Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ini Cara Alami Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Hitam

Ini Cara Alami Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Hitam

Kulit siku dan lutut yang gelap sebenarnya adalah hal yang normal dan bisa dialami siapa saja, pria maupun wanita. Hal ini menandakan tingginya konsentrasi melanin, yaitu pigmen pemberi warna pada kulit, mata, dan rambut. Umumnya, warna kulit siku dan lutut yang menggelap bukanlah merupakan tanda penyakit berbahaya.

Meskipun begitu, kondisi ini memang bisa menjadi sumber kekhawatiran tersendiri. Ya, kulit siku dan lutut yang hitam kerap dianggap bisa mengganggu penampilan dan merusak rasa percaya diri seseorang yang mengalaminya.

Penyebab kulit siku dan lutut hitam

Kulit siku dan lutut yang hitam atau gelap bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Semua orang dari berbagai jenis dan warna kulit bisa mengalami gangguan ini. Beberapa hal yang biasa menyebabkan siku dan lutut menggelap yakni gesekan, paparan terhadap sinar matahari, akumulasi sel-sel kulit mati, kondisi kulit tertentu seperti eksim dan psoriasis, serta kulit yang kering.

Kulit yang menggelap akibat meningkatnya melanin tidaklah berbahaya. Namun segera periksakan ke dokter jika kulit yang menggelap terasa gatal, mengelupas, atau terasa menyengat.

Mencerahkan kulit siku dan lutut yang hitam

Jika Anda punya kulit siku dan lutut yang gelap, tak perlu cemas berlebih, karena ada sejumlah cara untuk mencerahkan kulit siku dan lutut yang hitam, Moms. Berikut ini beberapa Langkah alami dan mudah yang bisa Moms lakukan untuk mencerahkan kulit siku dan lutut yang menghitam, yakni:

Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu bahan pencerah kulit alami yang paling populer. Hal ini mungkin dikarenakan adanya komponen utama epilgallocatechin gallate (EGCG) yang terkandung dalam daun teh hijau. Sebuah studi menemukan fakta bahwa EGCG dapat mencegah akumulasi melanin.

Moms bisa seduh teh hijau, lalu usapkan air teh pada kulit siku dan lutut Anda. Lakukan hal ini 2 kali sehari.

Gel aloe vera

Banyak orang yang mengklaim bahwa gel lidah buaya (aloe vera) bisa mencerahkan kulit. Hal ini mungkin dikarenakan adanya komponen bernama aloesin pada aloe vera. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology, aloesin mampu mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan paparan sinar matahari.

Untuk menggunakannya, Moms bisa oleskan gel aloe vera ke kulit lutut dan siku sebanyak 2-3 kali seminggu.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang telah lama dipercaya berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit. Pasalnya, kunyit mengandung curcumin, yakni komponen yang dianggap berperan besar dalam mencerahkan warna kulit. Studi yang dimuat dalam jurnal Phytotherapy Research menemukan bahwa curcumin mampu membatasi sintesis melanin, sehingga bisa mengurangi hiperpigmentasi.

Untuk menggunakannya, Moms bisa kombinasikan 1/2 sendok teh kunyit dan 1 sendok makan yoghurt atau madu, lalu oleskan ke siku dan lutut. Tunggu selama 10-15 menit, lalu bilas. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali seminggu ya, Moms. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle