Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Moms Perlu Tahu! Ini 7 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Moms Perlu Tahu! Ini 7 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak kenal labu siam, salah satu jenis sayuran yang sering disajikan sebagai lalapan atau diolah menjadi berbagai jenis masakan lezat? Ternyata, tak hanya lezat, labu siam juga memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho!

Labu siam mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat esensial, yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Data dari U.S. Department of Agriculture melaporkan bahwa labu siam mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin B9, vitamin K, vitamin B6, mangan, serat, tembaga, zinc, kalium, magnesium, dan protein.

Di samping kepadatan nutrisinya, labu siam juga dinilai relatif rendah kalori, lemak, dan karbohidrat total. Karena itu, bahan makanan ini cukup sehat dan cocok untuk dikonsumsi saat menjalani program diet. Selain itu, labu siam juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Penasaran, apa saja manfaat labu siam untuk kesehatan? Simak pemaparannya berikut ini, ya Moms!

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Dikutip dari laman Healthline, menurut sebuah penelitian, senyawa labu siam dapat membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah yang pada gilirannya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, myricetin, antioksidan yang ditemukan dalam labu siam juga telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi peradangan, dan melindungi tubuh dari radikal bebas hingga mengurangi risiko terserang penyakit tertentu, seperti penyakit jantung dan kanker. Labu siam yang kaya serat juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan kontrol kadar gula darah

Labu siam relatif rendah karbohidrat dan relatif tinggi serat larut, kombinasi nutrisi yang dapat membantu Anda menjaga kadar gula darah yang sehat. Sebuah studi menjelaskan bahwa serat larut dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat yang membantu mengatur kadar gula darah Anda.

Selain itu, kadar serat yang tinggi pada labu siam juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan keinginan untuk makan berlebih. Inilah alasan mengapa labu siam cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

3. Mendukung kehamilan yang sehat

Labu siam adalah sumber folat yang sangat baik. Selama masa kehamilan, folat sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin, sumsum tulang belakang, replikasi DNA, dan pertumbuhan sel. Asupan folat yang cukup selama masa kehamilan dapat berperan dalam mencegah kelahiran prematur, risiko cacat lahir, dan risiko malformasi jantung. Jadi, memasukkan labu siam sebagai menu sehat selama kehamilan adalah salah satu cara yang bagus untuk mendukung kehamilan yang sehat, Moms.

4. Memperlambat proses penuaan pada kulit

Sebagaimana diketahui, radikal bebas adalah salah satu penyebab utama yang dapat mempercepat proses penuaan pada kulit. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi antioksidan bisa memperlambat proses penuaan, yakni dengan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kabar baiknya, labu siam penuh dengan antioksidan, salah satunya vitamin C. Vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, yaitu protein utama yang berperan penting untuk membuat kulit tampak lebih sehat, kencang, dan awet muda. Dengan demikian, mengonsumsi labu siam yang kaya antioksidan dapat membantu memperlambat proses penuaan pada kulit dan meminimalisir tampilan tanda-tanda penuaan.

5. Mendukung fungsi hati

Beberapa penelitian, baik penelitian tabung maupun penelitian hewan menunjukkan bahwa ekstrak labu siam dapat melindungi hati dari penumpukan lemak yang dapat memengaruhi fungsi hati. Dalam sebuah penelitian, tikus yang diberi ekstrak labu siam diketahui memiliki kadar kolesterol dan asam lemak yang jauh lebih rendah dibandingkan tikus yang tidak diberi ekstrak labu siam. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana labu siam dapat mendukung kesehatan hati pada manusia.

6. Membantu menurunkan berat badan

Labu siam relatif rendah kalori namun tinggi serat yang dapat memperlambat laju pengosongan perut, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah keinginan untuk makan berlebih yang pada gilirannya bisa membantu Anda menurunkan berat badan, Moms.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Seperti diketahui, makanan tinggi serat dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Asupan makanan kaya serat seperti labu siam dapat meningkatkan kesehatan fungsi usus dan pemeliharaan bakteri usus yang sehat.

Pada gilirannya, hal ini dapat meningkatkan kesehatan usus dan dapat berperan dalam mencegah berbagai gangguan kesehatan kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker usus besar. Selain serat, flavonoid, senyawa tanaman yang juga ditemukan dalam jumlah tinggi di labu siam, juga punya peran penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Itulah beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba memasak labu siam hari ini, Moms? (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle