Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Moms, Begini Tahapan Pemulihan Setelah Operasi Caesar

Moms, Begini Tahapan Pemulihan Setelah Operasi Caesar
Woman photo created by tirachardz - www.freepik.com

Baik melalui persalinan normal maupun operasi caesar, proses melahirkan bayi ke dunia merupakan momen istimewa bagi setiap ibu. Hanya saja, Moms yang melalui persalinan caesar akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menjalani pemulihan.

Saat melakukan operasi caesar, Moms mungkin tidak merasakan sakit. Rasa nyeri biasanya baru mulai timbul setelah efek obat bius habis. Nah, bagi sebagian Moms, rasa nyeri pada luka sayatan bekas operasi caesar bisa berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan.

Usai operasi, biasanya Moms akan ditempatkan di ruangan pemulihan terlebih dahulu. Dokter akan memantau apakah Moms mengalami komplikasi atau efek samping yang parah setelah operasi.

Jika tidak ada tanda-tanda adanya komplikasi, Moms bisa segera beristirahat di ruang perawatan. Anda juga sudah bisa menimang serta menyusui Si Kecil.

Selama periode ini, Anda masih menerima cairan infus serta menggunakan kateter. Obat pereda sakit akan disuntikkan melalui cairan infus. Sementara itu, kateter pada umumnya dipasang selama kurang lebih 12 jam.

Pemulihan hari ke-1

Sehari setelah menjalankan operasi atau beberapa jam pascaoperasi, Moms biasanya disarankan untuk mulai bergerak dan melakukan aktivitas ringan. Dengan catatan, Anda tidak merasakan keluhan serius atau mengalami komplikasi.

Semakin sering bergerak, proses pemulihan Anda setelah menjalani operasi caesar juga akan semakin cepat. Selain aktif bergerak, Anda juga perlu menjaga asupan makanan dan minuman guna menggantikan energi yang hilang saat operasi.

Awalnya, mungkin Anda akan mendapatkan makanan lunak terlebih dahulu agar lebih mudah dicerna selama masa perawatan usai operasi caesar. Setelah beberapa hari, Moms baru bisa mengonsumsi makanan biasa.

Sebagai catatan, rasa nyeri atau sakit pada perut umumnya akan semakin meningkat dalam kurun waktu 18 jam setelah operasi. Hal ini disebabkan efek obat bius yang sebelumnya diberikan untuk menghilangkan rasa sakit perlahan mulai menghilang secara bertahap.

Selama masa pemulihan, ada beberapa faktor risiko yang mungkin bisa terjadi, antara lain:

1. Penggumpalan darah

Kebanyakan, penggumpalan darah biasanya terjadi di kaki dan kondisi ini merupakan salah satu dampak atau risiko efek samping operasi caesar. Kondisi ini cenderung lebih sering dialami oleh wanita dengan berat badan berlebih atau yang membiarkan tubuhnya diam dan tidak bergerak aktif dalam waktu lama usai melahirkan.

2. Kram

Biasanya kram muncul tepat di area bekas sayatan caesar, khususnya selama perawatan setelah operasi saat rahim mulai meyusut. Sensasi kram akibat operasi caesar mirip dengan kram menstruasi, tapi dengan tingkatan yang lebih intens.

3. Risiko infeksi

Dokter atau perawat akan rutin memeriksa bekas sayatan operasi caesar guna mencegah terjadinya infeksi. Pemeriksaan usai operasi biasanya akan dilakukan beberapa minggu setelah Anda menjalani caesar.

Pemulihan hari ke-2

Memasuki hari ke-2 selama masa nifas, Anda akan diminta untuk lebih sering beranjak dari tempat tidur dan melakukan aktivitas. Hal ini bertujuan untuk membantu tubuh kembali normal seperti sedia kala.

Infus dan kateter juga akan dilepas memasuki hari kedua. Artinya, Anda sudah bisa bangkit dari tempat tidur dan beranjak ke kamar mandi apabila ingin buang air. Anda juga sudah bisa mulai mandi dan membersihkan tubuh. Luka bekas operasi Anda mungkin akan terasa perih. Tapi jangan khawatir akan basah, karena biasanya dokter atau perawat akan melapisinya dengan perban yang bersifat tahan air.

Luka sayatan pada umumnya baru akan mulai membaik setelah 7-10 hari atau bergantung kondisi Anda. Usai melahirkan, baik melalui persalinan pervaginam atau caesar, Moms biasanya akan mengalami perdarahan dari vagina dalam jumlah banyak. Perdarahan normal usai melahirkan ini disebut dengan lokia.

Pemulihan hari ke-4

Setelah menjalani operasi caesar, pada umumnya Moms akan menjalani perawatan di rumah sakit selama 3 hingga 4 hari, tergantung pada kondisi Anda. Sebelum Anda kembali ke rumah, dokter akan memeriksa dan mengganti perban jika diperlukan.

Seperti dilansir situs Mayo Clinic, Moms tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk melakukan kegiatan olahraga dan berhubungan seks selama beberapa hari hingga mendapatkan lampu hijau dari dokter.

Pemulihan hari ke-7

Setelah 1 minggu melahirkan, Anda mungkin masih merasakan nyeri pada bekas jahitan operasi caesar. Biasanya, obat pereda nyeri pascaoperasi, seperti opioid, tidak menyebabkan kecanduan tetapi tetap memiliki dampak atau efek samping. Namun tak ada salahnya Moms berkonsultasi dengan dokter mengenai keamanan obat pereda nyeri terhadap proses menyusui.

Mungkin ada beberapa keluhan yang muncul selama masa pemulihan. Tetapi jangan khawatir Moms, berbagai keluhan tersebut biasanya akan berangsur-angsur membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Pemulihan hari ke-14

Memasuki minggu kedua, Anda biasanya akan dijadwalkan untuk kembali ke dokter dan melakukan pemeriksaan. Dokter akan mengecek kondisi kesehatan Anda, sekaligus melihat apakah ada pembengkakan atau tanda-tanda infeksi di bekas jahitan operasi caesar. Saat ini, dokter biasanya menggunakan benang yang dapat diserap oleh tubuh sehingga jahitan tidak perlu diangkat.

Moms juga mungkin akan sesekali mengalami kram setelah melahirkan melalui operasi caesar. Hal ini wajar dan merupakan bagian dari proses pemulihan bagi rahim yang berkontraksi untuk kembali ke ukuran normal.  

Pemulihan hari ke-28

Memasuki periode ini, biasanya kondisi Moms sudah mulai membaik. Anda juga sudah lebih nyaman dan mudah bergerak. Namun ketahuilah, proses pemulihan setelah operasi caesar akan berbeda bagi setiap ibu. Jika memang ada keluhan yang bersifat berat, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)