Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Jangan Asal Pilih, Ini Kriteria Produk Perawatan Tubuh untuk Anak

Jangan Asal Pilih, Ini Kriteria Produk Perawatan Tubuh untuk Anak
Baby photo created by user18526052 - www.freepik.com

Selama masa pandemi COVID-19, aktivitas Si Kecil di luar rumah tentunya berkurang secara drastis. Demi menghindari penularan virus corona, anak-anak lebih banyak melakukan kegiatan di rumah, termasuk bersekolah yang dilakukan secara daring.

Meski di rumah saja, kebersihan diri tetap harus menjadi prioritas, lho! Malas membersihkan tubuh dan menjaga kesehatan kulit akan bisa menyebabkan kuman dan bakteri bersarang dan berkembang di tubuh sehingga penyakit pun datang.

Namun tak sedikit orang tua yang melupakan fakta bahwa kulit anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Mereka pun menggunakan produk orang dewasa untuk keperluan mandi, keramas, dan perawatan tubuh sang buah hati. Padahal kulit Si Kecil masih sangat sensitif. Salah memilih produk perawatan tubuh untuk anak bisa membuat kulit Si Kecil teriritasi.

Agar kulit sensitif Si Kecil bisa selalu terlindungi, yuk cek tips memilih produk perawatan tubuh anak berikut ini, Moms

1. Selalu pilih produk yang sesuai dengan usia anak

Jika Si Kecil masih bayi, maka Moms sangat disarankan untuk menggunakan produk yang memang ditujukan bagi bayi. Begitu pula jika buah hati Anda berusia balita, sebaiknya ia menggunakan produk perawatan tubuh yang memang dibuat untuk anak-anak. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit sensitif Si Kecil.

2. Pilih produk bebas paraben, pewarna, dan ftalat

Sebelum membeli produk perawatan tubuh untuk Si Kecil, pastikan Moms membaca bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dengan cermat. Selain tidak boleh mengandung bahan seperti sabun keras dan alkohol, pastikan produk untuk buah hati Anda juga tidak mengandung paraben, pewarna tambahan, serta ftalat.

Perlu diketahui, ftalat merupakan bahan yang berpotensi berbahaya dan dikaitkan dengan berbagai gangguan, seperti asma, ADHD, IQ rendah, masalah perkembangan saraf, dan lain sebagainya. Jadi hindari produk dengan kandungan bahan kimia yang diakhiri dengan phalate.

3. Waspada produk berlabel alami

Saat ini banyak produk dengan label alami. Meskipun begitu, Moms tetap harus jeli membaca label kandungan di dalamnya karena terkadang masih ada bahan kimia berbahaya yang digunakan.

4. Perhatikan keseimbangan pH

Untuk Si Kecil, Moms bisa memilih produk dengan kadar pH netral atau seimbang. Walaupun demikian, Anda tetap harus memperhatikan efek produk terhadap kulit bayi. Jika kulit Si Kecil terlihat menjadi lebih kering dan terjadi iritasi, Moms bisa menghentikan penggunaan produk tersebut.

Like I'm 5 untuk lindungi kulit Si Kecil

Bagi Moms yang masih bingung memilih produk perawatan tubuh untuk Si Kecil, jangan khawatir karena kini ada produk Like I'm 5 untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit buah hati Anda. Like I'm 5 merupakan produk yang dirancang khusus untuk anak-anak.


Merek perawatan kulit asal Korea ini terbuat dari bahan alami non-toxic dan telah teruji hypoallergenic sehingga berhasil menjadi produk yang direkomendasikan oleh Korean Atopy Association (KAA). Artinya, Like I'm 5 aman digunakan bagi bayi dan anak-anak yang memiliki kulit sensitif, atopi, dan eksim.

Like I'm 5 dipastikan tidak mengandung paraben, mineral oil, pewangi serta pewarna buatan, tidak diuji pada hewan, dan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Produk ini bisa digunakan oleh Moms dan Si Kecil. Nah produk Like I'm 5 yang bisa Moms pilih antara lain, Top to Toe Foaming Wash yang mengandung coconut dan bergamot fruit oil, Mild Sunscreen SPF 50+ PA++++, dan Pure Bebe Wet Wipes.

Menjaga kesehatan kulit memang penting. Tapi yang tak kalah penting, pilih produk yang memang aman dan cocok untuk kulit Si Kecil. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Like I'm 5)