Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Jangan Anggap Sepele, 7 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Susah Hamil

Jangan Anggap Sepele, 7 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Susah Hamil

Buah hati yang dinanti tak kunjung tiba? Anda dan pasangan mungkin perlu meninjau ulang gaya hidup Anda berdua. Gaya hidup erat kaitannya dengan kebiasaan sehari-hari Anda. Nah, ternyata kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan, khususnya kebiasaan buruk, bisa menyebabkan Anda susah hamil.

Kebiasaan buruk yang dilakukan sebelum berencana hamil bisa berpengaruh pada kesehatan juga kesuburan, yang nantinya berpengaruh pula pada peluang kehamilan. Nah, apa saja sih kebiasaan-kebiasaan yang membuat susah hamil?

1. Stres

Stres merupakan hal yang normal terjadi pada setiap orang. Namun, bila Anda tidak bisa mengelola stres Anda hingga mengalami stres akut, ini justru dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan hingga memengaruhi kesuburan Anda. Bahkan menurut sebuah studi, stres dapat mempersulit Anda untuk bisa hamil.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan tingkat stres yang tinggi dapat berhenti berovulasi, yang berarti mereka tidak bisa hamil. sementara studi lainnya menunjukkan bahwa stres mungkin berkorelasi dengan kelahiran prematur dan keguguran dini.

Untuk mengurangi tingkat stres, Anda bisa mulai lebih rajin berolahraga, berlatih yoga, maupun meditasi. Tak ada salahnya juga berkonsultasi dengan psikolog untuk menangani stres yang Anda alami.

2. Kurang tidur

Tak hanya bermanfaat untuk peremajaan diri, tidur nyenyak di malam hari juga penting agar Anda bisa tetap tenang dan bebas stres. Pola tidur yang tidak menentu juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan hingga menurunkan tingkat kesuburan.

Sulit tidur juga bisa menurunkan jumlah sperma pada pria. Sedangkan bagi wanita, kurang tidur bisa menyebabkan terlambatnya menstruasi. Bukan itu saja, kurang tidur juga bisa menurunkan tingkat kekebalan Anda serta meningkatkan risiko infeksi.

Mulai kini, pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup. Usahakan tidur selama 7-8 jam setiap malamnya. Cobalah untuk konsisten pada jadwal waktu bangun dan tidur Anda.

3. Merokok

Semua orang tahu bahwa bila ingin merencanakan kehamilan, merokok adalah salah satu kebiasaan yang harus dihentikan. Pasalnya, kebiasaan merokok tidak hanya berpengaruh buruk pada kesehatan Anda, tapi juga menjadi salah satu penyebab Anda susah hamil.

Menurut penelitian, wanita perokok lebih cenderung mengalami masalah ovulasi dan kesuburan lainnya. Sementara itu, merokok juga bisa menurunkan jumlah sperma, sehingga membuat kerusakan DNA dan mengurangi motilitas sperma serta kemampuannya membuahi sel telur.

Karena itu, cobalah untuk mengurangi kebiasaan merokok Anda sebelum merencanakan kehamilan. Anda juga bisa meminta saran penyedia layanan kesehatan untuk membantu mengurangi atau bahkan berhenti dari kebiasaan merokok ini.

4. Minum alkohol

Anda dan pasangan suka mengonsumsi alkohol? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini bila Anda berencana memiliki momongan. Pasalnya, penelitian menunjukkan, sering minum minuman beralkohol bisa menurunkan peluang Anda untuk hamil. Bagi pria, kebiasaan minum alkohol juga dapat menurunkan jumlah sperma dan kadar testosteron sehingga berpengaruh pada penurunan gairah seks.

Yuk, hentikan kebiasaan minum alkohol sekarang. Anda dan pasangan mungkin bisa beralih untuk lebih banyak mengonsumsi smoothie atau jus buah, yang nantinya juga membawa manfaat bagi kesehatan Anda.

Baca juga: 6 Kondisi Tubuh yang bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil

5. Konsumsi kafein

Pecinta kopi mungkin akan merasa sulit bila diminta mengurangi kebiasaan mengonsumsi kopi. Namun bila Anda berniat hamil, sebaiknya Anda mulai membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein ini.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi kafein yang berlebihan (lebih dari 2 cangkir kopi per hari) bisa berperan dalam menyebabkan masalah kesuburan serta keguguran.

Bila Anda ingin berhenti mengonsumsi kopi, mungkin Anda bisa memilih konsumsi kopi atau teh tanpa kandungan kafein.

6. Kecanduan makanan siap saji

Siapa yang tak suka dengan junk food atau makanan siap saji? Namun, kebiasaan makan makanan siap saji nyatanya justru berdampak pada peluang Anda untuk bisa hamil. Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard University menunjukkan, makan makanan cepat saji juga bisa menurunkan kesuburan Anda dan pasangan. Pria yang makan satu sampai tiga porsi daging olahan dalam sehari diketahui memiliki kualitas sperma yang lebih rendah.

Untuk menghentikan kecanduan makanan siap saji ini, mulailah untuk lebih banyak mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, atau biji-bijian.

7. Olahraga berlebihan

Terlalu banyak melakukan aktivitas fisik atau olahraga berlebihan justru bisa menghambat ovulasi dan mengurangi produksi hormon progesteron. Ginekolog Dr. Vicki Nisenblat dari Fertility SA mengatakan bahwa wanita yang berolahraga berlebihan atau bekerja sebagai atlet profesional lebih mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur atau kehilangan menstruasi sama sekali. Padahal menstruasi yang teratur adalah tanda ovulasi yang teratur, yang juga menunjukkan pertanda baik bagi seseorang yang ingin hamil.

Bila Anda ingin mendapatkan berat badan yang sehat dan berencana untuk hamil, pertimbangkan untuk membatasi aktivitas fisik yang berat hingga kurang dari 5 jam selama seminggu.

Nah, dengan mulai mengurangi atau menghentikan kebiasaan-kebiasaan di atas, ini bisa membantu Anda memiliki gaya hidup lebih sehat, yang diharapkan bisa membantu meningkatkan kesuburan dan kemungkinan untuk bisa hamil nantinya. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)