Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Camilan untuk Diet yang Lezat dan Mengenyangkan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

10 Camilan untuk Diet yang Lezat dan Mengenyangkan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ketika sedang diet untuk menurunkan berat badan, Anda mungkin berpikir untuk menghindari ngemil yang dianggap justru bisa menambah berat badan. Namun, menurut seorang ahli diet, May Zhu, ngemil selama diet masih diperbolehkan asalkan Anda memilih camilan yang kaya akan protein tanpa lemak, lemak sehat, dan serat.

Camilan sehat seperti itu dinilai bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebih, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan.

Berikut ini 10 camilan untuk diet yang sehat dan bisa membantu menurunkan berat badan Anda, Moms.

1. Kacang almond

Sudah bukan rahasia lagi jika kacang almond merupakan salah satu camilan sehat terbaik untuk diet. Faktanya, kacang almond mengandung serat, protein, dan lemak sehat yang mengenyangkan. Camilan sehat ini akan membantu Anda menahan rasa lapar dan menghilangkan lemak perut sekaligus meningkatkan kesehatan jantung menurut sebuah ulasan dalam jurnal Nutrients.

Anda bisa memakan kacang almond apa adanya atau dimakan bersama dark chocolate. Kacang almond dan dark chocolate adalah combo camilan yang tak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan.

2. Puding chia seed

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Food & Function, chia seed kaya akan serat, asam lemak omega-3, antioksidan, dan protein nabati. Itu semua bisa bermanfaat dalam membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan memberikan rasa kenyang lebih lama yang dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

Umumnya, chia seed tidak memiliki banyak rasa, tapi memiliki konsistensi unik seperti agar-agar saat direndam di dalam air, menjadikannya bahan yang bagus untuk puding.

Moms bisa mencoba resep sederhana puding chia seed di rumah sebagai camilan sehat untuk diet. Caranya cukup mudah, rendam 1 sendok makan chia seed ke dalam 80 ml air. Setelah mencapai konsistensi seperti agar-agar, masukkan ke dalam sebuah mangkuk kecil. Tutup dan dinginkan agar-agar chia seed selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, tambahkan bubuk kakao, selai kacang, sedikit gula stevia, dan taburi dengan buah beri. Puding chia seed siap dinikmati!

3. Telur rebus

Telur rebus adalah salah satu camilan untuk diet yang praktis, murah, dan bernutrisi. Telur dikemas dengan banyak protein, vitamin B12, dan vitamin K2.

Sebuah studi dalam International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan bahwa berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur sangat mengenyangkan sehingga bisa mengurangi jumlah kalori yang kita makan setelahnya. Inilah yang bisa membantu Anda mendapatkan berat badan ideal.

Meskipun telur memiliki kadar kolesterol tinggi, tapi penelitian terbaru dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa asupan telur dalam jumlah sedang–3 sampai 4 telur per minggu– tidak berpengaruh pada peningkatan risiko penyakit jantung dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

Telur rebus adalah cara yang nyaman dan murah untuk menikmati camilan sehat berprotein tinggi untuk diet.

4. Kale chips

Kale adalah sayuran sehat yang tinggi serat dan antioksidan kuat seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, menjadikannya camilan yang lebih seimbang dan mengenyangkan untuk diet. Selain bisa dimasukkan ke dalam salad, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk keripik (chips).

Untuk membuat kale chips, siapkan kale secukupnya lalu potong sesuai ukuran sekali gigit. Kemudian, campurkan kale dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan sedikit garam dalam sebuah mangkuk. Tempatkan potongan kale di atas loyang yang telah dilapisi dengan kertas roti perkamen dan panggang pada suhu 175 derajat Celsius selama 10-15 menit, hingga renyah dan agak kecokelatan.

5. Potongan buah

Potongan buah jadi camilan sehat untuk diet yang lezat dan praktis. Buah mengandung serat, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk tubuh dan mengenyangkan. Anda bisa menggunakan buah apa pun yang Anda suka, seperti pisang, apel, pir, anggur, buah naga, dan jeruk.

Supaya lebih mengenyangkan, pasangkan potongan buah dengan kacang almond atau greek yoghurt.

6. Tomat ceri dan keju mozzarella

Tomat ceri dengan keju mozzarella adalah camilan untuk diet yang sangat lezat, menyehatkan, dan mengenyangkan. Faktanya, tomat ceri kaya akan kalium, likopen, vitamin C, dan antioksidan, sedangkan keju mozzarella kaya akan protein, kalsium, dan vitamin B12.

Mengonsumsi camilan tomat ceri dan keju mozzarella bisa mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Camilan ini juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

7. Edamame

Edamame adalah sejenis kacang kedelai yang biasa dikukus menjadi camilan sehat dan enak untuk diet. Ini adalah makanan kaya serat dan merupakan sumber protein nabati lengkap, menurut ulasan di jurnal American Family Physician.

8. Olahan alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang paling bergizi dan lezat untuk dijadikan sebagai camilan diet yang bisa membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian melaporkan bahwa alpukat diperkaya dengan serat, lemak sehat, vitamin K, kalium, folat, magnesium, vitamin C, dan potasium. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam alpukat juga menjadikannya camilan yang sangat mengenyangkan.

Anda bisa mengonsumsi camilan sehat dari alpukat dalam berbagai olahan lezat, seperti avocado deviled eggs atau guacamole sebagai dip dan spread.

9. Greek yoghurt dan beri-berian

Bisa dikatakan, ini adalah camilan untuk diet yang paling favorit. Greek yoghurt merupakan sumber kalsium, kalium, dan protein yang sangat baik, ditambah kandungan prebiotik dan probiotik yang menyehatkan usus. Sementara buah beri-berian dikenal mengandung antioksidan kuat. Menggabungkan greek yoghurt dan beri-berian menjadikannya camilan untuk diet yang kaya nutrisi dan mengenyangkan.

10. Oatmeal

Karbohidrat kompleks dalam oatmeal menjadikannya pilihan camilan untuk diet terbaik yang bisa membantu Anda kenyang lebih lama tanpa meningkatkan kadar gula darah. Plus, ini adalah sumber serat yang sangat baik, dan makan lebih banyak serat dapat membantu mengontrol berat badan.

Semangkuk kecil oatmeal bisa menjadi camilan untuk diet yang menyehatkan, mengenyangkan, dan lezat. Anda bisa menambahkan topping buah-buahan, kayu manis, atau bubuk kakao ke dalam oatmeal untuk meningkatkan rasa. Anda juga dapat membuat overnight oats di dalam jar sebagai camilan esok hari.

Itulah 10 camilan untuk diet yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga mengenyangkan dan lezat. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Nensuria/Freepik)