Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mau Awet Muda? Ini 7 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Wajah Secara Alami

Mau Awet Muda? Ini 7 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Wajah Secara Alami

Wanita mana yang tidak mau punya kulit sehat dan awet muda. Bertambah usia boleh saja, tetapi kecantikan dan kesehatan kulit tetap yang utama ya, Moms. Sayangnya, penuaan kulit seperti munculnya garis halus, bintik, dan kendur menjadi hal yang sulit dihindari. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab penuaan kulit, seperti polusi, paparan sinar UV, kurang tidur, pola makan buruk, hingga stres.

Kalau telanjur sudah terjadi penuaan kulit, haruskah menempuh prosedur medis seperti operasi plastik? Jangan panik berlebih, Moms! Tidak perlu buru-buru operasi hanya untuk mengatasi penuaan dini. Faktanya, ada cara-cara alami yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi atau mengurangi penuaan dini pada kulit wajah. Ketahui caranya berikut ini, yuk!

1. Green tea

Teh hijau atau green tea tak hanya enak dijadikan minuman, tapi juga ampuh mengatasi kerutan lho, Moms. Green tea kaya akan kandungan antioksidan Epigalokatekin Galat (EGCG) yang sangat membantu mengatasi penuaan dini seperti garis halus dan kerutan. Kandungan EGCG pada green tea juga meningkatkan regenerasi sel kulit lho, Moms.

Cara pakai: Rebus green tea di api sedang, tunggu hingga hangat. Kemudian celupkan kain wajah ke air green tea dan kompres ke area mata selama 10 menit. Moms juga bisa mengoleskan air green tea ke seluruh area wajah.

2. Jahe

Sahabat Anda di dapur ini juga bisa membantu mengatasi penuaan dini secara alami, lho. Jahe kaya akan kandungan gingerol, suatu antioksidan yang terbukti ampuh melindungi rusaknya kolagen. Kolagen sendiri adalah jenis protein yang menjaga kulit tetap kenyal, kencang, dan awet muda.

Cara pakai: Moms bisa membuat teh hijau dengan jahe parut dan sedikit madu. Enak dan ampuh mengatasi penuaan dini!

3. Pisang

Buah tropis yang satu ini pastinya mudah didapat dan harganya terjangkau. Selain enak dimakan, pisang juga terkenal ampuh untuk meningkatkan produksi kolagen. Ini tentu penting banget untuk mengatasi penuaan dini pada kulit, karena kolagen diperlukan untuk melawan garis halus dan kulit yang mulai kendur.

Cara pakai: Moms bisa pakai pisang sebagai masker antikerut. Caranya, ambil pisang yang sudah matang, hancurkan, dan campurkan sedikit madu. Kemudian oleskan ke wajah dan biarkan meresap (sekitar 10-15 menit). Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Lakukan ini setiap 1-2 hari, hasilnya sudah bisa terlihat dalam 4 minggu.

4. Olive oil

Sudah bukan rahasia lagi, olive oil atau minyak zaitun ini memang jagonya melembapkan kulit. Minyak ini juga punya kandungan anti-aging alami, seperti polyphenols, oleic acid, vitamin B, dan vitamin D. Semuanya bagus banget untuk mencegah dan bahkan menghilangkan garis halus yang sudah ada.

Cara pakai: Campurkan 1 sendok olive oil dan 1 sendok air lemon, kemudian oleskan merata ke wajah. Setelah didiamkan selama sekitar 10 menit, bilas bersih dengan air suam-suam kuku.

5. Alpukat

Buah ini cocok banget untuk melembapkan kulit yang kering. Kandungan lemak sehat dalam alpukat cukup tinggi, ada juga kandungan vitamin A, D, dan E yang terkenal baik untuk mengatasi penuaan dini pada kulit Anda.

Cara pakai: Untuk mendapatkan manfaat alpukat sangat mudah, Moms cukup mengonsumsinya secara rutin. Anda bisa mengolahnya menjadi avocado toast, guacamole, atau langsung dimakan saja agar lebih praktis.

6. Mentimun

Selain punya kandungan air yang tinggi, mentimun juga kaya nutrisi seperti magnesium, potasium, vitamin A, dan vitamin E. Mentimun sangat baik untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi garis halus di area mata. Mentimun juga ampuh untuk membuat kulit wajah jadi lebih glowing alami lho, Moms.

Cara pakai: Untuk area mata, Moms bisa memotong mentimun dan menempelkannya selama 15-20 menit di area mata. Moms juga bisa membuat jus mentimun dan beberapa tetes madu untuk dijadikan masker wajah. Very soothing and hydrating!

7. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit memang sudah terkenal ya, Moms. Lidah buaya mengandung beta karoten juga vitamin C dan E yang menjaga kulit tetap kenyal dan lembap.

Cara pakai: Moms bisa memotong dan mengupas sedikit lidah buaya, kemudian oleskan ke kulit. Anda juga bisa membuat minuman lidah buaya sekitar 2 kali seminggu. Selamat mencoba, Moms!

Jangan lupa!


American Academy of Dermatology Association (AAD) juga menyarankan ini untuk mencegah dan mengurangi penuaan dini:

  • Pakai sunscreen minimal SPF 30
  • Selalu gunakan pelembap kulit wajah
  • Cuci muka 2 kali sehari
  • Cuci muka dengan lembut
  • Terapkan pola makan sehat seimbang
  • Hindari minuman beralkohol
  • Rutin berolahraga
  • Hindari skin care yang menyiksa kulit
  • Hindari asap rokok.

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Cookie_studio/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle