Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Perawatan yang Wajib Dilakukan Sebelum Menikah

8 Perawatan yang Wajib Dilakukan Sebelum Menikah
Perawatan sebelum menikah

Menjelang pernikahan, tentu ada banyak hal yang mesti dipersiapkan, mulai dari memilih tanggal dan konsep pernikahan, gedung pernikahan, test food, hingga fitting baju pengantin.

Namun, tidak hanya mempersiapkan pernak-pernik pesta pernikahan saja, memastikan kesehatan dan kecantikan kulit serta rambut juga harus masuk ke dalam wedding plan list. Anda tentu ingin terlihat lebih cantik dan menawan di hari pernikahan, bukan? Karena itu, sebaiknya luangkan waktu jauh-jauh hari untuk melakukan beberapa perawatan sebelum menikah.

Ada berbagai jenis perawatan yang perlu dilakukan kedua calon mempelai sebelum menikah. Apa saja itu? Ini daftarnya!

1. Perawatan spa seluruh tubuh

Menjelang hari bahagia, kedua calon mempelai disarankan untuk melakukan perawatan spa seluruh tubuh. Ini adalah jenis perawatan yang dilakukan guna menjaga kulit tetap sehat, lebih halus dan looking good, serta membantu meminimalisir stres.

Anda bisa melakukan perawatan ini sejak 2-3 bulan sebelum hari pernikahan sebanyak 1-2 minggu sekali. Aplikasikan body butter atau body lotion secara rutin untuk membuat kulit tubuh lebih lembap dan lembut.

2. Perawatan wajah

Sebelum menikah, selain perawatan tubuh, perawatan wajah juga sama pentingnya untuk dilakukan. Ini akan membuat wajah Anda terlihat lebih segar, sehat, dan glowing pada hari spesial.

Anda bisa melakukan perawatan masker wajah, bisa wash off mask atau sheet mask, sebanyak 2-3 kali dalam seminggu hingga menjelang hari pernikahan. Yang pasti, pilihlah masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda.

Selain itu, jangan lewatkan basic skincare setiap hari, seperti cleanser, toner, serum, eye cream, lip balm, dan pelembap. Ini berguna untuk membuat wajah lebih terhidrasi, tampak lebih terawat, lebih glowing, dan sehat.

Anda juga bisa melakukan facial treatment, maksimal sebulan sebelum pernikahan, untuk mengatasi permasalahan kulit wajah, mengeksfoliasi kulit, dan mencerahkan wajah.

Namun, hindari melakukan facial treatment 1 minggu atau beberapa hari sebelum hari pernikahan. Bukan tanpa alasan, efek samping yang mungkin ditimbulkan setelah facial bisa memengaruhi kulit, yang bisa membuat makeup jadi lebih sulit menempel dan tidak smooth.

3. Perawatan bibir

Jangan lupakan untuk merawat bibir sebelum pernikahan! Bibir juga bagian penting yang harus dirawat. Anda bisa melakukan eksfoliasi di area bibir dengan lip scrub yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan melembapkan bibir. Gunakan pula pelembap bibir untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah yang bisa membuat tampilan lipstik jadi kurang halus.

4. Perawatan rambut

Satu lagi perawatan menjelang pernikahan yang tidak boleh dilupakan adalah perawatan rambut. Satu hingga dua bulan sebelum pernikahan, Anda bisa lakukan creambath, hair mask, atau hair spa, yang akan membuat rambut jadi tampak lebih sehat dan berkilau di hari pernikahan.

Tambahkan basic haircare, seperti hair serum, hair oil, dan vitamin rambut sebagai perawatan rambut tambahan yang digunakan sehabis keramas.

5. Manicure dan pedicure

Sering terlewatkan, perawatan kuku tangan dan kaki juga perlu diperhatikan sebelum menikah. Anda bisa melakukan perawatan manicure dan pedicure di salon, yang akan membuat kuku Anda terlihat cantik di hari bahagia.

6. Perawatan untuk area intim

Jangan salah, perawatan untuk area intim juga sama pentingnya menjelang hari pernikahan. Anda bisa melakukan perawatan ratus yang biasanya tersedia di salon dan spa.

Perawatan ratus adalah jenis perawatan tradisional dengan melakukan penguapan dengan bermacam bahan herbal yang dipercaya dapat mengurangi berbagai masalah pada organ intim, seperti keputihan, aroma tidak sedap, dan menyeimbangkan kelembapan organ intim.

Selain itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi, cukup minum air putih, aktif berolahraga, dan lakukan senam Kegel, yang dapat membantu merawat vagina.

7. Perawatan gigi

Gigi yang lebih putih, bersih, dan terawat tentu akan menunjang penampilan di hari pernikahan. Anda bisa melakukan pembersihan karang gigi sekaligus melakukan pemeriksaan gigi rutin. Dan bila diperlukan, Anda bisa melakukan pemutihan gigi atau veneer gigi.

Tak hanya menunjang penampilan, melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi rutin menjelang pernikahan bisa membuat napas lebih segar dan harum, terutama saat hari pernikahan.

Perawatan gigi menjelang pernikahan juga bisa berguna untuk kehidupan pernikahan Anda. Faktanya, kesehatan gigi yang kurang baik dapat mengganggu masa kehamilan Anda. Memeriksa kesehatan gigi sejak dini bisa menghindari masalah kehamilan yang mungkin muncul di kemudian hari.

8. Perawatan payudara

Agar tampilan payudara tetap kencang, sehat, dan lembap, cobalah melakukan pijat payudara untuk perawatan payudara Anda. Gunakan minyak zaitun buat memudahkan saat pemijatan. Mulailah memijat secara lembut dengan gerakan melingkar, baik searah jarum jam maupun sebaliknya.

Hindari memijat payudara terlalu keras, karena jaringan payudara sangat sensitif dan bisa menyebabkan sakit. Anda juga bisa menggunakan masker payudara yang membantu membuat payudara lebih lembap dan lebih kencang.

Meskipun disibukkan dengan persiapan pesta pernikahan, tetap luangkan waktu untuk melakukan 8 perawatan sebelum menikah ini, ya! (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Gustavo Fring/Pexels)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle