Type Keyword(s) to Search

Tak Hanya Enak, Ini 7 Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Tak Hanya Enak, Ini 7 Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Jenis umbi-umbian seperti ubi jalar memang kaya akan manfaat. Selain bisa menjadi pengganti sumber karbohidrat kompleks, kandungan serat, vitamin dan mineralnya juga baik untuk tubuh. Ubi jalar ini punya warna beragam, mulai dari ubi kuning, ubi ungu, hingga ubi merah.

Sebagai sumber karbohidrat alternatif, Moms pun bisa meyajikan ubi jalar untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Anda dapat memasaknya dengan hanya dikukus, atau diolah menjadi varian menu lain yang menarik dengan tetap mendapatkan khasiat ubi jalar bagi kesehatan berikut ini.

1. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan glikemik atau gula dalam ubi jalar termasuk rendah dan mampu membantu resistensi insulin pada penderita diabetes. Maka, ubi jalar baik untuk kesehatan karena kandungan seratnya juga menurunkan risiko Anda mengalami diabetes tipe 2 serta penyakit kencing manis.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Ubi jalar juga memiliki vitamin C yang jumlahnya hingga setengah dari kebutuhan harian. Vitamin C sendiri merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan keluarga. Selain itu, kandungan vitamin A dan E di dalam ubi jalar juga akan menguatkan tubuh untuk melawan penyakit. Beragam vitamin ini pun mampu mencegah peradangan serta memiliki sifat antiinflamasi sehingga mampu mempercepat sembuhnya luka.

3. Menjaga sistem pencernaan

Adanya antioksidan juga membuat ubi jalar mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi ubi jalar dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menyehatkan usus. Hal ini bisa menurunkan risiko Anda mengalami irritable bowel syndrome (IBS) dan diare.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Seperti disebutkan bahwa ubi jalar mengandung berbagai antioksidan serta serat yang baik untuk tubuh. Nah, kandungan tersebut akan membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan menurunkan risiko terjadinya kanker usus dan kanker payudara yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

5. Meningkatkan kinerja otak

Ubi jalar yang berwarna ungu diketahui berpotensi meningkatkan kinerja otak. Sebab, di dalam ubi jalar terkandung anthocyanin yang bisa meningkatkan memori dengan menangkal radikal bebas. Hal ini tentunya merupakan kabar baik untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang otak Si Kecil.

6. Kesehatan mata terjaga

Beta karoten yang juga terdapat di dalam ubi jalar kuning akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, sehingga mampu menjaga kesehatan mata Anda dan keluarga. Kekurangan vitamin A dapat menimbulkan xerophthalmia, yang dapat berkembang menjadi rabun senja atau bahkan berpotensi merusak kornea mata. Oleh karena itu, Moms bisa memenuhi kebutuhan vitamin A dengan mengonsumsi ubi jalar kuning.

7. Menjaga berat badan

Beragam kandungan nutrisi di dalam ubi jalar juga akan membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, Moms pun akan terbantu menjaga berat badan dengan baik. Kandungan ubi jalar yang rendah gula, rendah kalori, dan rendah lemak, membuat tubuh tetap fit serta bugar ketika beraktivitas.

8. Mengontrol tekanan darah

Tak hanya tinggi serat dan vitamin, ubi jalar juga kaya akan kalium. Kandungan ini dapat membantu tubuh orang dewasa dalam mengontrol tekanan darah serta kadar gula dalam darah. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko hipertensi yang bisa menyebabkan komplikasi kesehatan seperti stroke.

Jadi mulai sekarang, Moms bisa menyajikan ubi jalar sebagai menu makan utama ataupun camilan untuk keluarga. Pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan konsultasikan jumlah yang tepat dengan dokter gizi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Stockking/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle