Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Jamur di Baju

4 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Jamur di Baju

Moms, pernah enggak Anda menemukan ada noda jamur pada pakaian yang sudah lama disimpan? Jamur yang menempel di baju biasanya berwarna putih, kekuningan, hingga hitam. Sebal ya, kalau hal ini terjadi pada pakaian kita.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pakaian berjamur, termasuk kondisi lemari yang lembap, pakaian terlalu lama disimpan dengan cara yang tidak benar, pakaian belum sepenuhnya kering, hingga pakaian kotor yang tidak segera dicuci.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jamur di baju? Enggak sulit kok, Moms. Anda bisa lakukan cara-cara berikut ini.

1. Gunakan pemutih

Biasanya, pemutih mengandung bahan kimia yang sangat kuat, sehingga sangat efektif untuk menghilangkan jamur di baju. Akan tetapi, pemutih bisa memudarkan warna pada pakaian, jadi gunakan pemutih pada pakaian putih saja, ya.

Caranya, rendam pakaian berjamur dengan larutan pemutih, tetapi jangan terlalu lama. Gosok noda jamur dengan sikat gigi bersih secara lembut, lalu cuci seperti biasa dan keringkan. Atau cara lainnya, Anda bisa menambahkan cairan pemutih ke dalam mesin cuci, lalu cuci seperti biasa, dan keringkan.

Perlu diperhatikan, saat menggunakan pemutih, pastikan Anda memakai sarung tangan karet dan lakukan di tempat yang berventilasi baik, jauh dari jangkauan anak-anak, karena aroma pemutih cukup kuat.

2. Gunakan cuka putih suling

Cuka putih suling merupakan cairan penghilang jamur ringan pada pakaian yang sangat baik, sekaligus juga ampuh dalam menghilangkan bau jamurnya. Campurkan 240 ml cuka putih suling ke dalam seember air, dan rendam pakaian berjamur Anda setidaknya selama 1 jam. Kemudian cuci pakaian di mesin cuci dengan detergen biasa, bila perlu gunakan air panas untuk mencucinya.

Faktanya, dikutip dari laman Cleanipedia UK, air panas sangat baik untuk membunuh spora jamur secara menyeluruh. Namun, sebelum menggunakan air panas untuk menghilangkan jamur di baju, periksa label perawatan pada pakaian Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apakah pencucian panas cocok atau tidak.

Alternatifnya, Anda bisa langsung mengoleskan cuka ke noda jamur, gosok lembut dengan sikat gigi bersih agar tidak merusak serat kain, lalu cuci pakaian seperti biasa, dan keringkan.

Tapi ingat, Moms. Jangan mencampur cuka dengan produk apa pun yang mengandung pemutih, karena bisa menghasilkan gas beracun.

3. Gunakan baking soda

Cara lain untuk menghilangkan jamur di baju adalah dengan menggunakan campuran baking soda dan air. Baking soda diketahui cukup efektif membunuh jamur secara menyeluruh.

Caranya pun cukup mudah, campurkan 4 sendok makan baking soda dengan air secukupnya. Kocok campuran ini hingga baking soda benar-benar larut dalam air. Setelah itu, semprotkan cairan ini di area baju yang terkena jamur dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian cuci seperti biasa dan keringkan hingga benar-benar kering.

Sebaiknya lakukan uji terpisah di bagian pakaian yang tidak terlihat sebagai pencegahan apakah cairan tersebut bisa menyebabkan perubahan warna pakaian.

4. Gunakan campuran air lemon dan garam

Campuran air lemon dan garam juga bisa Moms gunakan untuk menghilangkan jamur di baju. Caranya, campurkan 60 ml air dengan 4 sendok makan lemon untuk membuat pasta.

Oleskan pasta lemon dan garam ke pakaian yang terkena jamur menggunakan kuas bersih yang tidak terpakai. Tunggu beberapa saat, siram dengan air panas. Lalu cuci pakaian seperti biasa dan keringkan menggunakan panas matahari. Matahari juga memiliki efek penghilang jamur alami.

Cara mencegah pakaian berjamur

Menurut Alice Payne, profesor fashion di Queensland University of Technology, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pakaian berjamur, yakni:

1. Jangan menyimpan pakaian dalam keadaan lembap, basah, atau kotor, karena jamur bisa tumbuh dengan baik di lingkungan seperti itu.

2. Pastikan pakaian Anda benar-benar kering sebelum disimpan di dalam lemari. Anda dianjurkan menggunakan panas matahari untuk mengeringkan pakaian. Akan tetapi, ketika musim hujan, Anda juga bisa mengeringkan pakaian dengan menggantungnya di rak dalam ruangan. Berikan jarak di antara setiap pakaian. Gunakan kipas angin untuk membantu sirkulasi udara atau dehumidifier untuk menghilangkan kelembapan berlebih.

3. Bersihkan lemari secara rutin. Salah satu faktor yang membuat pakaian berjamur adalah tempat penyimpanan yang tidak bersih. Untuk itu, Anda bisa menyeka setiap ruang di lemari setidaknya sebulan sekali. Setelah itu, sisipkan beberapa silica packs untuk menyerap kelembapan di area sekitarnya.

4. Jangan simpan pakaian di dalam kantong plastik, termasuk kantong pembersih kering. Untuk pakaian yang membutuhkan tas garmen, selalu pilih yang berbahan kain dan selipkan kertas tisu bebas asam di saku.

5. Pakaian kotor yang berkeringat dan basah juga tidak boleh dibiarkan begitu saja, terlebih dalam waktu lama. Gantung baju yang basah hingga kering sebelum dimasukkan ke dalam keranjang cucian.

6. Selalu keluarkan pakaian dari dalam plastik laundry atau dry cleaning agar tidak mendorong pertumbuhan jamur.

Itulah cara yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan jamur di baju beserta cara mencegah pakaian berjamur. Namun, jika jamur di pakaian sulit dihilangkan dengan cara-cara di atas, tidak ada cara lain selain membuangnya, Moms. Pasalnya, mengenakan pakaian berjamur bisa menimbulkan respons iritasi dan peradangan kulit. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Katemangostar/Freepik)