Type Keyword(s) to Search
BABY

Yuk, Berikan Ubi Ungu untuk MPASI Bayi Anda, Ini Manfaatnya!

Yuk, Berikan Ubi Ungu untuk MPASI Bayi Anda, Ini Manfaatnya!
Bantu Perkembangan Mata Sehat, Ini Manfaat Ubi Ungu untuk MPASI

Dalam memilih dan menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI), Moms pasti ingin memberikan yang terbaik buat Si Kecil. Salah satu menu MPASI yang bisa menjadi pilihan adalah ubi ungu. Selain punya rasa yang manis dan warna yang menarik, ubi ungu juga punya manfaat yang menyehatkan buat Si Kecil, lho.

Ubi ungu merupakan makanan yang kaya karbohidrat dan sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium, kalium, vitamin A, vitamin E, vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi dan serat, serta mengandung banyak antosianin, sejenis antioksidan. Semuanya merupakan unsur gizi yang baik untuk bayi Anda, Moms.

Berikut ini beberapa manfaat ubi ungu untuk MPASI Si Kecil.

1. Membantu kesehatan pencernaan

Ubi ungu mengandung serat larut, yakni jenis serat yang menyerap air untuk membantu melembutkan feses. Penelitian menunjukkan bahwa serat mampu mendukung kesehatan usus besar yang pada gilirannya bisa membantu kesehatan pencernaan.

Selain itu, kandungan antisionin dalam ubi ungu membantu meningkatkan jumlah bifidobacteria, sejenis bakteri usus yang menguntungkan dan berperan penting dalam kesehatan usus serta membantu pemecahan karbohidrat kompleks dan serat. Jadi, dengan memberikan ubi ungu sebagai MPASI, Moms bisa mencegah Si Kecil mengalami sembelit, gangguan pencernaan yang sering terjadi pada bayi.

2. Membantu perkembangan dan kesehatan mata

Ubi ungu merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Ubi ungu juga kaya antosianin yang berkontribusi pada sintesis dan regenerasi retina dan membantu perkembangan sel-sel mata. Kedua nutrisi tersebut akan sangat berguna bagi perkembangan dan kesehatan mata Si Kecil, Moms.

3. Meningkatkan kekebalan

kandungan antisionin dan vitamin C yang terdapat dalam ubi ungu berguna untuk meningkatkan kekebalan dan menjaga tubuh dari ancaman penyakit berbahaya. Antosianin dalam ubi ungu juga merupakan jenis antioksidan polifenol. Dengan memberikan ubi ungu, Moms sekaligus membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

Baca juga: Tak Hanya Enak, Ini 7 Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan

4. Meningkatkan fungsi otak

Antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan juga bisa diandalkan untuk mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan radikal bebas di otak, yang menurut beberapa penelitian mampu membantu meningkatkan pembelajaran dan daya ingat. Tak heran jika ubi ungu bisa meningkatkan fungsi otak pada anak Anda, Moms.

5. Antikanker

Antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang ditemukan di dalam ubi ungu diketahui bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa ubi ungu memperlambat pertumbuhan kanker tertentu.

Selain itu, studi lainnya menemukan hasil yang menjanjikan untuk antosianin pada ubi ungu yang menargetkan dan menekan sel kanker. Bukan sebagai pengganti pengobatan, tetapi senyawa antioksidannya menunjukkan potensi untuk membantu mencegah dan menghentikan perkembangan beberapa jenis sel kanker.

Apakah ubi ungu bisa menyebabkan alergi pada bayi? Alergi terhadap ubi ungu jarang terjadi. Meskipun begitu, Si Kecil bisa saja alergi terhadap bahan makanan ini. Oleh karena itu, selalu perhatikan bayi Anda saat ia mencoba makanan baru untuk memantau kemungkinan adanya reaksi alergi yang dialami.

Untuk makanan padat pertama, Anda bisa mengenalkan ubi ungu sebagai puree yang dicampur dengan makanan super lainnya. Rasa manis yang dihasilkan dari ubi ungu bisa menutupi rasa bahan makanan lainnya yang cenderung pahit dan tidak disukai Si Kecil, sehingga rasa MPASI lebih disukai bayi Anda. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Dashu83/Freepik)