Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Punya Aroma Khas, Ini 8 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

Punya Aroma Khas, Ini 8 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

Moms mungkin familiar dengan daun suji yang sering digunakan sebagai pewarna makanan alami, mulai dari cincau, cendol, sampai dadar gulung. Bukan hanya untuk pewarna, daun suji pun bisa menambahkan aroma khas pada makanan maupun minuman tersebut.

Daun suji  merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil yang baik. Tanaman ini bisa dikenali dari daunnya yang berwarna hijau gelap, berbentuk memanjang, runcing, dengan bunga berwarna putih kekuningan.

Selain menjadi bahan makanan, daun suji ternyata kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Tak hanya mengandung klorofil serta vitamin C, daun suji juga memiliki zat fitokimia yang mampu meredakan peradangan. Yuk, ketahui lebih jauh tentang manfaat daun suji berikut ini.

1. Menurunkan kolesterol

Daun suji dikenal menjadi salah satu obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak daun suji dapat menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50 persen. Dengan begitu, risiko Moms terkena penyakit hipertensi, jantung, dan stroke juga menurun. Anda bisa meminum air rebusan lima lembar daun suji yang sudah didinginkan dan dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari.

2. Meredakan nyeri haid

Bagi wanita, nyeri haid yang dialami bisa mengganggu aktivitas karena rasa tidak nyaman. Daripada mengonsumsi obat, Moms bisa meminum air rebusan daun suji yang terbukti mangandung senyawa saponin. Senyawa ini dapat meredakan peradangan, termasuk nyeri perut (dismenore) saat menstruasi.

3. Meredakan reaksi alergi

Reaksi alergi bisa muncul dengan berbagai gejala, seperti sulit bernapas, adanya pembengkakan, pusing, hingga mual dan muntah. Kondisi syok anafilaktik yang bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak ini bisa diredakan dengan mengonsumsi ekstrak daun suji, sebab di dalamnya terkandung flavonoid yang tinggi dan dapat meringankan reaksi alergi berat sekalipun.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan flavonoid di dalam daun suji juga terbukti dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Senyawa ini akan mendukung fungsi kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi dan menghasilkan antibodi yang kuat. Selain membuat tubuh lebih sehat, daun suji juga dapat menurunkan risiko penyakit kanker dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit beri-beri, disentria, serta diare.

5. Menjaga kesehatan kulit

Daun suji juga dipercaya baik untuk kecantikan dan mampu menjaga kesehatan kulit. Ekstraknya dapat memberikan kelembapan serta mengontrol kadar minyak pada kulit wajah. Kandungan polifenol di dalamnya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini, sehingga wajah Moms akan lebih cerah dan terlihat segar.

6. Membantu mengatasi batuk berdarah

Infeksi yang terjadi di tenggorokan bisa menyebabkan risiko yang lebih parah, yakni batuk berdarah. Jika ini terjadi, Anda dapat mengonsumsi ekstrak daun suji yang mengandung alkaloid untuk meredakan infeksi tersebut. Selain direbus, Anda dapat menumbuk daun suji sampai halus, lalu diseduh dan diperas untuk mendapatkan ekstraknya dan kemudian bisa dikonsumsi rutin.

7. Mengatasi masalah pernapasan

Daun suji juga telah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi keluhan pernapasan, seperti sesak napas dan batuk. Ekstrak daun suji mampu membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk yang bisa menyebabkan penyakit pernapasan, seperti Strepcoccus pneumoniae yang menyebabkan pneumonia dan Mycobacterium tuberculosis yang memicu TBC.

8. Mengobati kencing nanah

Sifat antibakteri, antiseptik, antijamur, dan antiinflamasi dalam daun suji memang memberikan dampak baik bagi tubuh. Salah satunya adalah kondisi kencing nanah yang bisa ditangani dengan mengonsumsi daun suji. Kandungan sapoinin di dalamnya dipercaya mampu mengobati kondisi ini dengan cukup efektif. (Vonia Lucky/SW/Foto: Unsplash)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle