Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Anak Rutin Makan Telur, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Anak Rutin Makan Telur, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Telur merupakan salah satu makanan yang jadi favorit dan disukai anak. Rasanya yang gurih serta tekturnya yang lembut jika direbus membuat anak suka makan telur. Belum lagi jika telur diolah menjadi omelet atau disajikan sebagai telur mata sapi, pasti jadi menu favorit untuk Si Kecil saat sarapan atau bahkan makan malam.

Di dalam sebutir telur terkandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, B2, B5, B6, B12, D, E, K, asam folat, kalsium, selenium, fosfor, dan zinc. Selain itu, telur juga dikenal sebagai salah satu sumber protein hewani dan lemak sehat yang rendah kalori. Bahkan, ada jenis telur khusus yang mengandung omega-3 yang mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Di balik kelezatannya dan cara mengolahnya yang mudah, telur punya segudang manfaat yang sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika dikonsumsi secara rutin, telur bisa membantu Si Kecil memiliki tumbuh kembang yang optimal.

Nah, apa saja manfaat dari telur untuk anak Anda? Intip penjelasannya berikut ini, Moms.

Baca juga: Apa Risikonya Jika Anak Makan Telur Setiap Hari?

1. Sumber protein terbaik

Telur menjadi salah satu sumber protein hewani yang dengan jumlah sekitar 6 gram per sajian. Protein sendiri dibutuhkan tubuh untuk meregenerasi sel-sel tubuh menjadi baru, sehingga Si Kecil tidak rentan sakit. Tak hanya membuat anak lebih kuat, telur juga membantu meningkatkan kemampuan Si Kecil untuk fokus dan konsentrasi.

2. Meningkatkan fungsi otak

Telur mengandung omega-3, lemak sehat yang diperlukan untuk perkembangan awal otak dan memori kognitif. Dalam sebutir telur juga terkandung 147 mg kolin yang akan membantu meningkatkan daya ingat Si Kecil. Cocok banget jadi makanan anak cerdas, nih.

3. Menjaga kesehatan jantung

Rutin mengonsumsi telur juga bisa mencegah kondisi arthritis dan penyakit jantung saat anak dewasa nanti. Pasalnya, kandungan omega-3 serta kolesterol baik akan mendukung kesehatan jantung serta pembuluh darah dalam tubuh Si Kecil.

4. Mendukung kesehatan sistem saraf dan otot

Kandungan kalium, vitamin B12, dan asam folat juga penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Pasalnya, vitamin dan mineral ini sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan saraf serta otot anak. Keseimbangan cairan dalam tubuh pun akan terkontrol, sehingga sistem metabolisme Si Kecil akan terjaga dan bekerja dengan baik. Adanya vitamin D pada telur juga mampu menyerap kalsium dalam tubuh sehingga memaksimalkan perkembangan tulang Si Kecil.

5. Membantu pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat

Rambut dan kuku terkadang jadi bagian tubuh yang terabaikan kesehatannya, terutama pada anak-anak. Padahal, rambut dan kuku jadi bagian penting dalam tumbuh kembang anak. Mengonsumsi telur secara rutin bisa membuat kesehatan rambut dan kuku Si Kecil tetap terjaga.

Telur mengandung 9 jenis asam amino, yang membuat pertumbuhan kuku Si Kecil tetap sehat. Rambutnya pun jadi tidak mudah patah dan rusak. Tak hanya itu, kandungan vitamin E pada telur juga mendukung kesehatan kulit anak dan mencegah terjadinya masalah pada kulit Si Kecil.

6. Menjaga kesehatan mata

Telur juga mengandung vitamin A serta mineral lutein dan zeaxanthin. Semua ini berperan untuk mengurangi degenerasi makular sehingga kesehatan retina mata tetap terjaga. Dengan begitu, risiko anak mengalami gangguan penglihatannya juga jadi lebih rendah.

Pastikan Moms sudah memasak telur sampai matang sempurna. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya bakteri salmonella yang bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti diare dan demam pada anak setelah mengonsumsinya. Untuk dapatkan manfaat yang lebih baik, Moms bisa kombinasikan telur yang diolah menjadi beragam varian menu lainnya, seperti capcay atau sup. Tapi, porsinya tetap harus dijaga supaya nutrisi dari telur tetap terjaga dan tidak menimbulkan risiko anak alami obesitas. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)