Type Keyword(s) to Search

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan
Tak Disangka, Ini Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan.

Moms, apakah Anda pernah dengar mengenai madu hitam? Madu hitam merupakan salah satu jenis madu dari Indonesia yang dihasilkan oleh sekelompok lebah yang mengisap nektar bunga pohon mahoni.

Dikenal sebagai salah satu obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh, madu hitam memiliki rasa yang sedikit pahit dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Rasa pahit yang dihasilkan berasal dari nektar bunga pohon mahoni yang mengandung alkaloid tinggi sebagai antiinfeksi.

Di samping itu, madu hitam juga diketahui mengandung antioksidan tinggi dibandingkan dengan madu jenis lainnya. Selain itu, nilai gizi yang terkandung dalam madu hitam lebih tinggi karena mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, vitamin B6, dan selenium.

Dikutip dari Health Benefit, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Larry Brooke, seorang ahli biokimia, terdapat beberapa kandungan baik yang terkandung dalam madu hitam, antara lain:

* Saponin, bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kestabilan kadar gula darah, dan mengurangi lemak tubuh.

* Flavonoid, bermanfaat untuk membantu mengurangi lemak, melancarkan peredaran darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, dan sebagai antioksidan.

* Chromium elements, membantu fungsi pankreas dalam memproduksi insulin guna melancarkan sirkulasi metabolisme gula darah.

* Alkaloid, sebagai antiinfeksi yang mampu mengembalikan fungsi sel tubuh dan menyembuhkan peradangan.

* Hemoglobin, berfungsi untuk mengikat oksigen di dalam tubuh guna menjaga stamina dan vitalitas tubuh.

Selain 5 kandungan ini, masih ada kandungan lain yang ditemukan di dalam madu hitam, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari madu hitam untuk kesehatan.

1. Mengurangi Peningkatan Kadar Gula Darah

Tidak seperti kebanyakan jenis madu lainnya, madu hitam memiliki kandungan gula yang lebih rendah. Tak heran jika madu hitam disebut-sebut lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak menimbulkan peningkatan kadar gula darah.

Bahkan, kadar glukosa atau gula yang rendah dan alkaloid yang tinggi merupakan kombinasi yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Kendati demikian, bagi Anda penderita diabetes yang ingin merasakan manfaat madu hitam, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Menangkal Radikal Bebas

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, madu hitam mengandung antioksidan tinggi, yakni flavonoid yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Ini artinya, madu hitam dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah atau menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat lain madu hitam bagi kesehatan adalah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah serta meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk menstabilkan kadar kolesterol, cukup konsumsi madu hitam dua kali sehari sebanyak dua sendok makan.

4. Meredakan Gejala Penyakit Lambung

Gejala maag muncul sebagai akibat dari peningkatan produksi asam lambung, yang membuat lambung menjadi terasa kembung dan menyebabkan rasa nyeri dan mual. Mengonsumsi madu hitam dapat membantu meredakan dan menyembuhkan gejala maag. Campurkan satu sendok makan madu hitam dengan air hangat atau teh. Rasa nyeri dan mual akan perlahan-lahan mereda.

5. Berfungsi sebagai Antibiotik

Madu hitam memiliki sifat bakteriostatik, istilah untuk menunjukkan adanya suatu zat yang berfungsi sebagai penghenti laju aktivitas bakteri atau biasa disebut dengan antibiotik. Sebagai antibiotik alami, madu hitam dinilai efektif untuk meredakan gejala penyakit infeksi ringan, seperti napas pendek, radang tenggorokan, dan batuk. Bahkan, sebuah penelitian dalam jurnal Child Pediatric Health menunjukkan bahwa madu hitam dapat mengurangi frekuensi batuk pada anak-anak dengan bronkitis.

6. Meredakan Gejala Asma

Manfaat madu hitam berikutnya yaitu dapat meredakan gejala alergi seperti asma. Hal ini berkat kandungan flavonoid di dalamnya. Meskipun begitu, efek penyembuhan mungkin akan membutuhkan waktu yang berbeda-beda, tergantung pada masing-masing penderita.

Nah, itulah beberapa manfaat menakjubkan dari madu hitam untuk kesehatan. Bagaimana, tertarik untuk ikut merasakan manfaat madu hitam bagi kesehatan? Namun yang perlu diperhatikan, mengonsumsi madu tetap tidak boleh berlebihan ya, Moms. Anda disarankan mengonsumsinya sebanyak 50-80 gram per hari serta hindari pemberian madu pada anak di bawah usia 1 tahun. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Three-Shots/Pexels)