Type Keyword(s) to Search
BABY

Lebih Aman Mana, Bayi Mandi dengan Air Dingin atau Air Hangat?

Lebih Aman Mana, Bayi Mandi dengan Air Dingin atau Air Hangat?

Waktu mandi bisa menjadi kesempatan istimewa untuk Anda menjalin bonding dengan bayi, Moms. Namun di sisi lain, waktu mandi Si Kecil mungkin saja menjadi momen yang menegangkan bagi orang tua, terutama orang tua baru.

Moms bisa jadi memiliki banyak kekhawatiran, mulai dari teknik memandikan bayi, waktu yang tepat untuk memandikan Si Kecil, penggunaan produk mandi, dan tak terkecuali hal yang paling dasar, mengenai suhu air yang ideal saat Si Kecil mandi.

Beberapa orang tua mungkin memilih untuk memandikan bayi dengan air hangat. Namun tak sedikit juga yang menggunakan air dingin untuk memandikan Si Kecil. Lalu sebenarnya, mana yang lebih aman, memandikan anak dengan air dingin atau air hangat?

Tak harus selalu pakai air hangat, Moms!

Memandikan bayi menggunakan air hangat biasanya bertujuan untuk menghindari Si Kecil dari kemungkinan kedinginan atau mengalami masuk angin dan pilek. Namun, sebenarnya tak ada salahnya bila Anda ingin memandikan Si Kecil dengan air dingin, Moms. Memandikan bayi dengan air dingin tidak serta-merta menjadi penyebab utama anak terkena masuk angin.

Mengutip laman Baby Center, meskipun Anda memandikan bayi dengan air hangat, tetapi membiarkan tubuhnya basah dalam waktu yang cukup lama justru bisa menyebabkan Si Kecil masuk angin. Maka, pastikan untuk selalu menyelimuti Si Kecil dengan handuk dan mengeringkan tubuhnya setelah ia mandi.

Sementara itu, mandi menggunakan air dingin diketahui punya sejumlah manfaat. Melansir laman TheHealthSite.com, mandi air dingin bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan paru-paru, serta membuat tubuh menjadi lebih bugar dan semangat.

Mengetahui adanya manfaat mandi dengan air dingin mungkin membuat Moms juga ingin mencobanya pada Si Kecil. Namun, pastikan Anda melakukannya secara perlahan dan Si Kecil dalam kondisi normal dan sehat.

Melansir laman Own Your Health, Moms bisa memandikan Si Kecil dengan air dingin setelah ia menginjak usia 4 bulan. Di usia ini Si Kecil dianggap sudah mulai bisa beradaptasi dengan kondisi sekitarnya. Menurut Dr. Alexa Fleckenstein, M.D., internis asal Jerman, seperti dikutip dari laman tersebut, mandi dengan air dingin sudah menjadi tradisi pengobatan alami Eropa untuk membesarkan anak yang kuat.

Ini suhu air mandi yang ideal untuk bayi

Terlepas dari pilihan Anda ingin memandikan bayi dengan air hangat atau dingin, yang perlu diperhatikan adalah Moms sebaiknya memandikan Si Kecil menggunakan suhu air yang ideal.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) suhu teraman dan yang disarankan untuk memandikan bayi adalah 37 derajat Celsius. Suhu air mandi tersebut diketahui dapat membantu membuat Si Kecil merasa tenang dan rileks. Diibaratkan rasanya sama seperti saat ia berada di dalam rahim Anda, Moms.

Memandikan bayi dengan air yang terlalu panas tidak disarankan karena kulit bayi masih sangat lembut dan sensitif, sehingga bisa membuat kulitnya jadi kering dan bahkan terbakar jika dimandikan dengan air yang suhunya terlalu tinggi. Sementara jika Si Kecil dimandikan dengan air yang terlalu dingin, tubuhnya belum memiliki cukup kemampuan untuk mengatasi rasa dingin. Hal itu bisa membuatnya akan dengan cepat kehilangan panas tubuhnya.

Pastikan suhu air mandi ideal untuk Si Kecil

Setelah mengetahui berapa suhu ideal air mandi bayi, Moms sebaiknya memastikan Si Kecil mandi dengan suhu ideal dengan memeriksa kondisi air terlebih dahulu. Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan hal berikut:

  • Sebelum memasukkan Si Kecil ke dalam bak mandi, periksa suhu air menggunakan termometer. Jika tidak, Moms bisa celupkan siku Anda ke dalam air untuk mengukur suhunya, apakah terlalu dingin, cukup hangatnya untuk Si Kecil, atau malah masih terlalu panas.
  • Jangan menyalakan keran atau mengalirkan air saat bayi Anda mandi. Semburan air panas yang tiba-tiba keluar dari keran dapat menyebabkan luka bakar.
  • Saat menambahkan air ke dalam bak mandi bayi, isi bak dengan air dingin terlebih dahulu, baru kemudian dengan air panas. Campur air dengan baik untuk menghindari titik panas atau dingin.
  • Terus periksa suhu air secara berkala untuk mengetahui apakah air menjadi terlalu panas atau terlalu dingin buat bayi Anda.

Solusi mandi tetap hangat untuk bayi tanpa worry

Mengatur suhu air yang ideal untuk memandikan bayi sangatlah penting. Namun bila Moms ingin memandikan Si Kecil dengan air dingin tanpa harus merasa khawatir, terutama di cuaca yang sedang panas, Anda bisa menggunakan Probaby Bath Anise Oil.

Probaby Bath Anise Oil adalah sabun yang cocok untuk digunakan anak di atas usia 3 bulan. Sabun ini diperkaya dengan Anise Oil yang berfungsi untuk mencegah kembung dan masuk angin, memberikan rasa hangat pada bayi saat mandi hingga setelah mandi.


Probaby Bath Anise Oil aman untuk Si Kecil karena memiliki formula yang lembut dan telah diformulasikan dengan pH seimbang. Sabun ini mudah dibilas dan tidak licin. Selain itu, aroma minyak telon pada Probaby Bath Anise oil juga bisa memberikan efek menenangkan bagi Si Kecil.

Yang tak kalah penting, Probaby Bath Anise Oil harganya sangat ekonomis lho, Moms! Jadi, jika #IbuPilihYangPro, pastikan selalu sediakan Probaby Bath Anise Oil yang cocok digunakan saat musim dingin, musim hujan, atau ketika sedang bepergian ke tempat yang dingin, atau bisa menjadikan mandi tetap hangat untuk buah hati yang ingin mandi dengan air dingin, terutama saat cuaca sedang panas, agar sesi #MandiTetapHangat untuk buah hati Anda, Moms!

Untuk membeli produk Probaby Bath Anise Oil, Anda bisa klik di sini ya, Moms. Follow juga Instagram Probaby @probaby.indonesia atau kunjungi website probaby.co.id untuk tahu lebih banyak mengenai produk-produk Probaby. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Joey333/123RF, Probaby)