Type Keyword(s) to Search
BABY

10 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Naikkan Berat Badan Bayi

10 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Naikkan Berat Badan Bayi

Pertambahan berat badan anak mungkin menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan para orang tua. Saat berat badan anak tak bertambah seiring dengan pertumbuhannya, Moms mungkin akan merasa khawatir dengan Si Kecil dan berusaha mencari tahu segala cara untuk mendukung pertambahan berat badannya tersebut.

Namun, tak perlu cemas, Moms. Jika Anda memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil dengan memberikannya makanan yang bergizi, otomatis hal ini akan membantunya tumbuh sehat dan mencapai berat badan yang sesuai. Nah, makanan sehat dan bergizi apa saja yang bisa mendukung pertambahan berat badan anak? Berikut daftarnya, Moms.

Baca juga: Makanan yang Perlu Dikonsumsi Ibu Menyusui agar Bayi Tumbuh Cerdas

1. Air susu ibu (ASI)

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan yang paling bergizi, mudah dicerna, dan paling sehat yang akan membantu membangun kekebalan Si Kecil seumur hidupnya. Karena itu Anda disarankan untuk menyusui bayi secara eksklusif selama 6 bulan pertama setelah ia lahir. Sesudah usia 6 bulan, Moms bisa memperkenalkan makanan cair dan semi padat kepada bayi Anda bersama dengan pemberian ASI.

2. Pisang

Buah yang satu ini diketahui kaya potasium, vitamin C, vitamin B6, dan karbohidrat. Pisang juga tinggi kalori, sehingga menjadi makanan yang bagus untuk menaikkan berat badan bayi. Hancurkan pisang sampai halus atau sajikan dalam bentuk smoothie atau shake untuk anak Anda.

3. Telur

Telur dikenal kaya protein, vitamin, dan lemak sehat. Tak heran bila telur merupakan pilihan tepat untuk membantu penambahan berat badan anak yang proporsional serta mempertahankan berat badan yang sehat. Konsumsi telur juga baik untuk membantu perkembangan vital otak dan sistem saraf anak.

4. Alpukat 

Alpukat kaya vitamin B6, E, C, K, folat, tembaga, serat, asam pantotenat, serta memiliki persentase lemak yang tinggi. Mengonsumsi buah ini tentu bisa mendukung pertambahan berat badan anak Anda, Moms.

5. Ayam

Daging ayam merupakan sumber protein yang mudah dicerna dan mengonsumsinya bisa membantu anak Anda membangun massa otot sehingga mendukung pertambahan berat badan yang sehat.

6. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk membantu menaikkan berat badan anak, di antaranya vitamin A, vitamin C, vitamin B6, tembaga, fosfor, kalium, mangan, dan serat. Selain bergizi dan menyehatkan, ubi jalar memiliki rasa yang enak dan mudah dicerna. Untuk buah hati Anda, sajikan ubi jalar dalam bentuk puree, tambahan sup, atau direbus.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan penuh dengan nutrisi, seperti protein, magnesium, kalsium, zat besi, serat, dan potasium. Setelah usia 6 bulan, Moms bisa memperkenalkan Si Kecil pada kacang-kacangan dalam bentuk sup atau dihaluskan agar mudah dicerna oleh bayi Anda.

8. Biji-bijian

Biji-bijian seperti wijen, labu, rami, mampu memberikan nutrisi yang cukup untuk menambah berat badan anak. Biji-bijian dalam bentuk bubuk bisa Anda tambahkan ke dalam susu Si Kecil atau taburkan di atas sereal.

9. Produk susu atau olahan susu

Moms bisa memperkenalkan yoghurt pada Si Kecil setelah ia berusia 1 tahun. Yoghurt diketahui mengandung lemak dan kalori bergizi untuk membantu pertambahan berat badan bayi. Selain itu, konsumsi yoghurt bisa meningkatkan proses pencernaan, kekebalan tubuh, dan membantu mengatasi masalah lambung. Memberikan susu kemasan, mentega, dan keju, juga bisa mendukung pertambahan berat badan anak Anda. Namun, pastikan Moms berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan produk susu pada bayi. 

10. Ghee atau minyak samin

Ghee diketahui memiliki nilai gizi tinggi karena kaya vitamin A, D, E, dan K, serta memiliki antioksidan yang berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Moms bisa memperkenalkan ghee pada Si Kecil saat ia berusia sekitar 8 bulan dengan menambahkannya ke bubur atau supnya. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)