Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bisa Bikin Glowing, Ini Manfaat Masker Madu untuk Kulit

Bisa Bikin Glowing, Ini Manfaat Masker Madu untuk Kulit

Moms mungkin sudah tak asing lagi dengan manfaat madu bagi tubuh. Dengan beragam zat gizi yang dikandungnya, madu mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas. Namun selain itu, ternyata madu juga berguna buat kecantikan dan kesehatan kulit kita, lho.

Ya, sebuah studi yang dimuat Central Asian Journal of Global Health menemukan bahwa madu mentah punya potensi manfaat bagi kesehatan dan kulit. Karena itu, wajar jika akhir-akhir ini makin banyak produk perawatan kulit yang menggunakan madu sebagai bahan utamanya.

Lalu, bagaimana manfaat madu ketika dijadikan sebagai masker? Mau tahu jawabannya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini, Moms!

Manfaat masker madu bagi kulit

Seperti dikutip dari laman Byrdie, Dr. Ava Shamban, ahli dermatologis dan pemilik layanan spa medis Skin Five, menyebutkan bahwa madu kaya akan flavonoid, hidrogen peroksida, dan phenolic acid. Berbagai zat gizi tersebut berkhasiat ampuh untuk merawat kulit.

Penggunaan madu langsung pada kulit wajah pun dipercaya berguna menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat madu bagi kulit wajah.

1. Membersihkan pori-pori wajah. Madu memiliki sifat antibakteri alami, sehingga ampuh untuk membersihkan kulit wajah dengan optimal.

2. Mengatasi jerawat. Tak hanya antibakteri, madu juga bersifat antijamur. Karena itu, masker madu bisa membantu mencegah beberapa jenis breakout. Agar kinerjanya makin maksimal, Moms bisa oleskan madu di area kulit yang sedang mengalami breakout.

3. Mengeksfoliasi kulit. Dari dua poin di atas, kini kita bisa menyimpulkan bahwa madu memiliki kemampuan untuk membersihkan kulit, termasuk mengeksfoliasinya.

4. Menyamarkan bekas luka. Madu mengandung hidrogen peroksida dalam kuantitas yang sangat banyak. Karena itu, madu punya kemampuan untuk mencerahkan kulit, yang kemudian secara khusus mampu membantu menyamarkan bekas luka seperti bekas jerawat maupun masalah hiperpigmentasi.

5. Melembapkan kulit. Madu bersifat humektan, yakni mampu menarik kelembapan udara ke dalam kulit. Karena itu, menggunakan masker madu bisa membantu menjaga kulit agar terus terhidrasi, bercahaya, segar, dan kenyal setiap saat.

6. Membantu menjaga kondisi kulit. Berbagai masalah kulit, seperti dermatitis atopik dan psoriasis bisa dirawat dengan mengoleskan madu ke kulit. Selain itu, madu mentah juga bisa menenangkan kulit yang mengalami eksim.

7. Menenangkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Madu bisa membantu meredakan peradangan dan menyediakan nutrisi bagi jaringan kulit.

8. Bersifat anti-aging. Kandungan antioksidan dalam madu bisa membantu mengontrol kerutan dan garis halus pada wajah. Masker madu bisa meningkatkan elistisitas kulit, sehingga membuat wajah tampak lebih muda dan bercahaya.

Yang perlu diperhatikan

Umumnya menggunakan madu sebagai masker tidak berbahaya buat kebanyakan orang. Meskipun begitu, menurut American College of Allergy, Asthma, and Immunology, beberapa orang mungkin punya alergi terhadap serbuk sari dan bisa mengalami reaksi alergi terhadap madu mentah.

Sebaiknya Anda melakukan tes kecil untuk melihat adanya alergi di kulit. Caranya, oleskan sedikit madu pada area tertentu di kulit Anda. Jika muncul ruam, gatal, atau reaksi lain, maka Moms sebaiknya tidak menggunakan madu sebagai masker dan berkonsultasi dengan dokter. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)