Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Ini 7 Makanan Tinggi Kalori Terbaik untuk Kesehatan Anak

Ini 7 Makanan Tinggi Kalori Terbaik untuk Kesehatan Anak

Apa yang balita Anda makan sangatlah memengaruhi kondisi kesehatannya, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Si Kecil butuh kalori untuk menjaga kesehatannya secara umum, untuk mendorong kesembuhannya saat sedang sakit, atau untuk menambah berat badan. Namun, tidak semua makanan tinggi kalori sehat untuk anak Anda lho, Moms.

Tapi, tak usah khawatir, karena M&B sudah merangkum beberapa makanan tinggi kalori yang baik dan menyehatkan untuk membantu menjaga kesehatan Si Kecil. Let’s check them out, Moms!

Baca juga: 15 Makanan Tinggi Kalori untuk Tambah Berat Badan Bayi

1. Salmon

Salmon adalah salah satu pilihan ikan paling sehat yang bisa dikonsumsi Si Kecil. Pasalnya, salmon tinggi gizi dan rendah kandungan racun, seperti merkuri dan zat kimia lainnya. Menurut United States Department of Agriculture, 100 gram salmon mengandung sekitar 208 kalori dan bisa memenuhi 30% kebutuhan harian vitamin B6, 20% lemak, 40% protein, dan 53% cobalamin (mineral).

2. Ubi

Dibandingkan dengan sumber karbohidrat lain, seperti kentang dan nasi, ubi mengandung lebih banyak kalori dan zat gizi. Setiap 100 gram ubi mengandung 86 kalori. Tak hanya itu, ubi juga kaya akan beta karoten yang efektif untuk meningkatkan kandungan vitamin A dalam darah. Ubi pun kaya serat, lezat, mengenyangkan, dan mudah diolah.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak paling sehat yang bisa balita Anda konsumsi. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung 120 kalori dan 14 gram lemak yang baik untuk tubuh.

Kandungan lemak ini sangat diperlukan tubuh untuk membentuk energi, memperbaiki pertumbuhan sel, serta membantu penyerapan nutrisi. Jika memiliki kocek lebih, Moms bisa pilih extra virgin olive oil (EVOO) yang mengandung lebih banyak lemak sehat dan antioksidan, dibandingkan dengan minyak zaitun biasa.

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Pada dasarnya, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah salah satu sumber kalori yang bagus untuk kesehatan Si Kecil. Satu ons atau 28 gram chia seeds mengandung 138 kalori, dan 100 gram kacang tanah mengandung 567 kalori. Butuh ide menu harian dengan bahan-bahan ini? Rekomendasi M&B, Moms bisa tambahkan chia seeds pada yoghurt atau sup kesukaan Si Kecil, atau Moms bisa oleskan selai kacang pada roti tawar untuk snack Si Kecil.

5. Susu dan keju

PIlih susu full cream daripada susu rendah lemak Moms, karena mengandung lebih banyak kalori dan protein yang baik untuk anak. Moms bisa berikan susu sebelum ia tidur atau setelah snack. Selain itu, keju juga dapat menjadi sumber kalori yang baik untuk Si Kecil. Tak hanya kaya kalori, keju juga tinggi vitamin, mineral, dan protein. Rasanya pun lezat dan mudah diolah, sehingga gampang disukai oleh balita Anda.

6. Alpukat

Tidak hanya tinggi kalori, alpukat juga mengandung lemak sehat, serat, berbagai jenis vitamin, dan mineral. 100 gram alpukat mengandung 160 kalori, 2 gram protein, dan 15 gram lemak sehat. Rasanya pun enak dan lezat, Si Kecil pasti suka!

7. Kurma

Meskipun kecil, kurma mengandung tinggi kalori dan berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh Si Kecil, lho! Menurut United States Department of Agriculture Food Composition Database, 1 buah kurma Deglet Noor mengandung 20 kalori, 0,03 gram lemak, 5,33 gram karbohidrat, 4,5 gram gula, 0,6 gram serat, dan 47 miligram potasium. Namun, tetap jaga konsumsi kurma pada anak agar tidak berlebihan untuk menghindari kenaikan gula darah yang drastis. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Gpointstudio/Freepik)