Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

10 ASI Booster Alami untuk Meningkatkan Produksi ASI Anda

10 ASI Booster Alami untuk Meningkatkan Produksi ASI Anda
10 ASI Booster Alami untuk Meningkatkan Produksi ASI

ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi Anda. ASI mengandung segala hal yang dibutuhkan Si Kecil, khususnya selama 6 bulan pertama kehidupannya. Selain memberikan sejumlah nutrisi yang optimal untuk bayi, ASI juga melindungi Si Kecil dari berbagai alergi, infeksi, dan penyakit.

Meskipun begitu, buat sebagian Moms, memberikan ASI untuk buah hatinya terkadang menjadi tantangan tersendiri. Karena berbagai alasan, ada ibu yang merasa suplai ASI-nya tidak mencukupi. Guna menyiasati hal tersebut, biasanya ibu menyusui mengonsumsi ASI booster atau suplemen yang dipercaya mampu menambah produksi ASI.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan saat ASI Tak Keluar?

Namun, selain mengonsumsi suplemen, Moms juga bisa lho, mengonsumsi ASI booster alami yang tidak sekadar melancarkan ASI, tapi tetap aman, alami, dan juga enak dikonsumsi. Jika kualitas ASI Moms lancar, maka Si Kecil tentu bisa tumbuh dengan optimal. Nah, berikut ini 10 makanan ASI booster alami untuk ibu menyusui.

1. Oats

Oats adalah salah satu makanan yang bisa menjadi ASI booster alami untuk meningkatkan produksi ASI anda. Dikutip dari Today Parents, menurut Alicia C. Simpson, konsultan laktasi bersertifikat Dewan Internasional, dijelaskan bahwa oats memiliki konsentrasi beta glucan makanan yang lebih tinggi dibandingkan makanan lainnya. Selain itu, whole grain merupakan sumber zat besi. Dalam setengah cangkir oats kering terkandung hampir 2 mg zat besi atau sekitar 20 persen dari yang dibutuhkan ibu menyusui per hari.

Tak hanya baik sebagai ASI booster alami, oats juga sangat bagus untuk mengendalikan diabetes usai melahirkan sekaligus menjadi sumber energi yang baik. Serat yang ditemukan dalam oats memiliki efek positif untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda. Moms bisa membuat oatmeal dengan topping buah-buahan yang lezat guna meningkatkan produksi ASI Anda.

2. Barley

Barley merupakan biji-bijian kaya serat yang dapat meningkatkan produksi ASI Anda. Barley kaya beta glucan, polisakarida yang telah terbukti dalam penelitian terbaru mampu meningkatkan kadar prolaktin atau dikenal juga sebagai hormon menyusui pada manusia. Anda bisa memasukkan barley ke dalam salad, sup, atau bubur.

3. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, daun katuk, dan brokoli merupakan sumber mikronutrien, serat makanan, dan senyawa bioaktif yang sangat baik untuk mempercepat proses pemulihan pascapersalinan dan memberikan nutrisi buat ibu baru melahirkan. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung fitoestrogen yang mampu meningkatkan produksi ASI.

4. Fenugreek

Studi melaporkan bahwa daun dan biji fenugreek diketahui bisa bermanfaat buat kesehatan dan meningkatkan suplai ASI. Fenugreek diperkaya asam lemak omega-3 dan nutrisi penting lainnya, seperti beta karoten, vitamin B, kalsium, dan zat besi yang penting untuk pertumbuhan bayi Anda. Tambahkan biji atau daun fenugreek ke dalam teh sambil diseduh atau makanan Anda.

Namun, perlu diperhatikan Moms, fenugreek bisa menyebabkan perut kembung dan bahkan iritasi perut. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mengetahui jumlah yang dianjurkan sebelum mengonsumsi fenugreek.

5. Ikan salmon

Mengutip laman Seafood Health, ikan salmon adalah jenis ikan yang kaya protein berkualitas tinggi, vitamin D, vitamin B12, dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat buat Moms dan Si Kecil. Penelitian dalam Journal of Experimental Biology menunjukkan bahwa konsumsi ikan salmon mampu meningkatkan suplai ASI dan menambah komposisi ASI.

6. Tahu

Tahu merupakan produk kedelai yang kaya protein dan mikronutrien esensial yang bisa meningkatkan kesehatan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa tahu dapat meningkatkan produksi ASI berkat kandungan fitoestrogen di dalamnya.

7. Kurma

Kurma telah sejak lama diketahui memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk untuk meningkatkan produksi ASI dan meningkatkan kadar hormon prolaktin. Moms bisa mengonsumsi kurma kering atau kurma segar sebagai camilan atau dijadikan jus kurma.

8. Wortel

Dikutip dari Moms Junction, wortel adalah sayuran umbi-umbian yang dapat berperan sebagai ASI booster alami berkat kandungan vitamin A yang ada di dalamnya. Selain itu, kandungan fitoestrogen yang ada dalam wortel juga berperan terhadap efek laktogenik untuk meningkatkan produksi ASI. Anda bisa mengonsumsi wortel sebagai salad atau jus wortel.

9. Sesame seed dan flaxseed

Sesame seed kaya protein, kalsium, serat, dan beberapa nutrisi penting lainnya. Kandungan fitokimianya, seperti quercetin dan sesamin, mampu meningkatkan sekresi prolaktin dan meningkatkan suplai ASI. Selain sesame seed, flaxseed juga bisa berperan untuk meningkatkan produksi ASI berkat kandungan fitoestrogen di dalamnya. Anda bisa mencampurkan sesame seed ke dalam teh hangat atau menambahkannya ke dalam makanan, Moms.

10. Pepaya

Selama masa kehamilan, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi pepaya muda. Akan tetapi, pepaya memiliki efek laktogenik, sehingga baik dikonsumsi selama masa menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa pepaya dapat meningkatkan produksi ASI. Anda bisa mengonsumsi buah pepaya segar sebagai camilan sehat. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Shurkin_Son/Freepik)