Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Pentingnya Sunscreen untuk Menjaga Kesehatan Kulit Balita Anda

Pentingnya Sunscreen untuk Menjaga Kesehatan Kulit Balita Anda

Anak-anak memang paling senang saat bermain di luar ruangan. Selain menyenangkan, aktivitas ini dapat membantu menstimulasi motorik Si Kecil dan membuat tubuhnya menyerap vitamin D. Namun, bahaya sinar UVA dan UVB bisa merusak kesehatan kulit anak. Karenanya, Moms dianjurkan untuk mengaplikasikan sunscreen pada anak sebelum ia berkegiatan di bawah sinar matahari.

“Sunscreen penting untuk memfiltrasi sinar matahari jahat agar tidak masuk ke kulit, jadi mencegah sunburn hingga 92 persen, skin cancer hingga 89 persen, dan premature aging hingga 50 persen,” ujar dr. Grace Nami Sianturi Wardhana, SpKK, FINSDV, FAADV, dokter spesialis kulit dan kelamin.

Penggunaan sunscreen juga dapat menjaga pigmen melanin, yang dapat menyerap matahari agar tidak merusak sel-sel yang ada di bawahnya. Alasan lainnya adalah luas permukaan tubuh bayi dan anak yang terpajan matahari lebih banyak dibandingkan luas tubuh orang dewasa. Karenanya, penggunaan sunscreen sangat penting agar kulitnya terlindungi.

Rangkaian sun protection untuk Si Kecil

Agar tidak salah saat menggunakan sunscreen untuk anak, Moms perlu memahami beberapa hal dahulu. Pertama, dr. Grace menjelaskan terdapat tiga jenis sinar ultraviolet, yakni A, B, dan C. Ultraviolet A adalah yang paling banyak sampai ke bumi, sekitar 95 persen.

“Karena panjang gelombangnya paling panjang sehingga tembus awan, tembus kaca, tembus pakaian, dan tembus kulit sampai ke bagian dalam kulit atau dermis, jadi berisiko bikin penuaan kulit seperti flek, aging dan sebagainya, dan bisa bikin kanker kulit juga,” jelasnya.

Kedua, gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30. Pemakaiannya pun harus diaplikasikan ulang setiap 40-80 menit saat beraktivitas. Hal ini tergantung pada jenis sunscreen yang digunakan, banyak berkeringat yang dikeluarkan, dan lokasi kegiatan (kolam renang, pantai, taman).

Selain sunscreen, Moms juga dianjurkan untuk memiliki rangkaian sun protection. Tujuannya tentu agar menjaga kulit Si Kecil yang tipis dan belum sempurna terhindar dari risiko sunburn. Dan sebagai Mom's Little Helper, Momami merilis rangkaian produk sun protection untuk melindungi bayi dan balita dari sinar matahari. Tidak hanya sunscreen, tetapi juga sun stick hingga soothing gel yang mudah diaplikasikan dan aman untuk Si Kecil sejak usia 6 bulan.

“Melihat fakta bahwa di pasaran tidak banyak pilihan tabir surya yang dirancang khusus untuk bayi dan anak, Momami memberikan solusi pada orang tua untuk menghadirkan rangkaian produk sun protection yang aman, natural, halal, dan terjangkau. Kami berharap orang tua mulai memperhatikan pentingnya melindungi kulit anak sedini mungkin agar tetap sehat dan mereka merasa aman dan nyaman bermain di alam terbuka,” kata Lina Paulina, Vice President Momami.

Rangkaian Sun Protection Momami

Ketiga sun protection tersebut ialah:

1. Rub a Dub Dub Sunscreen Lotion

Seperti namanya, Rub a Dub Dub Sunscreen Lotion merupakan tabir surya bertekstur lotion yang kaya kandungan vitamin E, aloe vera, dan minyak bunga matahari yang mudah meresap pada kulit sekaligus melembapkan ketika digunakan. Tabir surya ini juga mengandung SPF 50 PFA +++ dan tidak memberikan efek whitecast ketika digunakan. Rub a Dub Dub Sunscreen Lotion cocok digunakan untuk kegiatan di pantai atau berenang karena tahan air.

2. Itsy Bitsy Sun Stick

Sunscreen berbentuk stick dengan SPF 50 PFA +++ ini dapat melindungi kulit Si Kecil dari efek jahat sinar UVA dan UVB. Itsy Bitsy Sun Stick memiliki kandungan alami minyak bunga matahari dan squalane yang membuat tabir surya ini menyerap dengan cepat ke dalam kulit sekaligus melembapkan.

3. Sunny Buddy Soothing Gel

Sunny Buddy Soothing Gel memberikan efek menenangkan bagi kulit buah hati setelah terpapar sinar matahari seharian. Produk ini memiliki fungsi untuk memperbaiki sel kulit setelah terkena sinar matahari, mendinginkan dan menenangkan kulit kemerahan, sekaligus sebagai antioksidan. Dengan kandungan aloe vera, allatonin dan betaine, gel ini akan dengan mudah diserap kulit serta memiliki kandungan pH yang natural sehingga aman untuk kulit sensitif.

Cara Sandra Dewi melindungi kulit Si Kecil

Sandra Dewi dan Mikhael

Melindungi kulit bayi dan balita memang tidak mudah tetapi penting untuk dilakukan. Karenanya, Sandra Dewi sebagai ibu juga berusaha memilih perlindungan terbaik, termasuk untuk urusan kulit kedua putranya, Raphael dan Mikhael.

“Sunscreen merupakan skincare wajib bagi kedua anakku karena kulit mereka sensitif dan cenderung cepat merah. Setelah berkonsultasi dengan dokter, salah satu indikator aku memilih produk momami adalah selain aman untuk kulit sensitif dan natural, aku juga merasa aman karena tingkat SPF yang lebih besar memberikan proteksi lebih luas dan lama bagi anakku. Selain itu, produk Momami ini praktis dibawa ke mana-mana dan nyaman dikenakan oleh anak dan bayi,” kata Sandra Dewi.

Jadi, Moms juga bisa ikut menjaga kesehatan kulit Si Kecil sejak dini, yang akan berpengaruh saat ia dewasa nanti. Menggunakan rangkaian sun protection dari Momami bisa menjadi pilihan terbaik dan produknya bisa didapatkan secara offline di gerai Mothercare atau di gerai bayi maupun official store Momami di e-commerce. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Senivpetro/Freepik, Kanmo Group)