Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kenali 11 Jenis Ciuman Penuh Makna, Bisa Langsung Dipraktikkan, lho!

Kenali 11 Jenis Ciuman Penuh Makna, Bisa Langsung Dipraktikkan, lho!

Berciuman bisa menjadi tindakan sederhana untuk mengekspresikan rasa cinta dan sayang. Ini bisa terasa menyenangkan, mendebarkan, menciptakan sensasi yang luar biasa, dan berbagai emosi lainnya yang tidak bisa diungkapkan. Berciuman juga dapat memberikan efek bahagia, meningkatkan keterikatan hubungan dengan pasangan, dan baik untuk kesehatan.

Ada beberapa jenis ciuman yang bisa Anda praktikkan kepada pasangan. Yuk, kenali satu per satu, Moms!

1. French kiss

French kiss merupakan jenis ciuman yang melibatkan permainan lidah intens dan penuh gairah. Ini adalah jenis ciuman romantis yang bisa menjadi foreplay untuk sesi makeout yang lebih intim. Ciuman ini dimulai dengan saling mengunci bibir, lalu perlahan-lahan lakukan permainan lidah secara intens dan penuh gairah.

2. Peck kiss

Peck kiss adalah jenis ciuman sederhana dan super soft yang bisa Anda berikan untuk pasangan atau bahkan anak Anda. Anda cukup menyentuh bibir pasangan dengan bibir Anda. Saat kecupan, bibir kedua pasangan biasanya tertutup dan sedikit mengerut.

Peck kiss termasuk ciuman bibir yang tidak intens dan bisa menjadi cara romantis untuk menyapa atau mengucapkan selamat tinggal–sebelum pergi menjalani kegiatan sehari-hari–kepada pasangan atau anak.

3. Forehead kiss

Sesuai namanya, forehead kiss adalah jenis ciuman yang diberikan di dahi. Jenis ciuman ini menjadi tanda kasih sayang, tindakan manis dan penuh perhatian–bukan untuk ketertarikan seksual.

Dengan kata lain, jenis ciuman ini bisa berarti bahwa Anda benar-benar peduli dan penuh kasih sayang. Forehead kiss bisa Anda berikan kepada pasangan, anak-anak, orang tua, sahabat, atau anggota keluarga lainnya yang lebih tua.

4. Eskimo kiss

Sedikit berbeda dengan jenis ciuman lainnya, eskimo kiss adalah jenis ciuman yang dilakukan dengan menggosokkan ujung hidung Anda ke ujung hidung seseorang. Anda dapat melakukan jenis ciuman ini dengan pasangan di saat-saat yang menyenangkan, karena biasanya eskimo kiss dilakukan untuk menunjukkan keceriaan dan kasih sayang. Melakukan eskimo kiss dengan anak Anda juga akan sangat menggemaskan.

5. Neck kiss

Leher merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensual, dan mencium leher biasanya dianggap sebagai tindakan yang sangat intim, erotis, dan sebagai tanda menggoda, menurut pakar bahasa tubuh Blanca Cobb, M.S.

Memberikan beberapa neck kiss selama sesi berhubungan intim dapat meningkatkan gairah, keromantisan, dan keintiman. Lexx Brown-James, Ph.D., LMFT, sex educator dan terapis, merekomendasikan untuk mencium tengkuk serta sisi leher untuk neck kiss yang bergairah.

6. Butterfly kiss

Butterfly kiss adalah jenis ciuman manis dan lembut untuk mengungkapkan rasa cinta, kasih sayang, dan playfulness. Untuk memberikan ciuman kupu-kupu kepada pasangan, Anda harus mendekatkan wajah Anda ke wajah pasangan Anda, dengan masing-masing mata hampir saling menyentuh dan kemudian kedipkan kelopak mata. Meskipun bukan jenis ciuman yang intens, tetapi butterfly kiss termasuk jenis ciuman romantis yang bisa Anda berikan kepada pasangan dan anak.

7. Cheek kiss

Mencium pipi seseorang, atau check kiss, bisa menjadi isyarat salam platonis, dan itu umum diberikan kepada pasangan, anggota keluarga, anak, atau teman. Untuk memberikan ciuman pipi, tempelkan bibir Anda ke pipi seseorang–bisa pasangan, anggota keluarga, teman, atau anak.

8. Body kiss

Body kiss bisa menjadi bentuk foreplay, untuk membuat sesi berhubungan seksual lebih intim. Menurut Lexx Brown-James, Anda bisa mencium berbagai bagian tubuh seperti daun telinga, sisi leher, bagian dalam pergelangan tangan, dan titik panas lainnya, termasuk tengkuk, punggung, bahu, lengan bagian dalam, ketiak, dan bahkan poplitea (bagian belakang lutut). Jenis ciuman ini bisa menyampaikan ketertarikan dan dorongan seksual serta membuat sesi bercinta lebih intens dan romantis.

9. Angel kiss

Angel kiss merupakan jenis ciuman penuh kasih sayang dan manis, yakni dengan mencium kelopak mata seseorang dengan lembut. Jenis ciuman ini dapat memiliki banyak arti, tetapi sering kali diartikan sebagai ciuman manis dan romantis.

10. Top of the head kiss

Ciuman di atas kepala, atau disebut juga top of the head kiss, dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan keakraban bagi orang yang menerimanya. Biasanya, jenis ciuman ini datang dari anggota keluarga yang lebih tua, misalnya orang tua. Namun, top of the head kiss yang datang dari pasangan juga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan, apalagi jika ditambah dengan pelukan dari belakang.

11. Lingering kiss

Pada dasarnya, ini adalah jenis ciuman bibir ke bibir antara dua orang yang berlangsung lama dan tanpa permainan lidah. Lingering kiss menunjukan rasa cinta yang mendalam.

Baca juga: 7 Jenis Ciuman yang Paling Disukai Pria, Praktikkan dengan Dads ya, Moms!

Manfaat berciuman bibir

Penelitian menunjukkan bahwa berciuman memiliki manfaat. Berciuman telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan merangsang produksi kolagen, membantu menurunkan berat badan dengan membakar kalori, dan memberikan efek bahagia. Bahkan, berciuman bibir dapat meningkatkan sistem kekebalan melalui mikrobioma dalam air liur.

Berciuman juga dapat menurunkan tekanan darah dan membantu meningkatkan keterikatan hubungan dengan pasangan. Seperti ditunjukkan oleh studi yang dipublikasikan dalam jurnal The Archive of Sexual Behavior, berciuman membantu meningkatkan keterikatan hubungan dan keintiman dengan pasangan.

Ini juga dapat meningkatkan gairah seksual yang bisa menjadi awal bagus untuk memulai sesi bercinta dengan pasangan yang lebih intens, romantis, dan penuh gairah. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Andrea Piacquadio/Pexels)