Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Makanan yang Bisa Membantu Atasi Mual pada Ibu Hamil

5 Makanan yang Bisa Membantu Atasi Mual pada Ibu Hamil

Salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil adalah mual muntah. Keluhan yang populer dengan istilah morning sickness ini dialami oleh lebih dari setengah bumil pada trimester pertama kehamilan. Kondisi ini pastinya membuat Anda merasa tidak nyaman menjalani kehamilan ya, Moms.

Bukan cuma itu. Bisa jadi Anda akan mengalami mual saat hendak mencoba makan sesuatu, sehingga Anda pun kehilangan nafsu makan dan tak ada makanan masuk ke dalam perut. Yang ada, Anda malah jadi lemas tak berdaya sehingga cuma berbaring di tempat tidur akibat mual yang dialami.

Meskipun begitu, Moms harus tetap mengonsumsi makanan lho, karena Anda membutuhkan berbagai nutrisi penting bagi kesehatan kehamilan dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Namun, bagaimana mengatasi masalah mual yang ada? Salah satu kuncinya, Anda bisa makan dalam porsi sedikit tapi sering. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa makanan berikut yang bisa bantu mengurangi rasa mual.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Morning Sickness

1. Jahe

Jahe mengandung zat antiemesis alami yang mengurangi rasa tidak nyaman akibat mual. Selain itu, senyawanya membantu sistem sirkulasi darah dalam tubuh kembali normal dan bikin mood lebih baik. Anda bisa mencampur jahe dalam minuman, seperti teh jahe dan wedang jahe, atau yang lebih simpel, makan permen jahe untuk mengurangi rasa mual. Setelah mengonsumsi jahe, mual akan berkurang dan menghilang, sehingga Anda bisa makan makanan bergizi buat kehamilan Anda.

2. Biskuit

Moms bisa memilih biskuit yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi untuk mengatasi masalah mual yang Anda alami di pagi hari. Selain untuk mengembalikan tenaga setelah mengalami mual dan muntah, mengonsumsi biskuit juga akan membantu menyerap asam di lambung sehingga mengurangi rasa mual di perut Anda.

3. Buah

Beberapa jenis buah sangat baik untuk mengurangi mual saat hamil. Buah-buahan tersebut di antaranya adalah:

  • Pepaya. Selain mengatasi sembelit, pepaya juga ampuh menangani mual dan muntah yang dialami bumil.
  • Lemon. Perasan buah ini bisa mengatasi rasa mual. Aroma dan rasa lemon yang menyegarkan bisa membantu menenangkan perut Anda dan mengurangi mual.
  • Pisang. Buah ini kaya akan vitamin B6 yang efektif meredakan mual dan muntah saat hamil.
  • Apel. Secara umum, apel mengandung tinggi serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan dan menangani masalah mual bumil.

4. Labu

Labu memiliki kandungan magnesium cukup tinggi dan baik untuk mengatasi mual saat hamil. Mineral ini juga berfungsi meningkatkan sirkulasi darah yang sangat baik untuk mengatasi perubahan hormon yang dialami bumil.

5. Yoghurt

Rutin mengonsumsi yoghurt selama hamil, Moms? Jika tidak, Anda sepertinya mesti membiasakan diri makan yoghurt. Perpaduan rasa manis dan asamnya sangat disukai bumil karena bisa menetralisir rasa mual. Selain itu, yoghurt penuh dengan bakteri baik yang bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan dan menenangkan perut yang mual.

Tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak mengonsumsi yoghurt, yakni:

  • Pilih yoghurt yang tidak mengandung gula tambahan.
  • Jangan terlalu asam. Yoghurt yang rasa asamnya terlalu kuat, dikhawatirkan malah bisa membuat Anda sakit perut.
  • Terbuat dari susu pasteurisasi, karena lebih aman dan sehat dikonsumsi bumil.
  • Lebih disarankan lagi Anda memilih yoghurt yang dibuat dari susu pasteurisasi rendah lemak.
  • Hindari konsumsi yoghurt berlebihan, jangan lebih dari 600 gram per hari yang dibagi menjadi 200 gram per 1 kali makan.
  • Lebih baik Anda mengonsumsi plain yoghurt dan tambahkan buah-buahan segar untuk pemanisnya.

(M&B/SW/Foto: Jcomp/Freepik)