisi tidur yang salah juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Lantas, bagaimana cara menangani masalah ini? Ini 8 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang, Moms.

1. Mempertahankan postur tubuh yang baik dan benar

Postur tubuh yang buruk -membungkuk- dapat menyebabkan dan bahkan memperburuk sakit pinggang, terutama jika Anda duduk dalam waktu lama. Mempertahankan postur tubuh yang baik dan benar dapat membantu mengatasi sakit pinggang.

Jika Anda bekerja di depan layar komputer, duduklah dengan tegak, letakkan tangan Anda di atas meja, dan jaga agar mata Anda tetap sejajar dengan bagian atas layar komputer, jangan membungkukkan bahu ke depan. Coba letakkan bantal di antara punggung bawah dan tempat duduk Anda. Sesekali, bangun dari kursi Anda dan lakukan peregangan.

2. Tidur dengan lebih baik

Saat Anda mengalami sakit pinggang, hal ini mungkin dapat memengaruhi tidur Anda, karena sulit tidur dengan nyaman dalam keadaan sakit pinggang. Sementara kurang tidur dapat membuat sakit pinggang terasa lebih buruk. Posisi tidur yang kurang baik juga dapat memperburuk kondisi ini.

Cobalah untuk berbaring dengan posisi miring, kemudian tempatkan bantal di antara lutut untuk menjaga tulang belakang agar tetap dalam posisi netral dan mengurangi ketegangan pada punggung dan pinggang. Jika Anda ingin berbaring dalam posisi telentang, pindahkan bantal di bawah lutut.

3. Tetap bergerak

Ketika merasakan sakit pada pinggang, Anda mungkin berpikir bahwa tidak banyak bergerak dapat membantu mengurangi rasa sakit. Akan tetapi, mengutip Web MD, Salman Hemani, MD, asisten profesor ortopedi di Emory University School of Medicine, Atlanta, menjelaskan bahwa tidak aktif bergerak dapat memungkinkan otot-otot di sekitar tulang belakang dan punggung menjadi lemah. Akibatnya, ini dapat menyebabkan lebih sedikit dukungan untuk tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit jangka panjang.

Cobalah untuk tetap bergerak, seperti berjalan santai selama 30 menit. Ini dapat membantu mengurangi kondisi nyeri pada pinggang.

4. Pertahankan berat badan yang sehat

Menurut Salman Hemani, MD, mengurangi dan mempertahankan berat badan benar-benar dapat membantu mengurangi rasa sakit, karena bisa mengurangi jumlah kekuatan mekanik ke tulang belakang. Jika dibutuhkan, mintalah saran dokter Anda tentang diet dan rencana olahraga yang paling cocok untuk Anda.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko hingga 4 kali lipat terkena penyakit diskus degeneratif atau masalah tulang belakang lainnya, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kebiasaan merokok.

Hal ini karena nikotin yang terkandung di dalam rokok dan produk tembakau lainnya dapat melemahkan tulang belakang dan menghilangkan nutrisi penting dari spongy disks yang melindungi sendi Anda. Memiliki tulang belakang yang sehat tentu dapat mencegah Anda mengalami sakit pinggang.

6. Kompres dingin atau panas

Mengompres panas atau dingin pada bagian pinggang yang terasa nyeri dapat membantu mengurangi rasa sakitnya. Menurut Wilson Ray, MD, kepala bedah tulang belakang untuk Departemen Bedah Neurologis di Fakultas Kedokteran Washington Universeity, mengompres dingin biasanya dilakukan jika sakit pinggang disertai dengan pembengkakan atau peradangan, sedangkan mengompres panas dapat dilakukan jika Anda mencoba untuk mengendurkan otot pinggang yang kaku atau tegang.

Anda juga bisa mencoba keduanya sekaligus, kompres dingin selama 48 jam pertama setelah cedera, terutama jika ada pembengkakan, kemudian lanjutkan dengan kompres panas. Lakukan masing-masing selama 20 menit.

7. Mengonsumsi obat-obatan

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan mengonsumsi obat-obatan - sebaiknya yang diresepkan oleh dokter. Dokter Anda mungkin akan memberikan obat resep untuk membantu meredakan nyeri dan mengurangi tegang otot pada pinggang.

Selain mengonsumsi obat-obatan, dokter mungkin juga akan memberikan krim atau salep yang dapat membantu saat otot pinggang terasa kaku atau sakit. Produk oles ini dapat membantu mengurangi dan menghilangkan rasa sakit di bagian pinggang. Dokter juga mungkin akan menyarankan perawatan tambahan untuk mengatasi sakit pinggang yang Anda alami, seperti terapi.

8. Penuhi kebutuhan vitamin

Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dapat membantu Anda untuk mengatasi sakit pinggang. Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang penting untuk kesehatan tulang. Sakit pinggang bisa terjadi karena kurangnya paparan sinar matahari atau karena tubuh Anda tidak dapat menyerap vitamin D dari makanan dengan baik. Selain itu, kekurangan magnesium juga dapat menyebabkan lemah otot dan kram.

Kekurangan vitamin D dan magnesium tentu saja dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang yang Anda alami. Sebuah studi observasional besar menunjukkan adanya keterkaitan antara kekurangan vitamin D dengan nyeri tulang, nyeri punggung, dan nyeri pinggang.

Oleh karena itu, selalu penuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bisa Anda dapatkan dari makanan bergizi. Atau, tanyakan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen vitamin. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Jcomp/Freepik)