Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bikin Kulit Wajah Glowing, Ini Manfaat Lengkap Double Cleansing

Bikin Kulit Wajah Glowing, Ini Manfaat Lengkap Double Cleansing

Moms mungkin sudah tak asing dengan istilah double cleansing. Ya, tren 10 tahapan skincare ala bintang Korea Selatan turut membawa kebiasaan double cleansing ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Apakah Moms juga salah satu orang yang menerapkan kebiasaan ini?

Pada dasarnya, double cleansing berarti membersihkan kulit dalam 2 tahap. Biasanya, tahap pertama menggunakan pembersih yang berbahan dasar minyak. Produk yang bisa dipakai pada pembersihan pertama adalah oil cleanser, balm cleanser, atau micellar water. Pada tahapan kedua, Moms bisa mencuci wajah seperti biasa menggunakan sabun wajah.

Meski tampak merepotkan, sebenarnya Anda hanya perlu beberapa menit tambahan untuk melakukannya, kok. Lagi pula, double cleansing ternyata punya banyak manfaat untuk kulit Anda, lho. Mau tahu apa saja manfaatnya? Nah, berikut ini beberapa manfaat double cleansing untuk kulit Anda, Moms.

1. Membantu mencegah iritasi atau permasalahan jerawat

Double cleansing mampu membersihkan kulit dari bakteri atau penumpukan sebum lebih menyeluruh, sehingga bisa mengurangi risiko munculnya iritasi akibat jerawat. “Penumpukan sebum menyebabkan infeksi yang bisa berujung pada jerawat,” tutur Annie Chiu, seorang dermatologis di Manhattan Beach, California.

2. Mendukung kinerja produk skincare lain pada kulit

Double cleansing cenderung membersihkan pori-pori kulit wajah dengan lebih baik, sehingga kulit dapat lebih siap untuk menyerap serum dan pelembap Anda. Hal ini membuat rangkaian produk skincare Anda dapat bekerja dengan lebih optimal.

3. Merawat kulit kering dengan lembut

Chiu menyarankan bagi pemilik kulit kering untuk mengadopsi metode double cleanser. “Anda akan menyadari bahwa 2 tahapan pembersihan kulit yang lembut akan lebih baik daripada sekali pembersihan dengan formula yang kuat untuk mengatasi kulit yang kering atau sensitif,” jelas Chiu.

4. Merawat kulit bagi pecinta makeup

Bagi Anda yang gemar mengenakan makeup sehari-hari, metode ini akan bisa menjamin kebersihan kulit Anda. Pasalnya, mencuci wajah yang penuh makeup hanya dengan sabun wajah tidak akan membersihkan residu makeup dengan maksimal. Pembersih berbahan dasar minyak mampu merogoh kotoran dan bekas makeup hingga ke pori-pori Anda dan mencuci wajah dengan sabun setelahnya akan menyegel kebersihan kulit Anda, Moms.

5. Menjaga kulit bagi Anda yang hidup di area penuh polusi

Bagi Moms yang hidup di perkotaan, Anda mungkin sudah merasa wajar terpapar sinar matahari, asap knalpot, atau debu halus sehari-hari. Namun yang perlu diketahui, berbagai polusi tersebut perlu dibersihkan dengan baik dari kulit wajah Anda, agar kulit bisa selalu sehat, cantik, dan awet muda. Nah, double cleansing mampu membersihkan kulit Anda dari berbagai polusi yang menumpuk di kulit dengan optimal.

6. Mencerahkan dan memperbaiki kondisi kulit

Rabbia Aslam, Direktur Klinis pada HC MedSpa, mengatakan, “Double cleansing setiap malam juga dapat mencerahkan kulit dari kekusaman dan meningkatkan kompleksi kulit Anda dengan maksimal.” Double cleansing akan mengeksfoliasi kulit dari sel kulit mati dengan lembut, sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan sehat.

Nah, bermanfaat banget, kan. Jadi, enggak usah ragu lagi untuk memasukkan double cleansing ke dalam ritual perawatan kulit harian Anda, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)