Type Keyword(s) to Search
BABY

10 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Naikkan Berat Badan Bayi

10 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Naikkan Berat Badan Bayi

Pertambahan berat badan anak mungkin menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan para orang tua. Saat berat badan anak tak bertambah seiring dengan pertumbuhannya, Moms mungkin akan merasa khawatir dengan Si Kecil dan berusaha mencari tahu segala cara untuk mendukung pertambahan berat badannya tersebut.

Namun tak perlu cemas, Moms. Jika Anda memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil dengan memberikannya makanan yang bergizi, otomatis hal ini akan membantunya tumbuh sehat dan mencapai berat badan yang sesuai. Nah, makanan sehat dan bergizi apa saja yang bisa mendukung pertambahan berat badan anak? Berikut daftarnya, Moms.

1. Air susu ibu (ASI)

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan yang paling bergizi, mudah dicerna, dan paling sehat yang akan membantu membangun kekebalan Si Kecil seumur hidupnya. Karena itu Anda disarankan untuk menyusui bayi secara eksklusif selama 6 bulan pertama setelah ia lahir. Sesudah usia 6 bulan, Moms bisa memperkenalkan makanan cair dan semi padat kepada bayi Anda bersama dengan pemberian ASI.

2. Pisang

Buah satu ini diketahui kaya akan potasium, vitamin C, vitamin B6, dan karbohidrat. Pisang juga tinggi akan kalori, sehingga menjadi makanan yang bagus untuk menaikkan berat badan bayi. Hancurkan pisang sampai halus atau sajikan dalam bentuk smoothie atau shake untuk anak Anda.

3. Telur

Telur dikenal kaya akan protein, vitamin, dan lemak sehat. Tak heran bila telur merupakan pilihan tepat untuk membantu penambahan berat badan anak yang proporsional serta mempertahankan berat badan yang sehat. Konsumsi telur juga baik untuk membantu perkembangan vital otak dan sistem saraf anak.

4. Alpukat 

Alpukat kaya akan vitamin B6, E, C, K, folat, tembaga, serat, asam pantotenat, serta memiliki persentase lemak yang tinggi. Mengonsumsi buah ini tentu bisa mendukung pertambahan berat badan anak Anda, Moms.

5. Ayam

Daging ayam merupakan sumber protein yang mudah dicerna dan mengonsumsinya bisa membantu anak Anda membangun massa otot sehingga mendukung pertambahan berat badan yang sehat.

6. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk membantu menaikkan berat badan anak, di antaranya vitamin A, vitamin C, vitamin B6, tembaga, fosfor, kalium, mangan, dan serat. Selain bergizi dan menyehatkan, ubi jalar juga memiliki rasa yang enak dan mudah dicerna. Untuk buah hati Anda, sajikan ubi jalar dalam bentuk puree, tambahan sup, atau direbus.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan penuh dengan nutrisi, seperti protein, magnesium, kalsium, zat besi, serat, dan potasium. Setelah usia 6 bulan, Moms bisa memperkenalkan Si Kecil pada kacang-kacangan dalam bentuk sup atau dihaluskan agar mudah dicerna oleh bayi Anda.

8. Biji-bijian

Biji-bijian seperti wijen, labu, rami, mampu memberikan nutrisi yang cukup untuk menambah berat badan anak. Dalam bentuk bubuk, Anda bisa menambahkannya ke dalam susu Si Kecil atau menaburkannya di atas sereal.

9. Produk susu atau olahan susu

Moms bisa memperkenalkan yoghurt pada Si Kecil setelah ia berusia 1 tahun. Yoghurt diketahui mengandung lemak dan kalori bergizi untuk membantu pertambahan berat badan bayi Anda. Selain itu, konsumsi yoghurt juga bisa meningkatkan proses pencernaan, kekebalan tubuh, dan membantu mengatasi masalah lambung. Memberikan susu kemasan, mentega, dan keju juga bisa mendukung pertambahan berat badan anak Anda. Namun pastikan Moms mengonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter.

10. Ghee atau minyak samin

Ghee diketahui memiliki nilai gizi yang tinggi karena kaya akan vitamin A, D, E, dan K, serta memiliki sifat antioksidan yang berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Moms bisa memperkenalkan ghee pada Si Kecil saat ia berusia sekitar 8 bulan dengan menambahkannya ke bubur atau supnya. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Frombaby