Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara Merawat Payudara yang Baik agar Tetap Sehat dan Kencang

7 Cara Merawat Payudara yang Baik agar Tetap Sehat dan Kencang

Merawat payudara tidak hanya bertujuan untuk menjaganya tetap sehat, tetapi juga membuatnya tetap kencang dan tidak kendur. Acuh dalam merawat payudara dapat menyebabkan perubahan pada bentuk payudara Anda dan meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti kanker payudara. Berikut ini 7 cara merawat payudara yang baik, Moms.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 8 Jenis Bentuk Payudara Wanita

1. Mengenakan bra yang tepat

Mengenakan bra yang tepat dapat memberikan dukungan yang sempurna untuk payudara Anda. Ini membuat jaringan payudara tidak cepat meregang dan kendur. Mengenakan bra yang tepat juga sangat penting untuk kenyamanan Anda sendiri, karena tidak membuat tubuh bagian atas terasa sakit, tidak nyaman dan sesak, atau nyeri pada punggung.

Pilih dan kenakan bra yang tepat sesuai dengan ukuran dan bentuk payudara Anda serta kegunaannya. Misalnya, gunakan maternity bra yang memang dikhususkan untuk ibu menyusui sehingga dapat melindungi dan menopang payudara yang membesar selama masa kehamilan dan menyusui serta terasa nyaman dan tidak sesak saat digunakan.

2. Menjaga berat badan tetap ideal

Angka pada timbangan yang naik sama dengan peningkatan produksi estrogen yang bisa menjadi pemicu kanker payudara. Bahkan, ini juga bisa menurunkan gairah seksual dan memengaruhi suasana hati. Penambahan berat badan atau penurunan berat yang terlalu cepat juga dapat memengaruhi elastisitas kulit di sekitar payudara yang membuatnya terlihat kendur.

3. Konsumsi makanan yang bergizi dan hindari alkohol

Makan makanan yang bergizi adalah satu cara pasti untuk meningkatkan kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk menjaga payudara tetap sehat dan kencang. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makan makanan tinggi vitamin, omega-3, asam folat, dan antioksidan, dapat menjaga elastisitas kulit payudara dan menurunkan risiko tumor payudara.

Selain itu, hindari minum minuman beralkohol secara berlebihan karena dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit terkait payudara. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum lebih dari 3 gelas alkohol setiap hari meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Studi lainnya yang diterbitkan di jurnal The BMJ menemukan bahwa minum 100 ml soda setiap hari juga dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, termasuk kanker payudara.

4. Berolahraga

Malas berolahraga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan payudara kendur. Sebaliknya, rutin berolahraga dapat mencegahnya dengan cara mengecilkan ukuran sel lemak, sehingga tubuh memompa lebih sedikit hormon estrogen. Kadar hormon estogen yang tinggi dapat memicu jenis kanker tertentu. Olahraga juga ikut berperan untuk mengencangkan otot-otot di sekitar payudara, seperti otot dada, bahu, dan punggung, sehingga membuat tubuh bagian atas menjadi lebih kuat untuk menopang payudara— membuat payudara lebih kencang dan tidak kendur.

The American Cancer Society menganjurkan Anda untuk melakukan setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang per minggu atau 75 menit latihan intensitas berat per minggu.

5. Tidur yang cukup

Ketika begadang, tubuh Anda terkena paparan cahaya lebih besar di malam hari, baik dari lampu kamar ataupun cahaya gadget yang bisa menekan produksi hormon melatonin. Saat produksi hormon ini terganggu, hal tersebut dapat meningkatkan kadar hormon estrogen yang bisa menjadi pemicu jenis kanker tertentu. Untuk mendapatkan payudara yang kencang dan sehat, National Sleep Foundation merekomendasikan Anda untuk tidur selama 7-9 jam setiap malamnya, agar hormon tubuh tetap seimbang.

6. Mengurangi stres

Seperti yang diketahui, stres telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan. Satu studi yang diterbitkan di Journal of Clinical Investigation menemukan bahwa stres kronis dapat meningkatkan hormon adrenalin yang kemudian bisa meningkatkan enzim dehidrogenase yang bisa memicu sel induk kanker payudara. Inilah yang membuat para peneliti percaya bahwa stres kronis dapat menyebabkan kanker payudara.

Selain itu, saat stres Anda cenderung akan melakukan hal-hal yang dinilai tidak sehat bagi tubuh, seperti minum alkohol, begadang, atau makan berlebihan. Itu semua dapat memicu berbagai penyakit kronis dan kanker payudara.

7. Menggunakan tabir surya

Wilayah sekitar dada dan payudara menjadi salah satu area tubuh yang sering kali luput dari perhatian saat mengaplikasikan tabir surya. Dan sebelum Anda sadari, area sekitar dada dan payudara sudah menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti muncul bintik-bintik hitam dan kulit mengendur.

Semakin bertambah usia, kulit Anda semakin rentan di bawah sinar UV, yang artinya itu menempatkan Anda pada risiko kerusakan akibat sinar matahari yang lebih tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, selalu gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan, terlebih saat Anda mengenakan atasan berpotongan rendah. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Dainis Graveris/Unsplash)