Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Makanan saat Hamil untuk Kulit Bayi Bersih dan Cerah

Makanan saat Hamil untuk Kulit Bayi Bersih dan Cerah

Salah satu idaman para orang tua di Indonesia adalah punya anak yang memiliki kulit bersih dan cerah. Keinginan yang lumrah, meski menurut pakar kesehatan, kulit bayi akan sangat ditentukan oleh percampuran genetika kedua orang tuanya.

Walaupun begitu, memiliki bayi yang lahir dengan kulit putih dan bersih menjadi idaman setiap orang tua, Anda mungkin juga salah satunya, Moms. Oleh sebab itu, ketika hamil, Moms pasti akan mengonsumsi makanan-makanan yang bermanfaat demi terwujudnya keinginan tersebut.

Memang, asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil berperan penting bagi tumbuh kembang janin, karena nutrisi yang diasup bumil akan diserap juga oleh janin dalam kandungan.

Nah, Jika Moms ingin bayi yang lahir nantinya memiliki kulit bersih dan cerah, berikut ini sejumlah makanan yang dipercaya dapat mempercantik kulit Si Kecil nantinya.

1. Putih telur

Mengonsumsi telur sangat bermanfaat untuk kehamilan Anda karena telur punya kandungan protein tinggi. Protein yang dikandung putih telur lebih banyak dibandingkan kuning telur. Nah, jika Anda rutin mengonsumsi putih telur, selain membantu bayi memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, juga akan membuat kulitnya sehat dan bersih.

Baca juga: Anak Rutin Makan Telur, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

2. Kelapa

Ketika hamil, Moms sebaiknya mengonsumsi air kelapa karena punya segudang manfaat buat Anda maupun janin. Air kelapa mampu mencegah dehidrasi, gangguan pencernaan, hingga infeksi saluran kemih. Selain itu, air kelapa juga dipercaya bisa membantu kulit bayi bersih dan cerah karena punya kandungan antioksidan yang bisa membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh Anda.

Masyarakat India juga punya kepercayaan yang hampir sama dengan di Indonesia. Namun, jika di Indonesia bumil minum air kelapa, di India, bumil memakan buah kelapa. Mereka percaya daging buah kelapa matang yang putih dan tebal bisa membuat bayi mereka lahir nantinya memiliki kulit yang cerah.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janin

3. Kacang hijau

Salah satu makanan yang sering direkomendasikan untuk bumil adalah kacang hijau. Kacang jenis ini memang sangat terkenal di Indonesia karena harganya yang relatif murah, bisa diolah menjadi beraneka makanan lezat, serta kaya nutrisi.

Kandungan kalium dalam kacang hijau akan membantu tubuh Anda untuk mempertahankan produksi sel dan menjaga cairan tubuh. Rajin mengonsumsi bubur kacang hijau atau air rebusannya juga dipercaya bisa menjernihkan air ketuban dan mencerahkan kulit janin.

4. Bengkuang

Bengkuang kaya antioksidan dan mineral yang sangat baik untuk kulit. Dengan mengonsumsi bengkuang, selain kulit Moms akan terlihat lebih bersih dan cerah, juga akan memengaruhi warna kulit janin dalam kandungan.

5. Jeruk

Buah yang kaya vitamin C ini juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan karena kandungan asam folatnya sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan janin, selain membantu warna kulit bayi jadi lebih sehat dan bersih, Moms.

6. Kacang almond

Kacang almond mengandung lemak sehat, vitamin, dan kalori yang dibutuhkan janin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama di kandungan. Selain itu, makan kacang almond atau minum susu almond selama kehamilan juga dipercaya dapat membantu merawat kulit janin selama dalam kandungan.

7. Susu kedelai

Kedelai juga menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang mampu memberikan banyak khasiat untuk bumil karena kandungan protein, lemak nabati, dan asam folat. Tak hanya itu, vitamin E yang terdapat pada susu kedelai merupakan salah satu faktor yang mendukung kulit bayi jadi lebih sehat dan bersih.

8. Air putih

Air putih sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan dan jadi salah satu komponen penting yang dibutuhkan saat Anda tengah hamil. Air putih juga berfungsi dalam proses penjernihan cairan ketuban selama masa kehamilan. Bumil wajib minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk kesehatan dan kebugaran Anda serta membantu bayi punya kulit yang sehat, bersih, dan cerah. (M&B/SW/Foto: Freepik)