Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ini Cara Alami Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Hitam

Ini Cara Alami Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Hitam

Kulit siku dan lutut yang gelap adalah suatu hal yang normal dan dapat dialami oleh siapa pun, baik pria maupun wanita. Hal ini menandakan tingginya konsentrasi melanin, yaitu pigmen pemberi warna pada kulit, mata, dan rambut. Umumnya, warna kulit siku dan lutut yang menggelap bukanlah merupakan tanda penyakit berbahaya.

Meskipun begitu, kondisi ini memang dapat menjadi sumber kekhawatiran tersendiri. Ya, kulit siku dan lutut yang hitam kerap dianggap bisa mengganggu penampilan dan merusak rasa percaya diri seseorang yang mengalaminya. Namun tak perlu cemas berlebih, karena berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencerahkan kulit siku dan lutut yang hitam, Moms.

Mencerahkan siku dan lutut hitam

Ada beberapa Langkah alami dan mudah yang bisa Moms lakukan untuk mencerahkan kulit siku dan lutut yang menghitam, yakni:

* Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu bahan pencerah kulit alami yang paling populer. Hal ini mungkin dikarenakan oleh komponen utama epilgallocatechin gallate (EGCG) yang terkandung dalam daun teh hijau. Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa EGCG dapat mencegah akumulasi melanin.

Moms bisa seduh teh hijau, lalu usapkan air teh pada kulit siku dan lutut. Lakukan hal ini 2 kali sehari.

* Gel aloe vera

Banyak orang yang mengklaim bahwa gel lidah buaya (aloe vera) bisa mencerahkan kulit. Hal ini mungkin dikarenakan oleh adanya komponen bernama aloesin pada aloe vera. Menurut sebuah studi yang dimuat Clinical and Experimental Dermatology pada tahun 2002, aloesin mampu mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Untuk menggunakannya, Moms bisa oleskan gel aloe vera ke kulit lutut dan siku sebanyak 2-3 kali seminggu.

* Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang telah lama dipercaya berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit. Pasalnya, kunyit mengandung curcumin, yakni komponen yang dianggap berperan besar dalam mencerahkan warna kulit. Studi yang dimuat Phytotherapy Research pada tahun 2012 menemukan bahwa curcumin mampu membatasi sintesis melanin, sehingga bisa mengurangi hiperpigmentasi.

Kombinasikan ½ sendok teh kunyit dan 1 sendok makan yoghurt atau madu, lalu oleskan ke siku dan lutut. Tunggu selama 10-15 menit, lalu bilas. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali seminggu ya, Moms.

Penyebab lutut dan siku Hitam

Kulit lutut dan siku yang hitam atau gelap bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Semua orang dari berbagai jenis dan warna kulit bisa mengalami gangguan ini. Beberapa hal yang biasa menyebabkan lutut dan siku menggelap, yakni gesekan, paparan terhadap sinar matahari, akumulasi sel-sel kulit mati, kondisi kulit tertentu seperti eksim dan psoriasis serta kulit yang kering.

Kulit yang menggelap akibat meningkatnya melanin tidaklah berbahaya. Namun segera periksakan ke dokter jika kulit yang menggelap terasa gatal, mengelupas, atau terasa menyengat. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)