Type Keyword(s) to Search
BABY

Peran Penting Camilan dalam Mendukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Peran Penting Camilan dalam Mendukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Siapa yang tidak suka mengemil? Bahkan Si Kecil juga senang sekali kalau diberikan camilan. Faktanya, camilan punya peran penting dalam pertumbuhan Si Kecil sejak ia masih bayi. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), camilan bisa menjadi kesempatan untuk mendukung kecukupan nutrisi Si Kecil.

Pasalnya, Si Kecil umumnya punya kapasitas makan yang terbatas dalam 1 kali makan, sehingga berisiko tidak mendapatkan cukup gizi jika hanya mengandalkan 3 kali makanan utama. Selama masa MPASI, IDAI merekomendasikan agar camilan diberikan 2 kali sehari di antara waktu makan utama.

Jadwal pemberian makan pada bayi ini dinilai penting karena merupakan upaya untuk membentuk kebiasaan yang sehat. Dengan pola makan yang sehat, kebutuhan gizi Si Kecil dapat terpenuhi dengan optimal.

Tidak hanya itu, pemberian camilan juga dapat mendukung perkembangan keterampilan motorik Si Kecil lho, Moms. Mulai dari tekstur, bentuk, dan rasa camilan, semua bisa mendorong keterampilan motorik halusnya.

Tekstur dan rasa camilan akan membantu perkembangan keterampilan oromotor Si Kecil. Keterampilan oromotor yang baik berkaitan erat dengan pola makan yang sehat serta menurunkan risiko Si Kecil mengalami GTM (gerakan tutup mulut) atau picky eating. Sedangkan bentuk camilan yang pas untuk ukuran tangan Si Kecil akan mendukung keterampilan menjimpit serta menggenggam.

Tips memberikan camilan pada Si Kecil

Meskipun begitu, Moms tidak bisa asal memberikan camilan untuk Si Kecil. Soalnya jika salah, camilan malah bisa menjadi ancaman buat kesehatan Si Kecil. Lalu, bagaimana cara memberikan camilan yang tepat untuk bayi? Berikut ini adalah tips pemberian camilan untuk anak.

1. Sediakan camilan yang bergizi

Jangan asal pilih camilan, Moms. Pilih camilan bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak secara seimbang. Moms bisa olah camilan secara homemade dari bahan segar. Jika memilh camilan dalam kemasan, jangan lupa cermati komposisi bahan dan gizinya. Pastikan Si Kecil tidak mengonsumsi gula dan garam yang berlebihan.

2. Pastikan camilan aman untuk bayi

Hindari camilan yang mengandung bahan tambahan pangan yang berbahaya. Beberapa di antaranya yakni asam borat, asam salisilat, dietilpriokarbonat, dulsin, kalium klorat, kloramfenol, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, rhodamin B, dan formalin.

3. Olah camilan dengan tepat

Jaga cara pengolahan dan penyajian camilan Si Kecil dengan higienis. Perhatikan kebersihan alat pengolahan camilan agar tidak terjadi kontaminasi silang dan bahaya lainnya.

4. Jadikan camilan sebagai sarana perbaikan gizi

Tidak hanya berguna untuk mencukupi kebutuhan gizi anak yang kurang, camilan juga bisa menjadi alat untuk mengontrol asupan kalori Si Kecil dengan status gizi berlebih atau obesitas. Contohnya, Moms bisa berikan Si Kecil buah potong alih-alih memberikan jus buah.

Camilan sehat untuk dukung perkembangan motorik Si Kecil


Tak perlu bingung memilih camilan sehat untuk Si Kecil, karena ada Milna Biskuit Bayi, Milna Nature Puff Organic, dan Milna Rice Crackers, Moms! Tak hanya bergizi, Milna Biskuit Bayi, Milna Nature Puff Organic, dan Milna Rice Crackers juga dibuat tanpa pengawet, lho.

Untuk Si Kecil yang berusia 6 bulan, Moms bisa memberikan Milna Biskuit Bayi yang mengandung gizi lengkap serta memiliki bentuk khusus yang bisa membantu menstimulasi pertumbuhan giginya. Tekstur Milna Biskuit Bayi lembut berpori, sehingga mudah larut dan tidak membuat Si Kecil tersedak.

Bila Si Kecil berusia 8 bulan ke atas, Moms bisa memberikannya Milna Nature Puffs Organic dan Milna Rice Crackers! Kedua snack ini cocok dijadikan finger food untuk Si Kecil!

Selain terbuat dari bahan organik, Milna Nature Puff Organic memiliki bentuk yang pas sehingga mampu menstimulasi motorik menjimpit Si Kecil. Sedangkan Milna Rice Crackers memiliki bentuk memanjang yang mampu menstimulasi motorik menggenggam Si Kecil.

Yuk, cukupi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil sekaligus dorong keterampilan motoriknya dengan Milna Nature Puff Organic dan Milna Rice Crackers! Moms bisa dapatkan berbagai camilan Milna di supermarket, mini market, atau e-commerce kesayangan Anda. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Shevtsovayuliya/123RF, Milna)