Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kebiasaan Kecil Suami yang Bisa Bikin Kehidupan Pernikahan Lebih Baik

Kebiasaan Kecil Suami yang Bisa Bikin Kehidupan Pernikahan Lebih Baik

Memiliki kehidupan yang bahagia dan langgeng tentu menjadi impian setiap pasangan yang telah menikah. Tak terkecuali Anda pastinya kan, Moms dan Dads? Namun untuk mewujudkannya, tentunya bukan hanya Moms yang perlu memberikan usaha besar, Dads juga perlu berusaha untuk membuat kehidupan pernikahan Anda berdua menjadi lebih baik.

Melansir laman Fatherly, dengan melakukan beberapa kebiasaan kecil berikut, Dads dapat memberikan perubahan yang besar dalam kehidupan pernikahan Anda, baik untuk meningkatkan tingkat komunikasi dan pemahaman, serta kualitas pernikahan secara keseluruhan. Simak selengkapnya!

1. Hadir dalam hari-hari istri Anda

Bila menghabiskan waktu berdua tak selalu bisa dilakukan, usahakan untuk hadir dalam hari-hari pasangan Anda, Dads. Harinya adalah hari Anda juga. Bila pasangan Anda pergi ke dokter atau memiliki janji makan siang dengan teman-temannya, hadirlah dengan meluangkan waktu untuk menelepon dan menanyakan bagaimana kunjungannya ke dokter atau bagaimana makan siangnya. Sedikit waktu yang Anda sisihkan ini tentunya bisa mendukung terciptanya kehidupan pernikahan yang lebih baik.

2. Mengucapkan “Aku cinta kamu” sebelum menutup telepon

Beberapa pasangan mungkin memiliki masalah dalam berkomunikasi, entah itu terasa hanya seperti rekan bisnis yang cuma membicarakan rencana dan tanggung jawab untuk hari itu juga, atau selama ini hanya memiliki percakapan singkat di telepon dan tidak menikmati berbicara dengan satu sama lain.

Untuk memecahkan kecanggungan tersebut, tak ada salahnya mengatakan “Aku cinta kamu” ketika menutup telepon dengan istri Anda. Ini bisa menjadi langkah membuat percakapan Anda menjadi terasa kurang formal dan lebih pribadi. Katakan hal yang sama saat Anda berpisah ketika masing-masing akan melakukan aktivitas.

3. Berdoa bersama

Saat Anda dan pasangan selalu mendekatkan diri pada Tuhan dan menyertakan-Nya dalam setiap langkah Anda, maka Anda berdua juga bisa tumbuh lebih dekat satu sama lain.

Kehidupan akan menjauhkan Anda berdua dari hal-hal yang menyebabkan keduanya terpisah. Dengan berdoa bersama, tentu Anda dan pasangan bisa menyadari keberadaan satu sama lain dan bekerja sama untuk bisa tumbuh lebih dekat.

4. Membantu membereskan rumah

Tak sedikit istri yang mengeluhkan kebiasaan suaminya yang tak bisa menaruh baju kotor di lantai, menutup kembali lemari setelah membukanya, atau bahkan tidak membantu merapikan dan membersihkan rumah sama sekali.

Untuk itu, Dads bisa mencoba lebih meningkatkan kebersihan Anda sebagai seorang pria, suami, dan ayah. Taruhlah pakaian kotor pada tempatnya dan rajinlah membantu istri Anda membereskan rumah. Hal ini tidak hanya akan memperbaiki kehidupan pernikahan Anda, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan mental Anda karena melihat istri bahagia dengan kebiasaan baik Anda ini, Dads.

5. Bangun tidur lebih awal daripada istri

Tanggung jawab seorang suami dan ayah tidak hanya mencari nafkah, namun juga membantu istri mengurus rumah dan anak. Jadi, tak ada salahnya bila Dads bangun tidur lebih dulu daripada istri Anda untuk meringankan pekerjaannya, misalnya dengan menyiapkan sarapan atau menyirami tanaman. Dengan demikian Moms juga bisa memiliki waktu untuk dirinya sendiri dan bisa lebih bahagia, yang tentunya juga akan berpengaruh baik pada kehidupan pernikahan Anda berdua.

6. Memiliki waktu ngemil berdua

Meski terkesan menjadi hal yang identik dengan anak kecil, tapi memiliki waktu ngemil berdua dengan pasangan mungkin bisa membantu Anda dan pasangan pulih dari hari-hari yang penuh tekanan dan mengalihkan perhatian Anda berdua dari kesibukan masing-masing. Jangan lupa untuk meninggalkan camilan kesukaan istri Anda sebagai kejutan sesekali ya, Dads.

7. Mengenal bahasa cinta pasangan

Bahasa cinta digunakan untuk mengekspresikan cinta terhadap pasangan. Dan setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda. Karena itu, penting bagi setiap pasangan untuk mempelajari bahasa cinta pasangannya. Selain untuk mengenal pasangan lebih baik, mempelajari dan mengetahui bahasa cinta pasangan juga bisa membantu menjaga keintiman hubungan serta menghindari dan mengatasi konflik dalam hubungan.

8. Bilang “Terima kasih”

Meski hanya hal-hal kecil sekalipun, biasakan untuk mengucapkan terima kasih pada pasangan Anda, Dads. Dengan begitu Anda menunjukkan penghargaan yang tulus dengan cara yang lebih eksplisit, sehingga pasangan bisa mendengar ucapan terima kasih Anda dan membuatnya jadi lebih senang saat membantu Anda. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Master1305/Freepik)