Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Amankah Ibu Hamil Makan Udang? Ketahui Manfaatnya, Moms!

Amankah Ibu Hamil Makan Udang? Ketahui Manfaatnya, Moms!

Makanan ibu hamil tidak hanya harus enak, tetapi juga sehat dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Ingat, tidak cuma tubuh Anda yang harus dipenuhi nutrisinya, tubuh Si Kecil dalam perut Anda juga! Nah, salah satu makanan enak dan sehat adalah udang. Duh, langsung terbayang lezatnya udang asam manis yang menggugah selera.

Masalahnya, banyak ibu hamil yang ragu untuk mengonsumsi udang karena takut membahayakan tubuh. Benarkah begitu? Untuk menjawabnya, mari simak berbagai info penting yang perlu bumil ketahui seputar mengonsumsi udang saat hamil.

Amankah Udang untuk Ibu Hamil?


Jika selama ini Moms bertanya-tanya bolehkah ibu hamil makan udang? Jawabannya: Tentu saja boleh, selama tidak ada riwayat alergi udang atau seafood. Udang bukan hal yang pantang dikonsumsi ibu hamil, tetapi bukan berarti Anda boleh mengonsumsinya berlebihan lho, Moms.

Mungkin banyak ibu hamil yang takut makan udang karena mendengar mitos bahaya seafood bagi kandungan. Mitos ini memang cukup sering beredar, ya. Sebenarnya, mitos ini tidak sepenuhnya salah, karena beberapa jenis seafood memang perlu dihindari.

Mengutip Healthline Parenthood, ibu hamil perlu menghindari segala jenis seafood dengan kandungan tinggi merkuri, seperti tenggiri Amerika (king mackerel), todak, hiu, dan tilefish. Berita baiknya, udang tidak termasuk dalam daftar seafood yang tinggi merkuri, artinya udang aman dikonsumsi saat hamil.

Menurut American Pregnancy Association (APA), udang adalah pilihan seafood yang baik untuk ibu hamil. Udang termasuk jenis seafood yang sangat rendah merkuri, rendah lemak, namun tinggi protein.

Perhatikan Ini saat Mengonsumsi Udang!


Udang memang tergolong aman untuk dikonsumsi ibu hamil, tapi pastikan Anda tidak mengabaikan beberapa hal penting di bawah ini ketika memakan udang ya, Moms.

• Lebih aman membeli udang yang masih segar, bukan udang beku atau olahan.

• Pastikan udang sudah dimasak hingga matang sempurna.

• Hindari udang (atau makanan lainnya) yang disajikan mentah atau setengah matang.

• Agar lebih aman, pastikan suhu bagian dalam udang sudah mencapai 62,8 derajat Celsius. Tak ada salahnya berinvestasi membeli termometer makanan untuk memastikan semua makanan bumil sudah matang sempurna.

• Jangan konsumsi berlebihan, batasi konsumsi udang (dan jenis seafood bercangkang lainnya) hanya 200-300 porsi saja per minggu.

Manfaat Udang untuk Kandungan


Tak cuma enak, udang juga banyak manfaatnya untuk kesehatan ibu hamil dan janin, lho. Yuk, ketahui beberapa manfaat makan udang saat hamil!

1. Mencegah anemia

Udang adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi. Mengonsumsi makanan tinggi zat besi saat hamil tentu sangat baik, karena dapat membantu tubuh menghasilkan lebih banyak darah untuk Anda dan janin. Hal ini penting banget untuk mencegah anemia defisiensi zat besi saat hamil nih, Moms.

2. Tidak bikin gemuk

Seperti yang telah disebutkan APA, udang adalah opsi sehat dan enak untuk memuaskan ngidam seafood saat hamil. Kandungan lemak pada udang termasuk rendah, sehingga tidak menyebabkan kenaikan berat badan berlebih. Walau begitu, bukan berarti bumil boleh makan udang sepuasnya lho, ya.

3. Mencegah bayi lahir prematur

Rutin mengonsumsi makanan tinggi zat besi tak hanya dapat mencegah anemia saat hamil, tapi juga mengurangi risiko bayi lahir prematur. Udang adalah salah satu opsi yang tepat! Dalam 100 gram udang, Anda akan mendapatkan 1,8 mg zat besi yang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan mencegah persalinan prematur.

4. Memenuhi kebutuhan kalsium

Udang adalah makanan yang tinggi kalsium, ini sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium saat hamil. Jika kebutuhan kalsium ibu terpenuhi, maka pertumbuhan tulang janin pun akan semakin optimal, Moms. Konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai kebutuhan kalsium Anda saat hamil, ya.

5. Mengoptimalkan sistem saraf janin

Udang juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3, suatu nutrisi yang sangat penting untuk menunjang sistem saraf dan mata janin. Selain itu, kandungan nutrisi pada udang dapat membantu mengoptimalkan kemampuan kognitif Si Kecil juga lho, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)