Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sering Minum Kopi Hitam Tanpa Gula? Yuk, Ketahui 10 Manfaatnya!

Sering Minum Kopi Hitam Tanpa Gula? Yuk, Ketahui 10 Manfaatnya!

Mengawali rutinitas dengan secangkir kopi? Sepertinya ini dilakukan oleh banyak orang ya, Moms. Minum kopi memang bukan sekadar penyemangat hari, tapi juga sudah terbukti memberikan berbagai manfaat, seperti meningkatkan daya ingat, metabolisme, dan mood.

Untuk mendapatkan semua manfaat itu, tentunya kopi yang diminum harus kopi hitam tanpa gula, bukan es kopi susu gula aren yang sedang ngetren itu ya, Moms. Ada banyak manfaat dari mengonsumsi kopi hitam tanpa gula, lho. Penasaran? Yuk, ketahui 10 manfaatnya berikut ini!

1. Meningkatkan daya ingat

Minum kopi tanpa gula bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat Anda. Kandungan dalam kopi membantu otak untuk tetap aktif, yang tentunya sangat baik untuk membantu memperkuat memori atau kemampuan mengingat. Ini juga membantu saraf-saraf di tubuh tetap aktif, yang ternyata bisa mencegah demensia (penyakit penurunan daya ingat dan cara berpikir).

2. Meningkatkan fungsi kognitif

Siapa bilang kopi hanya bermanfaat sebagai penangkal kantuk? Kandungan kafein dalam kopi hitam tanpa gula merupakan stimulan psikoaktif yang bisa membantu tubuh memperbaiki mood serta meningkatkan energi dan fungsi kognitif.

Apa saja yang terkait dengan fungsi kognitif tubuh? Fungsi kognitif melibatkan memori jangka pendek dan panjang, kemampuan dalam membuat rencana, strategi, perhatian, nalar, hingga penggunaan bahasa dan perbendaharaan kata. Mengutip laman Medium, efek ini bermanfaat untuk membuat Anda menjadi relatif lebih cerdas selama beberapa waktu.

3. Membersihkan kandung kemih

Moms pasti sudah tahu kalau kopi tergolong minuman diuretik yang bisa membuat Anda lebih sering berkemih dibandingkan jika tidak minum kopi. Nah, kalau Anda minum kopi hitam tanpa gula, maka racun dan bakteri yang ada di area kandung kemih dan salurannya bisa ikut keluar dari tubuh.

4. Menyehatkan jantung

Asal tidak diminum berlebihan, minum kopi hitam tanpa gula justru bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung lho, Moms. Ternyata kopi telah terbukti ampuh untuk meredakan kadar inflamasi di tubuh. Inilah yang membuatnya diyakini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung.

5. Meningkatkan antioksidan

Fungsi antioksidan sangat penting bagi tubuh karena dapat mencegah dan memperbaiki sel-sel yang rusak, khususnya yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan bisa Moms temukan dalam berbagai makanan dan minuman, salah satunya dalam kopi hitam tanpa gula.

Selain kaya antioksidan, kopi hitam tanpa gula juga mengandung vitamin B2, B3, mangan, magnesium, dan potasium. Semua ini tentu penting untuk menjaga sel-sel tubuh tetap berfungsi optimal.

6. Mengurangi risiko diabetes

Sekali lagi diingatkan, manfaat ini hanya berlaku jika Anda mengonsumsi kopi hitam tanpa gula ya, Moms. Mengutip Medium, mengonsumsi kopi hitam tanpa gula dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Data Kementerian Kesehatan yang diperoleh dari Sample Registration Survey 2014 menunjukkan diabetes menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia dengan persentase sebesar 6,7% setelah stroke (21,1%) dan penyakit jantung koroner (12,9%). Uniknya, 90% dari total kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2. Jika tidak ditangani dengan baik, World Health Organization bahkan mengestimasi angka kejadian diabetes di Indonesia akan melonjak drastis menjadi 21,3 juta jiwa pada 2030.

Yuk, bersama-sama cegah risiko diabetes, salah satu cara mudahnya adalah dengan mulai mengonsumsi kopi hitam tanpa gula.

7. Bikin bahagia

Wah, mungkin inilah manfaat paling penting dari minum kopi hitam tanpa gula. Minum kopi memang bisa memperbaiki suasana hati atau mood menjadi lebih bahagia. Bahkan kopi juga bisa membantu mencegah dan mengurangi depresi lho, Moms.

8. Mencegah kanker

Kopi mengandung kafein yang bisa membantu mencegah serangan kanker prostat dan kanker kolon pada pria. Sedangkan pada wanita, kandungan kafein dari kopi hitam tanpa gula ini bisa mengurangi risiko kanker hati dan kanker payudara. Ingat, kopinya harus tanpa gula ya, Moms. Konsumsi gula berlebih diketahui justru bisa meningkatkan risiko kanker dan masalah degeneratif lainnya.

9. Mencegah penuaan dini

Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology, mengonsumsi kopi baik untuk menjaga kesehatan saraf motorik dan sensorik. Ini dapat mencegah penuaan dini yang terkait dengan saraf. Penelitian yang dilakukan oleh pakar nutrisi Joan Salge Blake dan timnya ini juga menyebutkan bahwa minum kopi hitam tanpa gula bisa mencegah berbagai penyakit saraf karena penuaan.

10. Membantu diet

Kopi tanpa gula merupakan salah satu minuman yang tergolong rendah kalori, maka ini cocok banget untuk membantu diet. Jangan tambahkan gula, krim, atau susu ke kopi Anda ya, karena akan meningkatkan kadar lemak dan kalorinya. Agar diet sukses dan manfaat lainnya bisa didapat, yuk, biasakan minum kopi hitam tanpa gula. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Stockking/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle