Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Perawatan Wajah Rutin yang Bisa Bikin Kulit Jadi Glowing

Perawatan Wajah Rutin yang Bisa Bikin Kulit Jadi Glowing

Hampir semua wanita ingin memiliki kulit yang terlihat halus, mulus, sehat, dan bercahaya. Glowing deh, pokoknya! Lantas bagaimana caranya?

Tidak sedikit wanita yang berani bayar mahal untuk menjalani perawatan agar kulit wajahnya terlihat flawless. Ada yang beranggapan, kebiasaan ini berlebihan dan hanya membuang uang saja.

Namun, sesungguhnya kulit wajah memang perlu dirawat secara rutin. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih tipis, lemah, dan kurang elastis. Jika tidak dirawat dengan baik sejak dini, kulit akan menjadi lebih cepat kering, keriput, dan kusam.

Baca juga: 10 Kebiasaan Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Terlihat Tua

Itulah alasan Anda perlu melakukan perawatan kulit wajah. Tidak perlu yang mahal-mahal, Anda bisa melakukan tahapan perawatan wajah harian berikut ini untuk membantu mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar.

1. Mencuci muka

Idealnya, Anda perlu mencuci wajah setidaknya 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari sebelum tidur guna membersihkan wajah dari debu, kuman, polusi, dan minyak atau sebum berlebihan yang menempel di kulit.

Anda disarankan untuk memilih sabun pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit. Sabun pembersih wajah dengan bahan kimia keras berisiko mengurangi minyak alami kulit.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan makeup, lebih baik bersihkan riasan terlebih dahulu dengan pembersih khusus. Pasalnya, sabun wajah sering kali tak mampu membersihkan sisa makeup dengan sempurna.

Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memulai proses mencuci muka. Lalu setelah selesai, keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk pelan menggunakan handuk lembut.

2. Menggunakan pelembap

Rutin mengaplikasikan pelembap juga penting untuk Anda lakukan, Moms. Perawatan ini dilakukan guna menjaga kelembapan alami kulit serta mencegah kulit menjadi kering dan rusak.

Guna menjaga kelembapan dan tekstur alami kulit, Anda bisa menggunakan pelembap dengan kandungan humektan, seperti glycerin, hyaluronic acid, ekstrak lidah buaya, dan urea. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, Anda bisa memilih pelembang yang mengandung dimethicone, minyak mineral, petrolatum, atau shea butter.

3. Memakai serum

Bukan sekadar menjaga kelembapannya, kulit wajah juga perlu diberi nutrisi tambahan. Caranya adalah dengan mengaplikasikan serum. Perlu diketahui, serum adalah produk perawatan kulit dengan bahan aktif yang lebih kuat untuk menutrisi kulit sehingga lebih efektif dalam mengatasi masalah kulit, seperti hiperpigmentasi, kulit kusam, dan penuaan.

Selain serum, essence juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu rangkaian perawatan wajah rutin. Pada dasarnya, kedua produk tersebut memiliki fungsi yang sama. Hanya saja, tekstur essence biasanya lebih cair dibandingkan serum.

Kandungan serum beraneka ragam. Anda bisa memilih serum dengan kandungan yang sesuai kebutuhan kulit Anda, misalnya serum untuk mencerahkan kulit, antiaging, atau untuk kulit berjerawat.

4. Menggunakan tabir surya

Banyak wanita yang enggan mengenakan tabir surya saat bepergian. Selain teksturnya yang dianggap lebih lengket, tak sedikit orang yang mengira bahwa tabir surya hanya perlu digunakan saat kita bepergian ke daerah panas seperti pantai saja.

Padahal tabir surya atau sunscreen perlu menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah. Anda bisa mengaplikasikannya setiap hari saat berada di dalam maupun di luar ruangan.

Baca juga: Manfaat Sunscreen untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu

Produk ini dapat melindungi Anda dari bahaya paparan sinar matahari atau sinar UV berlebihan yang bisa menyebabkan sunburn, penuaan dini kulit, flek hitam, atau bahkan kanker kulit.

Agar dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV secara optimal, Anda bisa memilih tabir surya dengan SPF minimal 30. Anda juga bisa menggunakan sunscreen yang mengandung zinc oxide, titanium dioxide, iron oxide, atau avobenzone yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan UVA dan UVB.

Bagi Anda yang menghabiskan waktu lama beraktivitas di bawah terik matahari, sebaiknya Anda memilih tabir surya dengan SPF yang lebih tinggi. Selain itu, Anda juga perlu mengoleskan ulang tabir surya setelah beberapa jam.

Nah, agar perawatan wajah Anda bisa maksimal, selalu pilih jenis perawatan yang sesuai dengan tipe kulit Anda ya, Moms. Jangan terpengaruh dengan produk yang lagi hype. Pasalnya, tidak semua produk bisa cocok dengan kulit Anda.

Hindari produk perawatan wajah yang menjanjikan hasil yang instan. Jangan lupa, selalu cek keaslian produk dan pastikan benar-benar aman untuk digunakan. Segera hentikan penggunaan produk apabila muncul gejala iritasi atau kulit kering. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik)