Type Keyword(s) to Search
TODDLER

8 Obat Batuk Tradisional untuk Anak yang Bisa Redakan Gejala Batuknya

8 Obat Batuk Tradisional untuk Anak yang Bisa Redakan Gejala Batuknya

Sebagai orang tua, mengetahui anak batuk-batuk tentu bisa menimbulkan rasa cemas dan khawatir ya, Moms. Jangan-jangan Si Kecil sakit, nih.

Batuk sendiri merupakan gejala umum dari masalah kesehatan yang sering menyerang anak-anak. Kondisi ini bisa membuat Si Kecil merasa tidak nyaman, rewel, hingga mengganggu tidur malamnya.

Selain mengonsumsi obat batuk anak, sebagai alternatif, Moms juga bisa mengatasi batuk Si Kecil dengan obat batuk tradisional untuk anak. Obat batuk tradisional biasanya terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan, seperti jahe, madu, kencur, hingga kunyit.

Selain berkhasiat mengatasi batuk pada anak, penggunaan bahan-bahan alami ini juga dinilai aman karena tidak memberikan efek samping serius, terutama jika digunakan dengan benar.

Nah, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Moms gunakan sebagai obat batuk tradisional untuk Si Kecil, Moms.

1. Jahe

Jahe sudah sejak lama dikenal sebagai bahan herbal terbaik dalam berbagai pengobatan tradisional. Kandungan antiinflamasi di dalam jahe dipercaya bisa meredakan gejala batuk dan mengurangi mual dan nyeri di tubuh Si Kecil. Selain itu, komponen bioaktif dalam jahe memiliki sifat antiradang yang bisa mengurangi risiko kerusakan sel tubuh akibat virus.

Untuk mendapatkan manfaat Jahe, Moms bisa rebus jahe dengan air—tambahkan madu untuk memberikan rasa manis— dan berikan kepada Si Kecil untuk diminum guna meredakan masalah tenggorokan.

2. Kunyit

Tak hanya jahe, kunyit dipercaya mampu membantu meredakan gejala batuk pada anak. Ini berkat kandungan curcumin tinggi dalam kunyit yang memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri, yang semuanya baik untuk meredakan gejala batuk pada Si Kecil. Moms hanya perlu mengiris tipis kunyit, kemudian campurkan ke dalam minuman anak seperti susu atau teh hangat.

3. Kencur

Menurut International Journal of Research in Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, ekstrak kencur yang dicampur dengan madu bisa menjadi obat alami untuk mengatasi gejala batuk pada anak. Untuk meredakan gejala batuk Si Kecil, Moms bisa parut kencur hingga halus, kemudian rebus dengan air secukupnya. Kemudian, saring air rebusan kencur dan campur dengan madu untuk memberikan rasa manis, sehingga Si Kecil lebih suka.

4. Madu

Madu juga bisa digunakan sebagai obat batuk tradisional untuk anak. Pasalnya, madu mengandung senyawa yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang berkhasiat untuk meredakan batuk dan memulihkan kondisi Si Kecil. Moms bisa berikan setengah sendok makan madu untuk anak usia 1-5 tahun dan 1 sendok makan madu untuk anak usia 6-11 tahun.

5. Air garam

Saat anak batuk, Moms bisa minta Si Kecil berkumur dengan air garam guna meredakan gatal di tenggorokan. Air garam sudah sejak lama dipercaya bisa menurunkan gejala infeksi, terutama yang terjadi di saluran pernapasan. Cara membuatnya tidaklah sulit. Moms hanya perlu melarutkan 1/2 atau 1/4 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian minta anak untuk berkumur dengan air garam tersebut.

6. Air lemon

Tak hanya air garam, air lemon juga bisa jadi pilihan obat batuk tradisional untuk anak lainnya. Lemon kaya vitamin C yang mampu membantu meningkatkan imunitas untuk meredakan infeksi yang terjadi di saluran pernapasan. Ambil 1 sendok teh air perasan jeruk lemon, kemudian campurkan dengan madu dan segelas air hangat. Berikan air lemon pada anak di pagi atau sore hari untuk meredakan batuknya.

7. Cengkeh

Cengkeh dikenal memiliki senyawa antibakteri dan antiradang yang bisa membantu meredakan gatal di tenggorokan saat batuk. Seduh cengkeh dengan segelas air hangat, lalu beri tambahan madu sebagai pemanis alami, agar rasanya lebih disukai Si Kecil. Namun, yang perlu Moms perhatikan, cengkeh punya aroma yang kuat dan rasa yang sedikit menyengat—yang mungkin saja kurang disukai Si Kecil.

8. Bunga belimbing wuluh

Belimbing wuluh sering digunakan dalam masakan untuk menambah cita rasa. Namun, Moms perlu tahu, menurut penelitian yang dilakukan oleh para penelitidari Al Hussein Bin Talal University, Yordania, bagian bunga belimbing wuluh juga bisa Anda manfaatkan untuk meredakan gejala batuk pada anak.

Caranya, cuci bersih bunga belimbing wuluh, lalu rendam dalam air panas atau rebus dengan air. Moms bisa tambahkan gula batu untuk memberikan rasa manis (bukan gula pasir) secukupnya. Setelah itu berikan kepada Si Kecil untuk diminum.

Itulah beberapa pilihan obat batuk tradisional untuk anak. Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Moms juga perlu memastikan Si Kecil mendapat istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi agar gejala batuk bisa segera mereda.

Jika batuk tak kunjung mereda, Moms sebaiknya bawa anak ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)