Type Keyword(s) to Search
BABY

Pentingnya Membangun Momen Bonding Bermakna dengan Skin to Skin Contact

Pentingnya Membangun Momen Bonding Bermakna dengan Skin to Skin Contact

Moms, tahu enggak, sih? Bonding itu tak sekadar mendekatkan Anda dengan Si Kecil, lho. Masih banyak manfaat yang bisa didapat dari #momenbondingbermakna antara Moms dan Dads bersama buah hati, terutama melalui skin to skin contact.

Menurut dokter spesialis anak, dr. S. Tumpal Andreas M. Ked (Ped), secara medis ada sejumlah manfaat bonding melalui skin to skin contact bagi tumbuh kembang Si Kecil. “Pertama, tentunya adalah kita bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak dengan harapan bisa membantu kecerdasan emosional menjadi lebih baik. Kedua, secara penelitian sudah terbukti bahwa skin to skin contact bisa meningkatkan berat badan anak, terutama pada bayi prematur,” jelas dr. Andreas.

“Ketiga, yang tak kalah penting adalah ketika skin to skin contact tersebut membuat anak nyaman, maka ia bisa beristirahat dengan tenang sehingga hormon pertumbuhan bisa lebih banyak dihasilkan. Terakhir, selain nyaman secara emosional, skin to skin contact juga bisa membantu kecerdasan secara emosional, motorik, atau secara stimulasi juga terbantu dengan bonding skin to skin,” lanjutnya.

Selain itu, bonding skin to skin contact juga akan berpengaruh terhadap emosional anak. “Ada begitu banyak manfaat dari momen bonding bagi pertumbuhan emosional Si Kecil, seperti membuat anak selalu merasa aman dan tenang, lebih percaya diri mengeksplorasi berbagai hal baru, membentuk rasa percaya pada orang lain, memiliki self-awareness yang baik, merasa dirinya berharga, hingga mampu berempati pada orang lain,” ungkap psikolog anak, Samanta Elsener, M.Psi., Psikolog.

Festival momen bonding bermakna

Memahami bahwa salah satu bentuk momen bonding paling efektif adalah melalui skin to skin contact, Zwitsal menggelar Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna di FX Sudirman Lantai 3 pada 22 Desember 2022 yang bertepatan dengan perayaan Hari Ibu.

Moms yang hadir terlihat begitu antusias mengikuti rangkaian acara seru dari pagi hingga sore. Selain untuk memperingati Hari Ibu, Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna juga merupakan bagian dari perayaan 50 tahun kehadiran Zwitsal di Indonesia.

Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna dibuka dengan talkshow bersama Samanta Elsener, M.Psi., Psikolog dan Nikita Willy sebagai brand ambassador Zwitsal. Samanta menjelaskan begitu banyak ibu yang merasa insecure sebagai efek imej ibu sempurna di media sosial. Ia mengingatkan agar Moms tidak terlalu memikirkan tekanan untuk menjadi ibu sempurna, tapi lebih baik untuk fokus membangun ikatan kuat dengan anak.

Sementara itu, Nikita dan suami, Indra Priawan, berbagi cerita bagaimana mereka selalu berusaha membangun bonding yang kuat dengan baby Izz di tengah kesibukan dan tekanan sebagai orang tua baru. "Aku sangat mengerti tekanan yang sering ditemui oleh new parents sepertiku dan suami. Di saat kita sendiri masih banyak belajar menjadi orang tua, terkadang komentar dari lingkungan sekitar ataupun media sosial membuat kita merasa cemas sampai gemas sendiri, ya,” ungkap Nikita.

“Tapi aku selalu percaya bahwa aku dan suamilah yang paling tau apa yang terbaik untuk Issa. Dan yang paling penting adalah bagaimana kami bertiga selalu punya waktu untuk membangun attachment secara fisik ataupun emosional,” lanjut aktris berusia 28 tahun tersebut.

Menurut Nikita, melakukan bonding melalui sentuhan skin to skin tidak sulit, lho. Celebriti mom yang satu ini biasanya memanfaatkan momen memandikan Issa untuk menyentuh sekaligus berkomunikasi dan bercanda. "Melalui momen-momen seperti ini, aku harap Issa percaya bahwa aku dan suami selalu bisa jadi orang-orang pertama yang dapat ia andalkan hingga nanti," tutur Nikita.

Nah, Moms tentunya juga bisa mempraktikkan kebiasaan ini di rumah menggunakan Zwitsal Baby Bath Natural Hair & Body yang mengandung 4x prebiotic moisturizer yang mampu melembapkan kulit Si Kecil. Produk ini juga terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak membuat mata bayi perih.

Zwitsal Baby Bath Natural Hair & Body pun sudah teruji hypo-allergenic sehingga aman untuk kulit sensitif bayi. Dan dengan wanginya yang khas, Zwitsal Baby Bath Natural Hair & Body tentunya membuat Si Kecil merasa lebih nyaman.

Talkshow selanjutnya diisi oleh Marcelina Melisa M.Psi., Psikolog dan dr. S. Tumpal Andreas M.Ked (Ped), Sp.A. Talkshow persembahan Obrolan Parenting ini membahas soal “Membangun Momen Bonding Bermakna dengan Skin to Skin Contact. Penjelasan dari dr. Andreas maupun Marcelina sungguh membuat Moms memahami betapa pentingnya bonding melalui sentuhan.

Sharing dari Dads

Dan pastinya yang tidak kalah seru adalah sesi sharing “Tips Bonding dengan Anak ala Trio MLM” bersama dr. Miza Afrizal, Sp. A, dr. Lucky Yogasatria, Sp.A, dan Mimin Kece Klinik Kecil. Moms yang hadir tidak hanya terhibur dengan guyonan ala "bapack-bapack", tapi juga mendapatkan ilmu dari dr. Miza dan dr. Lucky yang notabene berstatus sebagai dokter spesialis anak.

Di tengah kesibukannya sebagai dokter, Dad Miza dan Dad Lucky ternyata selalu menyempatkan waktu untuk menjalin kedekatan dengan buah hati mereka. Tidak selalu melalui kegiatan seperti piknik atau bepergian ke mal, keduanya mengaku berusaha menjalin bonding melalui hal-hal sederhana seperti memandikan Si Kecil, mengantarkan ke sekolah, atau sekadar makan bersama di rumah.

Selain talkshow, Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna juga punya kegiatan seru kelas baby spa bersama Mom n Jo yang melibatkan 1.000 ibu bersama Si Kecil secara offline maupun online. Nikita dan baby Izz juga ikut serta lho, di kelas baby spa ini. Moms yang ikut serta juga mendapat pelatihan cara memijat bayi dari terapis bersertifikat internasional Mom n Jo, tentunya menggunakan Zwitsal Telon Oil.

Dengan keharuman khas Zwitsal, minyak telon ini membantu memberikan kehangatan pada Si Kecil. Moms juga bisa pilih antara dua varian, yaitu Minyak Telon Cajuput & Coconut Oil yang mampu meredakan perut kembung dan kolik dan Minyak Telon Plus 3 in 1 dengan aromaterapi, anti nyamuk, membantu meredakan hidung tersumbat, serta membantu tidur lebih nyenyak. Moms juga bisa membawanya bepergian tanpa harus khawatir bakal tumpah karena Zwitsal Telon Oil memiliki kemasan antitumpah dengan tutup flip yang praktis.

Bukan hanya cara memijat bayi, terapis juga menjelaskan apa saja dos and don'ts saat memijat Si Kecil, antara lain jangan memijat anak ketika ia sedang mengantuk atau sedang lapar. Selain itu, memijat anak ketika sedang sakit juga sebaiknya dihindari ya, Moms. Jangan lupa untuk meminta izin saat akan memijat dan berterima kasih kepada Si Kecil setelah Anda selesai memijatnya.

Duh, pokoknya seru banget rangkaian kegiatan Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna ini. Nantikan acara seru selanjutnya dan selamat mengoptimalkan bonding moment dengan Si Kecil ya, Moms! (M&B/Wieta Rachmatia/ND/Foto: Jose, Zwitsal)