Type Keyword(s) to Search
BABY

Tips agar Bayi Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Tips agar Bayi Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Tak hanya orang dewasa, tidur nyenyak dan berkualitas di malam hari juga diperlukan bayi. Tidur berkualitas sangat penting bagi tubuh dan fungsi organ agar bayi tumbuh berkembang dengan optimal serta meningkatkan produksi hormon-hormon pertumbuhan dan perkembangan otak Si Kecil.

Durasi tidur bayi juga perlu diperhatikan agar Si Kecil mendapatkan tidur yang berkualitas. Lamanya waktu tidur bayi pun berbeda-beda, tergantung pada usia mereka. Bayi usia 0-3 bulan idealnya memerlukan tidur 14-17 jam per hari, usia 4-12 bulan memerlukan 12-16 jam, batita 1-2 tahun memerlukan 11-14 jam, sedangkan anak usia 3-5 tahun memerlukan 10-13 jam.

Bayi atau batita dapat dikatakan cukup tidur jika ia tertidur dengan mudah di malam hari, terbangun dengan mudah di pagi hari, dan tidak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai perkembangannya.

Selain memastikan Si Kecil cukup tidur sesuai dengan durasi idealnya, agar ia bisa tidur nyenyak, Moms bisa menerapkan beberapa tips di antaranya:

1. Susui bayi hingga kenyang

Saat perut bayi kosong, ia akan rewel dan menangis. Sebaliknya saat ia merasa kenyang karena telah disusui ibunya, ini bisa menimbulkan rasa nyaman dan membuat bayi mudah terlelap untuk tidur.

2. Gunakan pakaian yang lembut dan tidak ketat

Pakaian yang digunakan saat tidur sangat berpengaruh pada kualitas tidur bayi. Pastikan Si Kecil mengenakan pakaian yang lembut dan tidak ketat agar ia merasa nyaman saat tidur.

3. Atur suhu ruangan yang pas

Menciptakan lingkungan tidur yang aman dan nyaman juga penting saat anak tidur, salah satunya dengan mengatur suhu kamar. Pastikan ruangan tidur Si Kecil sejuk dan tidak terlalu panas atau dingin saat ia tidur.

4. Redupkan cahaya di kamar

Tidur di ruang yang gelap sangat dianjurkan oleh para ahli. Saat gelap, hormon melatonin yang memiliki peranan penting dalam mengontrol siklus sirkadian (siklus bangun-tidur) diproduksi. Nah, produksi melatonin yang terjadi secara reguler dapat membuat siklus tidur Si Kecil teratur.

5. Minimalisasi suara yang dapat mengganggu

Beberapa bayi mungkin lebih sensitif terhadap suara berisik sehingga membuatnya lebih mudah terbangun dari tidurnya. Maka agar tidurnya tidak terganggu, jauhkan Si Kecil dari suara berisik saat ia tertidur. Buat suasana lingkungan yang tenang saat bayi tidur.

6. Atur posisi tidur bayi senyaman mungkin

Posisi tidur yang nyaman dan aman dapat menghindarkan bayi Anda dari masalah dan risiko saat ia tidur. Maka, pastikan Si Kecil berada dalam posisi telentang saat tidur. Posisi ini diketahui paling aman untuk bayi dan dapat mengurangi risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

7. Gunakan popok anti bocor

Popok yang sudah penuh dan basah bisa mengganggu kenyamanan bayi saat tidur dan menyebabkan ruam popok. Untuk itu, pastikan Si Kecil menggunakan popok dengan struktur inti Super Absorbent Polymer (SAP) yang mampu menyerap dengan baik untuk mengurangi gelisah karena popok bocor atau risiko ruam.

Popok anti bocor berdaya serap tinggi, solusi untuk tidur nyenyak Si Kecil

Demi kenyamanannya saat tidur, pemilihan popok yang tepat juga perlu Moms lakukan. Pastikan Si Kecil menggunakan MAKUKU Air Diapers Comfort agar tetap nyaman saat beraktivitas dan dapat tidur dengan nyenyak.

MAKUKU Air Diapers Comfort merupakan popok generasi terbaru dengan struktur inti Super Absorbent Polymer (SAP) yang dapat menyerap cairan secara cepat dan Anti Gumpal. Struktur inti SAP mampu mengunci cairan sehingga tidak menggumpal pada satu sisi bagian saja dan membuat permukaan tetap kering hingga 8 jam. Hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya ruam merah ataupun iritasi pada kulit bayi.

Keunggulan lainnya, popok ini memiliki permukaan rongga udara dengan sirkulasi 2 arah, elastic waist yang dirancang menyesuaikan bentuk tubuh bayi sehingga mencegah kemerahan, dan dapat menyerap cairan 5x (@50ml) sehingga membuat permukaan popok tetap kering. Semua keunggulan ini tentunya memberikan kenyamanan ketika bayi aktif bergerak dan membantunya tidur nyenyak, Moms.

MAKUKU Air Diapers Comfort hadir dalam tipe perekat (ukuran S) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL) dengan harga mulai dari Rp51.900,00 hingga Rp63.900,00 di 26 offline MAKUKU Family Store di pulau Jawa dan toko Raja Susu. Dapatkan pula diskon hingga 50% di akun resmi MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shopping, dan Tokopedia.

Tak usah bingung lagi Moms, pastikan Anda memilih MAKUKU Air Diapers Comfort untuk solusi tidur nyenyak dan berkualitas Si Kecil! Follow Instagram MAKUKU @makuku.indonesia.official atau kunjungi website makuku.co.id untuk mendapatkan informasi produk, edukasi parenting, dan juga berbagai promo menarik dari MAKUKU Air Diapers Comfort. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Yanalya/Freepik, MAKUKU)


Read Next

More Frombaby