Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ini Aturan dan Cara Minum Air Putih yang Benar agar Tetap Sehat

Ini Aturan dan Cara Minum Air Putih yang Benar agar Tetap Sehat

Salah satu pola hidup sehat yang penting untuk dijalani adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Anjuran untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari tentunya cukup akrab di telinga Anda ya, Moms. Saran tersebut perlu diikuti agar tubuh kita tidak kekurangan cairan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Meskipun begitu, minum air putih ternyata ada aturan dan caranya yang benar agar kita bisa mendapat kebaikannya dan tubuh tetap sehat, lho. Anda tidak bisa langsung minum banyak air dalam satu waktu untuk memenuhi kebutuhan cairan, karena hal tersebut malah hanya akan berdampak buruk pada kinerja ginjal. Jadi, bagaimana aturan dan cara minum air putih yang benar?

1. Minum air putih setelah bangun tidur

Mengutip Indian Express, Minum air merupakan hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan di pagi hari. Saat bangun tidur, tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Minum air putih setelah bangun tidur bisa membantu mengisi ulang kembali cairan yang hilang selama kita tidur semalaman.

Minum air putih setelah bangun tidur juga bisa membantu metabolisme tubuh sehingga proses membuang racun dari dalam tubuh akan lebih mudah. Selain itu, karena Anda tidak makan dan minum saat tidur semalaman, produksi asam lambung meningkat. Minum air putih di pagi hari akan membantu menurunkan tingkat asam lambung dan perut terasa lebih nyaman saat sarapan.

2. Minum air putih dalam posisi duduk

Dilansir dari Women’s Weekly, Anda sebaiknya dalam posisi duduk saat minum air putih. Minum sambil berdiri bisa membahayakan ginjal karena air akan langsung menuju kandung kemih tanpa disaring. Minum sambil duduk membuat tubuh Anda bisa menyaring nutrisi dengan lebih baik dan mengarahkan air ke area tubuh yang membutuhkan nutrisi.

3. Minumlah seteguk demi seteguk

Meskipun Moms sangat kehausan, Anda sebaiknya tidak langsung menghabiskan segelas air putih dalam sekali minum. Alih-alih langsung menenggaknya sampai gelas kosong, nikmatilah minum air seteguk demi seteguk, telan, kemudian ambil napas, lalu ulangi lagi, hingga gelas kosong.

4. Hindari minum air dingin

Mengutip Women’s Weekly, untuk memperoleh kesehatan yang optimal, biasakan minum air putih bersuhu ruangan, dan lebih baik jika air hangat. Hindari minum air dingin, apalagi air es yang bersuhu 5 derajat Celsius, karena berisiko membuat kontraksi pada pencernaan akibat perbedaan suhu yang tajam.

5. Minum air putih sebelum makan

Anda disarankan untuk minum segelas air putih 30 menit sebelum waktu makan. Aktivitas ini bisa membantu pencernaan bekerja dengan baik. Yang perlu diperhatikan, hindari minum selama atau tepat sebelum makan, karena hal tersebut justru dapat mengganggu proses pelarutan makanan dan membuat kerja pencernaan jadi kurang efektif.

6. Minum air putih saat merasa lelah

Sekitar 60% fungsi tubuh kita bergantung pada asupan air, tak terkecuali otak dan sistem saraf. Ketika Moms kekurangan cairan, Anda mungkin akan merasa lelah, lemas, susah berkonsentrasi, sulit tidur, bahkan mengalami sakit kepala. Karena itu, biasakanlah selalu minum air putih saat Anda merasa lelah.

7. Minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga

Aktivitas olahraga bisa membuat tubuh mengalami kekurangan cairan, karena banyak cairan tubuh yang dikeluarkan melalui keringat saat Anda berolahraga. Karena itu, Anda perlu minum air setelah berolahraga untuk menggantikan cairan yang hilang. Adapun minum air sebelum berolahraga akan membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

8. Minum air putih sebelum tidur

Anda juga disarankan untuk minum air putih sebelum tidur. Langkah simpel ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, jangan minum terlalu banyak ya Moms, karena hal tersebut malah bisa membuat Anda jadi sering terbangun di malam hari untuk ke toilet.

9. Minum banyak air putih ketika sakit

Air putih membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh yang diperlukan saat Anda sakit. Jadi ketika sakit, pastikan Anda minum air putih lebih banyak daripada biasanya agar tubuh tidak dehidrasi, karena dehidrasi bisa memperburuk gejala sakit yang Anda alami.

10. Jangan minum air putih berlebihan

Air putih memang penting, tapi jangan juga meminumnya berlebihan. Kelebihan cairan atau overhidrasi bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Akibat overhidrasi, Anda mungkin akan merasakan gejala, mual, muntah, dan diare karena ginjal menampung begitu banyak air. Minum air putih berlebihan juga bisa membuat konsentrasi garam dalam darah berkurang dan mengakibatkan terjadinya pembengkakan di beberapa bagian tubuh. (M&B/SW/Foto: Freepik)