Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Wajib Tahu, Ini 8 Jenis Bentuk Payudara Wanita

Wajib Tahu, Ini 8 Jenis Bentuk Payudara Wanita

Dilihat dari segala aspek, setiap orang sangatlah unik dan memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Begitu pun dengan bentuk payudara pada perempuan. Meskipun fungsinya sama, setiap perempuan memiliki bentuk payudara yang tak mungkin sama antara satu orang dan yang lain.

Jadi, jangan bayangkan jika setiap perempuan memiliki ukuran, posisi puting, serta rupa payudara yang sama. Berikut ini adalah 8 jenis bentuk payudara wanita yang paling umum ditemui. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Bentuk-bentuk payudara perempuan

Payudara bisa berukuran besar atau kecil, simetris atau asimetris, serta bisa berbentuk bundar kencang atau kebalikannya. Yang perlu dipahami, semua bentuk payudara dan puting adalah normal. Bahkan sebenarnya kebanyakan perempuan memiliki payudara yang asimetris, menurut Dr. Tiffany Jones, spesialis kesuburan dan obgyn di Conceive Fertility. Berikut ini bentuk-bentuk payudara perempuan.

1. Asimetris

Payudara yang berbentuk asimetris sangatlah lumrah. “Sebenarnya, tak ada orang yang benar-benar memiliki payudara yang simetris,” kata Dr. Cindy Duke, spesialis fertilitas asal Las Vegas. Payudara yang asimetris bisa berarti masing-masing payudara punya ukuran, bentuk, volume, atau posisi yang berbeda.

2. Atletis

Anda tak perlu menjadi atlet untuk memiliki payudara yang berbentuk atletis. “Ini lebih berkaitan dengan ukuran dan bentuk otot dada, yang berada di bawah payudara. Payudara Anda bisa tampak lebih kokoh, bukan karena lebih besar ataupun kencang, tapi karena otot dada,” tutur Dr. Cindy. Payudara jenis ini biasanya lebih lebar, tampak berotot, dan jaringan yang lebih sedikit.

3. East-west

Puting Anda bisa mencuat ke arah yang berbeda. “Sebenarnya termasuk normal jika puting Anda tak menghadap ke depan. Kebanyakan payudara mengarah ke luar,” kata Dr. Cindy.

4. Pendulum

Payudara jenis pendulum biasanya berbentuk santai ke bawah dan memiliki jaringan payudara yang longgar. Genetik dan jumlah lemak pada payudara Anda adalah faktor utama yang membentuk payudara Anda, seperti jenis kulit dan bagaimana jaringan payudara Anda bekerja.

5. Bel

Payudara berbentuk bel biasanya memiliki bagian atas yang tipis dan lebih penuh di bagian bawah, layaknya sebuah bel.

6. Ramping

Memiliki payudara yang ramping tak serta-merta berarti Anda perlu menggunakan bra dengan ukuran cup yang lebih kecil. Ini hanya menandakan bahwa lebar payudara Anda lebih ramping, sehingga tak memenuhi seluruh bagian dada Anda.

7. Bundar

Seperti namanya, payudara yang bundar memiliki bentuk sirkular penuh dengan bagian atas dan bawah payudara yang setara. Meskipun begitu, payudara tipe ini juga sering kali asimetris, tak benar-benar berbentuk setara dengan ukuran yang sama persis satu sama lain.

8. Tetesan air

Sama seperti payudara bundar, payudara yang berbentuk tetesan air juga berbentuk sirkular. Bedanya, payudara tipe ini memiliki bagian atas yang lebih tipis daripada bentuk payudara bundar.

Faktor pembentuk rupa payudara

Menyoal bentuk dan ukuran payudara, tak sedikit orang yang percaya bahwa memijat payudara bisa memengaruhi atau mengubahnya. Padahal, karakter genetik masih dianggap sebagai faktor terbesar yang menentukan bentuk payudara. Pasalnya, gen sangat memengaruhi kepadatan, jaringan, serta ukuran payudara.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga bisa memengaruhi bentuk payudara, yakni:

  • Berat badan: sebagian besar payudara dibentuk oleh lemak. Oleh karena itu, Anda mungkin menyadari perubahan bentuk payudara ketika mengalami kenaikan atau penurunan berat badan.
  • Olahraga: payudara Anda bisa tampak lebih kencang jika Anda berusaha melatih otot dada.
  • Umur: secara alami, payudara Anda akan mengendur seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, payudara Anda bisa membesar dan mengarah ke bawah seiring berjalannya waktu.
  • Kehamilan dan menyusui: hormon selama masa kehamilan dan menyusui bisa menyebabkan payudara membesar serta mengubah distribusi lemak dan jaringan pada payudara.

(M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)