Type Keyword(s) to Search

7 Khasiat Rutin Mengonsumsi Air Jahe untuk Kesehatan Anda

7 Khasiat Rutin Mengonsumsi Air Jahe untuk Kesehatan Anda

Jahe sudah sejak lama dikenal sebagai rempah yang berkhasiat dan dijadikan sebagai obat tradisional oleh masyarakat kita. Jahe memang memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, zinc, dan folat.

Umumnya, jahe dibuat dalam bentuk minuman dan dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh. Namun, manfaat jahe bukan hanya itu. Ada banyak lagi khasiat minuman jahe untuk kesehatan Anda. Karena itu, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsinya secara rutin. Nah, apa saja manfaat mengonsumsi air jahe? Berikut penjelasan lengkapnya, Moms.

1. Mengurangi risiko kanker

Air jahe diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Artinya, tubuh Anda akan lebih kuat untuk melawan paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker, gejala penuaan, penyakit jantung, hingga penyakit neurodegeneratif (Alzheimer).

2. Meredakan sakit dan nyeri

Rasa nyeri pada otot serta sendi bisa muncul karena adanya perubahan cuaca. Kondisi ini bisa diatasi dengan meminum air jahe, yang dapat meredakan serta mengurangi reaksi alergi akibat peradangan yang Anda alami. Bahkan, studi dari jurnal Cephalalgia menyebutkan bahwa air jahe juga bisa membantu mengurangi rasa sakit lebih efektif dibandingkan obat penghilang rasa sakit lainnya.

3. Mengurangi rasa mual

Bagian perut yang terasa tidak nyaman bisa menimbulkan rasa mual. Kondisi ini pun paling sering dirasakan oleh ibu hamil, di mana morning sickness masih bisa terjadi hingga trimester kedua. Meminum air jahe bisa menjadi solusi, karena sensasi hangat dan aromanya yang menenangkan dapat membantu mengurangi rasa mual.

4. Mengontrol kadar gula darah

Rutin mengonsumsi air jahe juga bisa membantu tubuh mengontrol kadar gula dalam darah. Bahkan, penelitian yang tercantum dalam Iranian Journal of Pharmaceutical Research menyebutkan bahwa penderita diabetes tipe-2 yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan gula darah saat puasa yang signifikan. Selain itu, sifat antiradang pada jahe juga mencegah terjadinya komplikasi, seperti retinopati diabetik dan stroke.

5. Menurunkan berat badan

Ternyata rutin meminum air jahe juga bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mengonsumsi air jahe panas setiap pagi dan efeknya akan membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk membatasi porsi makan dengan energi tubuh yang tetap terjaga.

6. Mengatasi masalah sistem pencernaan

Masalah pada sistem pencernaan bisa diatasi dengan meminum air jahe, terutama jahe merah. Sensasi hangat dari jahe akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih rileks dan membantu menetralisir bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan, seperti konstipasi atau diare.

7. Menurunkan kolesterol

Air rebusan jahe juga nyatanya mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Hal ini tentu mengurangi risiko Anda mengalami penyakit kolesterol tinggi hingga penyakit jantung. Di samping itu, air jahe juga akan meningkatkan kadar HDL atau kadar lemak baik dalam tubuh.

Untuk membuat air jahe, Anda cukup memarut 2 sendok teh jahe segar yang sudah dicuci. Lalu masukkan ke dalam rebusan 4 gelas air dan masak selama 5-10 menit. Setelah matang, Moms bisa memberikan irisan lemon untuk menambah kesegaran air jahe tersebut.

Mengonsumsi minuman jahe memang dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Namun, konsumsilah dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan ya, Moms. Karena jika terlalu banyak dikonsumsi, air jahe justru bisa berisiko menyebabkan kembung dan nyeri ulu hati. Untuk memastikan konsumsinya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Jcomp/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle