Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Kebiasaan Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Terlihat Tua

10 Kebiasaan Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Terlihat Tua

Memiliki kulit wajah sehat, cerah, dan awet muda? Ini tentu menjadi harapan semua orang ya, Moms. Selain membuat Anda terlihat lebih menawan, kulit sehat dan awet muda juga membuat Anda merasa lebih percaya diri. Dibutuhkan banyak perawatan untuk mendapatkan kulit sehat dan awet muda, seperti rutin mencuci muka, memakai pelembap dan sunscreen, hingga menghindari paparan sinar matahari langsung.

Tak hanya itu, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat kulit wajah Anda kusam dan terlihat tua. Padahal, kebiasaan buruk itu sering kali terdengar sangat sepele, sehingga sering diremehkan karena Anda tidak mengira dampaknya bisa sangat buruk bagi kulit. Apa saja sih kebiasaan yang membuat kulit wajah tampak kusam dan terlihat tua? Perhatikan ini ya, Moms!

1. Terlalu sering cuci muka

Rutin mencuci muka mungkin baik untuk kulit, tapi terlalu sering mencuci muka justru bisa bikin kulit kusam, lho. Jika Anda merasa perlu sering mencuci muka, cobalah pilih pembersih non-soap atau yang tidak mengandung sabun, karena ini tidak menghilangkan kelembapan alami kulit.

2. Malas eksfoliasi

Rajin cuci muka, tapi malas eksfoliasi? Ternyata itu bisa bikin kulit wajah kusam juga, Moms. Eksfoliasi adalah proses yang membantu pelepasan sel-sel kulit mati agar wajah terlihat sehat dan cerah alami. “Eksfoliasi menyegarkan kulit dengan menghilangkan sel kulit yang kusam, dan menampilkan kulit yang lebih sehat dan segar,” ujar dokter Joel Schessinger, kontributor RealSelf, pada Bustle.

3. Tidur pakai makeup

Selelah apa pun Anda, jangan pernah malas membersihkan makeup sebelum tidur ya, Moms. Tidur dengan makeup membuat pori-pori kulit tersumbat dan kusam. Agar lebih praktis, Moms bisa menggunakan makeup remover yang menghapus riasan wajah dengan sekali usap. Ini sedikit lebih baik daripada tidak membersihkan makeup sama sekali. Walau begitu, usahakan selalu bersihkan makeup dengan sempurna sebelum tidur ya, Moms.

4. Pakai kuas makeup kotor

Berapa bulan sekali Anda mencuci kuas makeup? Jika jarang dicuci, kuas makeup yang kotor bisa membuatkan kulit wajah mudah kusam, lho. “Kuas makeup menyimpan bakteri dan kotoran, dan sering menggunakan kuas makeup kotor bisa menyebabkan berbagai masalah kulit,” ujar Debra Jaliman, seorang dermatologist, pada Bustle. Untuk itu, Debra menyarankan agar Anda mencuci kuas makeup seminggu sekali menggunakan sampo bayi, kemudian biarkan kering sendiri (tidak perlu pakai hair dryer).

5. Mandi air panas terlalu lama

Nyaman untuk Anda, belum tentu nyaman untuk kulit. “Mandi air panas terlalu lama bisa membuat kulit kusam karena ini mengeringkan lapisan terluar dari kulit Anda,” jelas Debra. Untuk itu ia menyarankan Anda untuk mandi tidak terlalu lama dan gunakan air dingin saja.

6. Tidak mencukupi kebutuhan air

“Dampak dari kurang minum air akan langsung terlihat pada kulit Anda,” ujar dokter Joel. Menurutnya, tanda dehidrasi terlihat pada kulit yang menjadi kering, bersisik, dan warnanya pun tidak merata. “Walau menjaga tubuh terhidrasi dengan baik tidak memengaruhi tingkat kelembapan kulit, namun minum banyak air memberi Anda kulit berkilau sehat alami,” tambahnya.

7. Sering begadang

Ternyata sering begadang dan kurang tidur membuat kulit kusam dan mempercepat terjadinya penuaan dini lho, Moms. Untuk itu Anda perlu mencukupi kebutuhan tidur di malam hari, yaitu 8 jam setiap malam. Dengan begitu, kulit akan meremajakan dan memperbaiki diri sendiri saat Anda sedang tidur. Inilah yang membuat kulit berkilau dan bebas kusam.

8. Sering panas-panasan

“Terlalu sering berada di bawah sinar matahari bisa membuat kulit kering dan tampak kusam. Bahkan jika Anda sering mengoleskan dan mengoleskan ulang sunscreen, paparan sinar matahari langsung tetap berbahaya bagi kulit,” ujar dokter Joel. Untuk itu ia menyarankan untuk selalu mengoleskan sunscreen spektrum luas setiap hari dan batasi waktu berada di bawah sinar matahari langsung, terutama di antara jam 10.00-16.00 ya, Moms.

9. Merokok dan minum alkohol

Duh, kebiasaan yang satu ini memang tidak ada bagusnya! Buruk untuk sistem pernapasan, buruk pula bagi kesehatan kulit Anda. Menurut dokter Joel, merokok membuat kulit jadi kering, kusam, dan merupakan salah satu penyebab utama dari penuaan diri, terutama di area mulut.

Sedangkan mengonsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan kulit kering, kusam, serta memicu keriput dini dan kulit tampak merah juga bengkak.

10. Sering makan junk food

You are what you eat! Menurut dokter Joel, “Mengonsumsi junk food, bukannya buah dan sayuran, tak hanya membuat tubuh kekurangan nutrisi penting, tapi juga menyebabkan berbagai kompleksi kulit. Gula rafinasi (refined sugar) mengubah karbohidrat lebih cepat daripada gula alami yang ada di buah dan sayur, membuat kulit kusam dan warnanya tidak merata.” (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Katemangostar/Freepik)