Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Kulit Kusam saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya, Moms!

Kulit Kusam saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya, Moms!

Perubahan pada kulit saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Perubahan kulit pada masing-masing ibu hamil juga bisa berbeda-beda, ada ibu yang dianugerahi kulit yang semakin glowing saat hamil, namun ibu lainnya justru berjerawat, atau mungkin merasa kulitnya terlihat gelap dan kusam. Apakah Anda mengalami hal yang sama, Moms?

Penyebab kulit kusam saat hamil

Bila kulit Anda terlihat gelap dan kusam saat hamil, ini bisa disebabkan karena perubahan hormon yang Moms alami saat mengandung atau akibat sel kulit yang rusak. Selain itu, pola makan yang Anda jalani selama hamil serta cuaca yang panas juga mungkin memengaruhi terjadinya perubahan kulit ini.

Terkait kulit yang menggelap atau kusam, bumil juga bisa mengalami melasma atau biasa disebut topeng kehamilan, di mana ini merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan bercak cokelat pada kulit yang tampak seperti noda dan biasanya muncul di dahi, bibir atas, dan pipi. Melasma ini juga dipicu adanya peningkatan hormon yang terjadi di masa kehamilan serta paparan sinar matahari.

Cara mengatasi kulit kusam saat hamil

Mungkin Moms berpikir bahwa tak ada cara yang bisa dilakukan dengan adanya perubahan kulit saat hamil yang disebabkan hormon kehamilan ini. Namun jangan menyerah dulu, Moms. Ada beberapa hal yang tetap bisa Anda lakukan untuk mengatasi perubahan kulit, khususnya kulit kusam saat Anda hamil, di antaranya:

1. Usahakan kulit terlindungi dari sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa membuat perubahan warna kulit lebih terlihat, bahkan jika Anda telah menggunakan tabir surya. Pastikan Moms mengenakan topi dengan pelindung yang menutupi wajah Anda dan baju berlengan panjang saat sedang berada di luar rumah dan cuaca terlalu panas.

2. Pakai pelembap yang mengandung tabir surya

Dengan menggunakan produk pelembap yang mengandung tabir surya saat hamil, Moms akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu pelembap dan perlindungan dari bahaya sinar UV. Pastinya Anda tahu dong, sinar UV adalah salah satu penyebab utama kulit kusam dan munculnya hiperpigmentasi.

3. Cuci muka secara teratur

Salah satu cara sederhana untuk mencegah kulit kusam dan gelap adalah dengan mencuci muka secara teratur. Dengan mencuci muka, Moms bisa menyingkirkan kotoran yang menumpuk di wajah Anda sehingga tidak menyebabkan terjadinya kerusakan kulit lebih lanjut. Selain itu, membersihkan wajah juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit yang dapat menghambat penyembuhan dan regenerasi kulit.

4. Konsumsi suplemen dan makanan kaya akan vitamin E

Vitamin E tidak hanya bermanfaat untuk regenerasi sel kulit, tapi juga bisa merangsang aliran darah dan meningkatkan produksi kolagen. Vitamin E juga membantu penyembuhan kulit dan regenerasi sel kulit lebih cepat. Moms bisa meminta saran dokter untuk rekomendasi suplemen atau makanan kaya vitamin E buat mengatasi kulit kusam dan gelap yang dialami saat hamil.

Baca juga: Makanan saat Hamil untuk Kulit Bayi Bersih dan Cerah

5. Konsumsi asam folat

Selain vitamin E, pastikan pula Moms mengonsumsi asam folat yang cukup saat hamil. Pasalnya, beberapa ahli percaya bahwa perubahan warna kulit bisa dikaitkan dengan kekurangan asam folat.

Kulit kusam dan perubahan kulit lainnya yang terjadi saat hamil mungkin membuat Anda jengkel. Namun, jangan khawatir Moms, biasanya perubahan kulit ini akan menghilang setelah melahirkan. Namun, jika perubahan kulit ini tak membaik dan menganggu Anda, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Master1305/Freepik)