Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Kebiasaan Sehat yang Perlu Dilakukan Setelah Bercinta

8 Kebiasaan Sehat yang Perlu Dilakukan Setelah Bercinta

Menjaga kebersihan sebelum, selama, dan setelah berhubungan intim merupakan hal penting yang harus diperhatikan karena dapat memengaruhi kesehatan Anda dan pasangan. Hal ini perlu dilakukan bagi Anda dan pasangan untuk menjaga kesehatan.

Namun, tampaknya kebanyakan pasangan tidak langsung melakukan ritual atau kebiasaan sehat setelah berhubungan intim, melainkan lebih memilih bercengkerama, mengobrol santai sejenak, atau malah langsung tidur. Tentunya kebiasaan ini bisa merugikan kesehatan Anda berdua. Pasalnya, tidak butuh waktu lama bagi bakteri untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi, terutama setelah Anda dan suami berhubungan seks, Moms. Untuk mencegahnya, pastikan Anda dan pasangan segera melakukan berbagai kebiasaan sehat berikut ini setelah berhubungan intim.

Baca juga: Ini Kebiasaan yang Dilakukan Tiap Zodiak Usai Bercinta

1. Mencuci tangan

Tak hanya perlu sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan, mencuci tangan setelah berhubungan intim adalah hal yang penting untuk Anda lakukan. Perlu diingat, bakteri dapat hidup di tangan Anda dan pasangan, yang mungkin dapat berpindah ke bagian tubuh lain yang sensitif, seperti mata. Untuk itu, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun dan air serta bersihkan pula sela-sela kuku sampai bersih.

2. Mandi

Ini merupakan cara mudah untuk membersihkan diri usai melakukan hubungan intim dengan pasangan. Selain membersihkan keringat di tubuh Anda, saat mandi jangan lupa untuk membersihkan area genital Anda menggunakan sabun dan air secara lembut ya, Moms.

3. Hindari menggunakan produk pembersih vagina

Khusus untuk Moms, saat membersihkan area kewanitaan Anda setelah berhubungan intim, sebaiknya hindari penggunaan produk pembersih vagina atau douching, karena ini justru bisa mengakibatkan infeksi. Keseimbangan bakteri-bakteri yang menjaga kesehatan vagina Anda justru bisa terganggu bila menggunakan produk pembersih vagina.

4. Buang air kecil

Meski terkadang sulit untuk buang air kecil setelah berhubungan intim, pastikan Anda tetap melakukannya, karena buang air kecil setelah berhubungan intim bisa membantu membersihkan bakteri yang ada di dalam area genital Anda, atau pelumas apa pun yang dapat mengubah keseimbangan pH, serta cairan lain yang dapat menyebabkan infeksi. Bila Moms kesulitan buang air kecil, Anda bisa tunggu beberapa saat setelah berhubungan intim, atau cobalah untuk minum air guna memicu Anda bisa buang air kecil.

5. Berkumur

Hal ini penting dilakukan terutama saat Anda dan pasangan melakukan seks oral. Pasalnya, bakteri dapat berpindah dari alat kelamin ke dalam mulut sehingga dikhawatirkan bisa menyebabkan infeksi bakteri, seperti gonore dan klamidia. Karena itu, untuk mencegahnya, pastikan Anda berkumur menggunakan obat kumur antibakteri setelah berhubungan intim.

6. Menggunakan pakaian longgar

Setelah berhubungan intim, vagina Anda menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami iritasi. Jadi sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang ketat dan gunakan pakaian yang longgar, karena saat Anda menggunakan pakaian ketat, gesekan pada pakaian tersebut bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

7. Membersihkan sex toys

Tak sedikit pasangan yang gemar menggunakan sex toys saat berhubungan intim. Namun perlu diketahui, sex toys bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak. Karena itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan sex toys dengan air hangat dan sabun setelah Anda berhubungan intim.

8. Mengganti seprai

Saat berhubungan seks, tentunya akan ada cairan tubuh dan bakteri yang tertinggal di seprai Anda yang bisa menyebabkan infeksi jika tidak dibersihkan atau diganti. Maka pastikan untuk selalu mengganti seprai tempat tidur Anda setelah berhubungan intim, ya. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)