Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Obat Batuk Alami yang Aman Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Obat Batuk Alami yang Aman Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Gangguan kesehatan seperti batuk wajar dialami ibu hamil. Menurunnya daya tahan tubuh selama hamil memang akan membuat Moms mudah terserang berbagai masalah kesehatan, salah satunya batuk. Meskipun begitu, Anda tidak boleh mengonsumsi obat batuk sembarangan karena hal tersebut bisa berdampak pada kondisi kehamilan Anda.

Namun, tak usah khawatir. Bumil tetap bisa meredakan batuk dengan mengonsumsi obat-obatan alami tanpa efek samping. Bahan-bahannya pun bisa Anda peroleh dengan mudah dan bisa diolah dengan cara sederhana. Berikut ini beberapa obat batuk alami yang aman untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan.

1. Air putih

Air putih tentu jadi satu bahan alami yang paling ampuh membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari sakit. Mengonsumsi air putih secara rutin, setidaknya 2 liter setiap hari, akan membantu meredakan batuk serta membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

2. Teh

Beberapa jenis teh, seperti chamomile, boleh dikomsumsi bumil karena memiliki sifat antivirus dan antibakteri serta aroma yang menenangkan. Tambahkan perasan atau irisan lemon sebagai penambah vitamin C, sehingga kekebalan tubuh pun meningkat. Anda juga bisa memasukkan potongan jahe ke dalam teh hangat yang ingin diminum guna memberikan sensasi hangat pada tenggorokan dan mengurangi batuk.

3. Lemon atau jeruk nipis

Buah sitrus seperti lemon dan jeruk nipis merupakan sumber vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga sudah teruji ampuh menyembuhkan batuk. Karena itu, bumil bisa menjadikannya sebagai obat saat terserang batuk. Caranya, campur air perasan dua buah jeruk nipis atau lemon dengan air hangat dan madu, lalu minum setiap hari.

4. Madu

Madu sangat terkenal sebagai obat alami yang aman untuk meningkatkan kesehatan, termasuk mengatasi batuk, karena bisa membantu mengencerkan dahak. Tak hanya itu, madu juga baik untuk panas dalam dan meningkatkan kekebalan tubuh. Bumil bisa mengonsumsi madu dengan cara mencampurkannya dengan lemon atau air hangat.

5. Jahe

Salah satu khasiat jahe adalah meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Bumil bisa membuat minuman yang menenangkan dari campuran air rebusan jahe dan madu. Perpaduan keduanya yang ditambahkan dengan irisan lemon akan membantu meredakan batuk dan melancarkan saluran pernapasan. Tubuh Anda juga akan terasa enteng dan kondisi tubuh pun bisa pulih kembali.

6. Varian buah berry

Selain lemon, Moms bisa mengonsumsi buah berry untuk menambahkan kandungan vitamin C dalam tubuh. Ragam variannya, seperti blueberry, blackberry, goji berry, blackcurrant, serta raspberry bisa Anda makan langsung atau disatukan ke dalam salad buah yang menyegarkan.

7. Bawang putih

Disadari atau tidak, bawang putih mampu menangkal bakteri dan mencegah Moms mengalami sakit saat hamil. Kandungan antioksidannya dikenal memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antibiotik. Anda dapat mengolah 4 sampai 5 bawang putih yang ditumbuk, lalu ditumis dengan sayuran kesukaan atau dijadikan sup untuk dikonsumsi di pagi dan malam hari.

8. Cuka apel

Cuka apel dipercaya bisa menjadi obat alami untuk bumil yang mengalami batuk atau pilek. Kandungan basa di dalam cuka dapat menetralisir penyakit, sehingga tubuh mampu melawan virus secara alami. Moms bisa mencampurkan 1-2 sendok cuka apel ke dalam air atau teh, dan bisa juga dijadikan dressing salad.

9. Daun mint

Daunt mint mampu memberikan efek hangat dan melegakan pada tenggorokan. Moms bisa mengonsumsi daun mint sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil dengan cara mencampurkannya pada teh hangat yang akan Anda minum.

10. Mandi dengan air hangat

Tubuh akan terasa lebih rileks dengan mandi menggunakan air hangat. Otot-otot dan saraf dalam tubuh akan mengendurkan sekresi pada hidung serta mengurangi batuk karena suhu yang lembap. Selain batuk, mandi dengan air hangat juga membantu mengatasi alergi dan asma yang Moms rasakan ketika hamil.

Apabila batuk tidak kunjung reda hingga suhu tubuh Anda berubah, segera konsultasikan ke dokter. Selain memeriksakan diri ke dokter dan minum obat sesuai dengan anjuran dokter, pastikan juga Anda memiliki waktu istirahat yang cukup ya, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Frombump to birth