Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Fakta Unik Tersembunyi dari Titanic, Film Ikonik Penuh Tragedi

Fakta Unik Tersembunyi dari Titanic, Film Ikonik Penuh Tragedi

Dirilis pada 1997 silam, film Titanic kembali ditayangkan di bioskop dalam versi remastered sejak 10 Februari lalu, bertepatan untuk menyambut romantisnya momen valentine dan perayaan hari jadi ke-25 sejak penayangan pertama film tersebut. Apakah Moms salah satu penggemar film Titanic?

Titanic sendiri dibuat berdasarkan peristiwa nyata naasnya kapal pesiar terbesar dan tercanggih di zaman itu, yakni karamnya kapal RMS Titanic pada 15 April 1912. Meski begitu, film besutan James Cameron ini berfokus pada peliknya kisah cinta antara Jack (Leonardo DiCaprio) dan Rose (Kate Winslet) yang berujung tragedi.

Di samping kisah yang kuat dan karakter yang ikonik, film ini juga punya banyak fakta menarik, lho. Yuk, simak 5 fakta menarik film Titanic, Moms!

1. Jack bisa selamat, tapi...

Beberapa orang percaya, bahwa Jack sebenarnya bisa selamat dan tak perlu mati sia-sia. Padahal, James Cameron membuat akhir film ini berdasarkan analisis forensik, bahwa hanya ada satu orang yang bisa selamat dalam situasi tersebut.

Namun untuk menjawab perdebatan ini, James Cameron bersama beberapa peneliti baru saja mempelajari berbagai kemungkinan-kemungkinan lain. Hasilnya, Jack bisa tetap hidup jika ia berbagi bongkahan kayu bersama Rose hingga regu penyelamat datang. Hasil studi ini bahkan dimuat dalam film dokumenter In Titanic: 25 Years Later with James Cameron.

2. Karakter nyata yang menginspirasi

Meski hampir seluruh skrip James Cameron adalah fiksi, ternyata beberapa karakter di dalamnya nyata lho, Moms! Ingat dengan pasangan tua yang saling berpelukan di kabin saat Titanic mulai tenggelam, Moms?

Pasangan ini ternyata berdasarkan karakter nyata bernama Ida dan Isidor Straus. Kala itu hanya tersisa satu kursi kosong pada perahu penyelamat dan Ida memberikannya kepada pembantunya untuk menemani sang suami tenggelam. “Kami telah bersama selama 40 tahun dan jika kamu tidak mau naik perahu itu, aku juga tidak mau,” tutur Ida berdasarkan testimoni sang pembantu.

3. Karakter Jack sempat mau diberikan ke orang lain

Meski kini Titanic menjadi film klasik Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet, sebelumnya karakter Jack hampir akan diperankan oleh aktor lain, lho. Nama aktor besar seperti Tom Cruise, Brad Pitt, Matthew McConaughey, dan Jeremy Sisto sempat menjadi pertimbangan. Bahkan, Jeremy telah melakukan screen test bareng Kate Winslet! Sayangnya pasangan ini tak menunjukkan koneksi yang sempurna.

4. Tak hanya Jack, karakter Rose juga punya opsi aktris lain

Bisakah Moms membayangkan jika Rose tak diperankan oleh Kate Winslet? Karena nyatanya ada sederet nama aktris papan atas lain yang sempat dipertimbangkan untuk menerima peran ini. Madonna, Nicole Kidman, Jodie Foster, Cameron Diaz, Sharon Stone, dan Gwyneth Paltrow adalah beberapa di antaranya.

5. Lagu My Heart Will Go On hampir tak keluar

James Cameron awalnya tak ingin ada lagu apa pun yang dibuat untuk film Titanic, dengan tujuan ingin menghindari promosi komersial yang terlalu banyak. Namun James Horner selaku komposer berusaha mengubah pikiran sang sutradara kondang ini dengan menggaet penyanyi Celine Dion.

Sayangnya, Celine sempat tak menyukai lagu berjudul My Heart Will Go On tersebut dan tak mau menyanyikannya. Namun, berkat bujukan sang suami, Celine akhirnya melakukan rekaman lagu tersebut dalam sekali jalan.

Hasil yang mengagumkan kemudian membuat James Cameron menerimanya sebagai soundtrack film Titanic dan lagu ini pun muncul sebagai sebuah kesuksesan besar. Melalui lagu ini, Celine Dion berhasil memenangkan penghargaan Oscar dan Golden Globe untuk soundtrack terbaik. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Netflix)